Comscore Tracker

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagi

Untuk kamu yang suka pusing lihat inbox email

Memiliki sebuah email menjadi hal yang sangat penting di zaman sekarang. Mendaftar media sosial, atau mendaftar sesuatu pasti akan memunculkan kolom tertentu untuk kamu mengisi email.

Dengan banyaknya hal yang membutuhkan email kamu, banyak pesan masuk yang terkadang tidak bisa kamu kontrol lagi. Bahkan, ketika kamu membuka email, sudah banyak sekali email yang masuk dan kesulitan mencari email yang sebenarnya penting. Berikut, cara untuk bersihkan inbox email kamu!

1. Menggunakan browser extensions atau aplikasi yang bantu menyeleksi email

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagi9to5google.com

Memasang browser extensions menjadi hal yang membantu bersihkan inbox. Sudah banyak yang ditawarkan. Terutama jika kamu menggunakan web browser Chrome, pasti sudah familier dengan extensions.

Seperti Unroll.me yang bisa membantu kamu untuk unsubscribe dalam email dengan sekalinya. Lalu, Checker Plus dapat membantu kamu untuk menghapus dan merespons email tanpa membuka inbox. Namun, menghadirkan email kamu dengan tipe pop-up.

2. Unsubscribe email

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagilifewire.com

Langkah selanjutnya, kamu bisa memilih untuk unsubscribe terhadap newsletters. Biasanya email yang masuk dalam bentuk newsletters, suka tanpa sadar kita langganan jika masuk ke dalam suatu situs. Pesan yang masuk ke inbox karena berlangganan, juga bisa berasal dari suatu member yang kita terdaftar.

Bila memang kamu berlangganan sesuatu sebelumnya, dan merasa terlalu banyak, lebih baik kamu memilih mana email newsletters yang ingin kamu baca, dan yang sudah tidak. Ketika melakukan unsubscribe pada suatu email, jangan merasa takut akan ketinggalan. Atau kamu bisa kembali menggunakan browser extensions untuk membantu

3. Hapus email dengan melakukan filter di kolom search dengan kata kunci

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagicorporatemaldives.com

Kamu juga bisa melakukan cara ini, karena cukup mudah untuk dipahami. Kamu bisa memasukkan beberapa kata kunci di kolom search pada email kamu. Misalnya, kamu ingin menghapus email masuk yang tidak bisa kamu balas.

Pada kolom search, kamu bisa menuliskan “no-reply”. Dengan itu, akan muncul semua pesan email yang masuk ke inbox yang bersangkutan dengan kata kunci tersebut.

Memang cara ini cukup membutuhkan waktu. Tetapi, jika semua pesan dari kata kunci kamu memang sudah kamu baca atau pesan itu masuk sejak tiga tahun lalu, dengan mudah kamu memilih pilihan untuk hapus semua.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Berhenti Menggunakan Desktop Email Client

4. Hapus atau arsipkan email

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagidocero.com

Cara ini akan bantu kamu untuk inbox email kamu lebih rapi. Untuk melalukan langkah ini, kamu bisa melakukan dari email kamu yang lama atau kembali menuliskan kata kunci di kolom search. Tapi langkah yang lebih baik, kamu memulai dari pesan email yang belum kamu baca.

Kamu harus menyeleksi dari pesan yang belum kamu baca, mana yang penting dan tidak. Jika penting bisa kamu pilih di arsipkan. Kalau tidak, lebih baik kamu hapus. Begitu pula untuk pesan email yang sudah kamu baca. Jika penting arsipkan, kalau tidak sebaliknya. Dengan begitu, ke depannya kamu juga harus membiasakan kegiatan ini.

5. Matikan notifikasi email, tapi cek secara rutin

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagicompetethemes.com

Langkah ini akan membantu kamu untuk tidak terlalu sering cek e-mail. Terutama untuk kamu yang mungkin akan merasa terbebani saat membuka e-mail.

Melansir dari medium.com, siapkan beberapa kali dalam sehari untuk kamu membuka inbox dan membalas email. Lalu, jika kamu biasanya melihat apa yang terjadi di media sosial melalui notifikasi yang melalui email, lebih laik langsung aktif di media sosialnya.

6. Punya niat untuk memiliki inbox yang rapi

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagipngio.com

Cara untuk membersihkan atau membuat inboxmu terlihat rapi, membutuhkan adanya niat dari kamu sendiri. Lebih baik, selama kamu mencoba merapikan inbox email, kamu harus mempunyai gambaran bagaimana pemandangan inbox kamu nantinya.

Lalu, kamu juga harus komitmen dan bisa memutuskan mana email yang lebih baik dibuang dan kalau penting masukkan ke dalam arsip. Setelah semua terlaksana, kamu harus bertahan dengan keputusan untuk menjaga kerapian inbox dengan melakukan cara-cara sebelum ini.

7. Menggunakan filter untuk email yang masuk

7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagicomputerworld.com

Dengan memasang filter, kamu bisa membuat kategori untuk email tertentu. Seperti suatu label. Melansir dari bustle.com, seperti di Gmail, dengan memilih suatu email dan memencet tiga titik, lalu pilih Filter Messages Like These. Dengan melakukan itu kamu bisa membuat label dengan subjek, lampiran, konten dan pengirim.

Itulah tujuh cara yang dapat kamu lakukan jika punya inbox email yang penuh. Coba lakukan saja cara yang menurutmu efektif dan bisa kamu lakukan untuk menjaga kerapian inbox email kamu.

Baca Juga: 7 Penyedia Email Terbaik Selain Gmail, untuk Kamu yang Antimainstream

Topic:

  • Rachel Rinesya
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya