Comscore Tracker

Mau Ganti HP Tahun Ini? Ini 5 Hal yang Wajib Ada di HP Baru Kamu

Yang nomor 3 sih wajib ada!

Jakarta, IDN Times - Punya niatan ganti gadget di awal tahun ini? Sepertinya bisa jadi salah satu ide yang bagus nih! Soalnya IDN Times tahu kok, kebutuhan kamu juga semakin banyak. Mulai dari bekerja, kuliah, sekolah online, cari hiburan, bikin konten, cari berita bahkan hingga cari jodoh, semua butuh smartphone ‘kan?

Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk beli device baru, gak ada salahnya dong intip dulu spesifikasinya. Apalagi di tahun 2021 ini, banyak banget pilihan smartphone yang punya fitur-fitur spesial. Makanya, kamu harus semakin detail juga nih mempertimbangkan lima spesifikasi ini, sebelum beli smartphone. Coba cek dulu, guys!

1. Prosesor & RAM yang mumpuni, sesuaikan dengan kebutuhan ya

Mau Ganti HP Tahun Ini? Ini 5 Hal yang Wajib Ada di HP Baru KamuIDN Times/OPPO Reno5

Kamu punya kebiasaan membuka banyak aplikasi di waktu yang bersamaan? Atau kamu adalah orang yang dituntut untuk melakukan pekerjaan secara cepat dan tepat lewat smartphone? Kalau iya, Prosesor dan RAM jadi salah beberapa hal yang wajib masuk ke bahan pertimbangan kamu sebelum membeli HP nih.

Prosesor atau Central Processing Unit (CPU) ini bisa dibilang otaknya HP kamu. Memilih HP yang dibekali prosesor octa-core bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang sering multitasking karena dengan jumlah core-nya pemakaian baterai HP jadi lebih efisien. Apalagi kalau kamu sudah punya HP yang punya Octa-core CPU sampai 2.4 GHz, pasti anti nge-lag deh. Salah satunya, kamu bisa pilih smartphone dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G yang punya kecepatan di atas rata-rata. Oh iya, karena masalah kecepatan HP gak hanya berasal dari CPU aja, pastikan juga kamu sudah memilih RAM dengan kapasitas yang besar ya!

Baca Juga: 5 Smartphone Gaming 2020, Dilengkapi Chipset Snapdragon 720G 

2. Kapasitas internal storage, tak kalah penting nih!

Mau Ganti HP Tahun Ini? Ini 5 Hal yang Wajib Ada di HP Baru KamuShutterstock/Daniel Jedzura

“Kenapa harus mikirin internal storage, toh bisa simpan di memori eksternal?” Kamu masih berpikir seperti ini? Nah, coba simak dulu deh. Saat ini memang banyak HP yang mengupgrade batas maksimum external memory hingga ratusan giga, tapi kamu harus jeli nih dan tetap pastikan untuk memilih yang internal storage-nya juga besar.

Kapasitas internal storage ini sangat mempengaruhi kecepatan HP kamu lho. Apalagi saat ini banyak aplikasi yang menggunakan memori dalam jumlah yang besar. Kalau HP kamu gak punya kapasitas storage yang cukup, software jadi harus bekerja lebih keras deh. Buat kebutuhan millennials, IDN Times sarankan buat pakai HP dengan internal storage yang kapasitasnya paling gak 128GB ya.

3. Smartphone yang mendukung jaringan 5G

Mau Ganti HP Tahun Ini? Ini 5 Hal yang Wajib Ada di HP Baru KamuIDN Times/OPPO Reno5

HP yang mendukung jaringan 5G memang sedang banyak dibahas nih di berbagai platform. Buat kamu yang belum tahu, kecepatan data jelas lebih tinggi karena gelombangnya bahkan lebih mudah diserap dedaunan dan bangunan. Jaringan ini juga bisa terkoneksi dengan berbagai smart home appliances. Bahkan kecepatannya bisa mencapai 800GB per second!

HP yang sudah mendukung jaringan 5G ini tetap layak untuk kamu masukkan ke daftar pertimbangan fitur gadget yang mau kamu beli. Apalagi pemerintah Indonesia juga sedang mengusahakan jaringan ini agar cepat bisa diakses di Indonesia. Selain itu, kalau kamu memang berniat untuk bepergian ke luar negeri, HP dengan jaringan 5G dan fitur NFC memang cocok untuk kamu miliki. Nah, kami punya rekomendasi yang pas nih buat memenuhi kebutuhan kamu yang satu ini. OPPO baru saja meluncurkan HP terbarunya yaitu OPPO Reno5 5G yang memungkinkan kamu untuk mengakses jaringan internet kecepatan 5G dengan menawarkan latensi rendah untuk memudahkan streaming konten video bahkan dengan resolusi tinggi. Cool!

4. Kamera yang dilengkapi fitur-fitur canggih, juara bikin konten

Mau Ganti HP Tahun Ini? Ini 5 Hal yang Wajib Ada di HP Baru KamuIDN Times/OPPO Reno5

Zaman sekarang sih pasti jarang bahkan hampir gak ada anak muda yang gak “ngonten”. Nah, salah satu modal dasar untuk bikin konten tentu saja kamera. Nah, untungnya sekarang kita gak perlu ribet buat bawa-bawa kamera, karena HP saja sudah punya banyak fiturnya dan tentunya punya spek yang mumpuni.

Masih dari OPPO Reno5 5G, HP yang satu ini memang memuaskan mereka yang punya hobi “ngonten” banget deh. Selain dibekali kamera yang oke, OPPO Reno5 5G juga dilengkapi punya fitur berbasis AI, yaitu AI Highlight Video, merekam video jernih dan jelas di segala pencahayaan, baik saat backlight atau redup cahaya. Dual-view Video, merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan, cocok untuk vlogger. Dan fitur Portrait Beautification Video, tak hanya di foto aja nih, sekarang kamu juga bisa tampil cantik di video. Asli keren abis!

5. Fast charging! Sangat efisien buat kamu si super sibuk

Mau Ganti HP Tahun Ini? Ini 5 Hal yang Wajib Ada di HP Baru KamuIDN Times/OPPO Reno5

Masih ingat gak? Zaman dulu kita harus melakukan charging HP hingga 8 jam sampai penuh. Untung sekarang teknologi sudah canggih ya, gak hanya sekadar cepat tapi bisa juga cepat banget! Fitur ini sekarang dikenal dengan sebutan fast charging nih. 

Gak perlu jauh-jauh, fitur ini sebenarnya sudah ada di OPPO Reno5 5G. HP yang dibekali layar 90Hz AMOLED Screen ini juga punya fitur pengisian daya 65W Super VOOC 2.0, dengan fitur ini pengisian daya hingga 100% dilakukan hanya dengan 35 menit saja. Selain itu, OPPO Reno5 5G juga sudah dibekali baterai berkapasitas besar yaitu 4300 mAh memungkinkan penggunaan perangkat sepanjang hari, bahkan untuk pengguna yang memiliki banyak aktivitas.

Dengan fitur yang sebegini banyaknya, OPPO Reno5 5G dijual dengan harga resmi Rp 6.999.000,- dan tersedia dua pilihan warna yaitu Galactic Silver dan Starry Black. Hayo, mana yang kamu banget? Nah, buat kamu yang mau beli HP terbaru OPPO Reno5 5G ini, kamu bisa dapat tambahan berupa Limited 3-in-1 Giftbox selama persediaan masih ada, gratis ongkos kirim dan bunga 0% setiap pembayaran melalui kartu kredit. Pemesanan juga bisa dilakukan langsung di jaringan OPPO Store dan toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia mulai 25 Januari hingga 4 Februari 2021.

Nah, itu tadi beberapa spek yang wajib masuk bahan pertimbangan kamu yang berniat ganti HP baru di tahun 2021. Sudah gak galau lagi kan? (CSC)

Baca Juga: OPPO Reno5 Resmi Hadir! Pre-Order Sekarang Yuk

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya