Comscore Tracker

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shure

Podcastmu bakal kedengeran kayak siaran radio beneran!

Bagi yang berkecimpung di dunia audio, pasti sudah kenal dengan merek Shure yang memproduksi alat rekam dan headphone berkualitas tinggi untuk keperluan broadcasting. Salah satu mikrofon Shure yang sering dipakai di studio musik, radio dan stasiun TV adalah Shure SM7B. Akan tetapi karena harganya cukup mahal, Shure pun mengembangkan alternatifnya, yaitu MV7. Pihak Shure mengatakan, MV7 ini bukan berarti menggantikan SM7B, tapi mereka bisa jamin kualitasnya cukup memadai untuk nge-podcast dan harganya juga lebih terjangkau. Yuk, kita simak spesifikasinya!

1. Merupakan Gabungan USB dan XLR Dynamic

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shureshure.com

Biasanya mikrofon jenis dynamic hanya punya colokan XLR dan bakal butuh alat lain agar suara tertangkap dengan baik, seperti amplifier dan atau audio interface. Nah, seri MV7 ini punya colokan untuk XLR dan USB, cukup fleksibel untuk dicolok ke banyak alat. Selain itu, dia sudah punya audio interface juga di dalamnya. Jadi kamu tinggal colok saja ke device yang biasa kamu pakai untuk merekam, lalu cus cuap-cuap deh. Dari gambar di atas, mic ini juga ada colokan untuk headphone. 

2. Bentuk lebih kecil dan ringan

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shurepcmag.com

Sekilas bentuk MV7 terlihat hampir sama dengan SM7B, terbuat dari logam dan sudah ada bundled pop filter, tapi dia lebih kecil dan ringan. Cukup praktis kalau mau dibawa ke mana-mana. MV7 juga ada ring logam yang bisa dipasang ke stand mic jenis apa pun.

3. Masih bisa ditambah alat lain

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shureshure.com

Meski memang sudah all in one, kalau kamu merasa kualitas suara M7 ini masih kurang dan mau tambah alat lain seperti audio interface, pop filter atau amplifier juga masih bisa. Tergantung kebutuhan masing-masing.

4. Mode auto-level

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shurefacebook.com/shureinc

Keunggulan MV7 adalah mode auto-level yang otomatis menyeimbangkan volume suara pengguna, jadi tidak ada yang tiba-tiba kecil atau besar meski pembicaranya sering bergerak. Akan tetapi kalau kamu pilih menu manual mix lewat ShurePlus MOTIV App keluaran Shure, kamu bisa mengatur input dan output suara rekamannya sesukamu.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mikrofon Terbaik untuk Smartphone Para Content Creator

5. Dapat dipakai rekaman di lingkungan yang santai

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shureforbes.com

Kamu juga dapat mengatur gaya dan vibe suara dengan preset yang tersedia, seperti dark, natural dan bright. Sebagai gambaran, pihak Shure mengatakan mode dark bakal terdengar seperti narasi stasiun TV Inggris BBC. Sedangkan mode bright lebih dekat dengan narasi stasiun broadcasting NPR.

Di menu pengaturan juga ada pilihan posisi near mic (mikrofon dekat) atau far mic (mikrofon jauh). Kalau posisi mikrofon kamu cukup dekat dengan sumber suara dan cukup stabil, misalnya di meja komputer, baiknya pakai aturan near mic. Aturan far mic bisa kamu pakai kalau posisi suara cukup jauh dan tidak stabil. Misalnya seperti sesi podcast santai yang dilakukan di kafe atau ruangan luas, letak mikrofonnya ada di meja tamu dan narasumber atau pembawa acaranya juga sering bergerak-gerak.

Akan tetapi, ada beberapa ulasan yang mengatakan MV7 cukup susah untuk meredam suara popping ketika penggunanya ngomong kata-kata yang ada huruf 'p', 'd' dan 'b'.

6. Harga cukup bersaing

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shureinstagram.com/shure

Harga Shure SM7B, yang merupakan standar dari studio-studio broadcasting, biasanya berkisar dari 400 dolar AS atau setara dengan Rp5,9 juta. Nah, MV7 ini dipatok sekitar 249 dolar AS atau setara dengan Rp3,68 juta. Lebih murah, tapi kualitas hampir sudah cukup memadai untuk podcast rumahan.

Nah, itu spesifikasi dari mic ramah podcast MV7 keluaran Shure, ada yang tertarik mau buat podcast dengan mic ini?

Baca Juga: Lampaui Prediksi, 7 Mikrofon Milik BTS Terjual Rp1 Miliar

Siti Rahmadini Photo Writer Siti Rahmadini

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya