Comscore Tracker

Masih Ingat? 6 Desain Ponsel Ini Terlupakan di Era Smartphone Sekarang

Zaman dulu, desain ponsel bervariasi...

Bosan gak sih, kita  Sering kali disuguhkan smartphone dengan desain yang monoton? Bisa ditebak, desain batangan dengan layar sentuh yang hampir memenuhi bagian depan. Naasnya, meski berbeda merek, namun mayoritas justru menerapkan desain serupa pada rilisan smartphone mereka.

Jika kita sedikit flashback, kita bakal teringat ponsel jadul dengan berbagai desain khasnya. Ada yang bisa dibuka-tutup, ada yang menyerupai laptop, ada yang bisa diputar, adapula yang bisa digeser (slide).

Lalu apa saja sih desain-desain ponsel tersebut? Yuk simak list di bawah agar tidak lupa!

1. Flip

Masih Ingat? 6 Desain Ponsel Ini Terlupakan di Era Smartphone Sekaranggizmochina.com

Ponsel flip merupakan salah satu desain yang memiliki digemari di masanya. Betapa tidak, mekanisme flip-nya menjadi keunikan tersendiri. Dalam keadaan tertutup, ponsel terlihat mungil.

Namun jika dibuka, ponsel pun memanjang dengan suguhan layar dan keypad numerik. Motorola menjadi brand yang berhasil mempopulerkan ponsel desain flip. Dilansir Telegraph, ponsel flip Motorola RAZR V3 merupakan seri terlaris di masanya.

2. Candybar

Masih Ingat? 6 Desain Ponsel Ini Terlupakan di Era Smartphone Sekarangnairaland.com

Sebelum smartphone berjaya, desain candybar menjadi desain paling umum saat itu. Candybar merupakan desain ponsel batangan, yang dilengkapi oleh layar dan keypad di bagian permukaan.

Desain ini populer karena mudah dipakai, dan tidak neko-neko. Berbagai merek gemar merilis ponsel candybar, mulai dari Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Siemens, dan lainnya. Berbeda dengan smartphone, yang mana tombol fisik justru dihilangkan berkat luasnya layar touchscreen.

3. Slide

Masih Ingat? 6 Desain Ponsel Ini Terlupakan di Era Smartphone Sekarangtechradar.com

Slide merupakan salah satu desain ponsel yang keren di masanya. Dalam keadaan tertutup, ponsel terlihat ringkas. Untuk mengakses keypad numerik, harus menggeser ke bawah dahulu. Desain ini semakin berkembang di akhir era 2000an.

Di mana ponsel slide bisa digeser 2 arah, menggunakan keypad QWERTY, sampai slider berisi konsol game. Beberapa ponsel slide yang terkenal di antaranya Nokia N95, Blackberry Torch, dan Sony Ericsson Xperia Play.

Baca Juga: 8 Games Ikonik di Ponsel Jadul yang Bikin Kangen Main!

4. Keyboard-bar

Masih Ingat? 6 Desain Ponsel Ini Terlupakan di Era Smartphone Sekarangtheverge.com

Keyboard-bar merupakan desain ponsel dengan tombol QWERTY. Ponsel jenis ini menjadi tren di masanya berkat Blackberry. Semenjak itu, berbagai merk handphone mengikuti jejak Blackberry dengan merilis ponsel keyboard-bar.

Seperti Nokia, yang merilis seri E63, E71, dan C3. Bahkan berbagai brand asal Tiongkok, turut mereplika desain tersebut. Tidak lama sejak ponsel touchscreen semakin diminati, desain keyboard-bar pun semakin tertinggal.

5. Swivel

Masih Ingat? 6 Desain Ponsel Ini Terlupakan di Era Smartphone Sekaranggoogearguide.com

Swivel merupakan desain ponsel yang serupa dengan slide, namun menggunakan mekanisme putar. Ketika bagian belakang diputar 180 derajat ke bawah, akan ditemukan keypad untuk mengetik nomor maupun SMS.

Mekanisme putar tersebut menjadi keunikan model swivel. Beberapa ponsel yang menggunakan desain ini di antaranya Sony Ericsson W900i & W550i, Nokia 7370, Motorola V70, dan Samsung Juke.

6. Campuran

Masih Ingat? 6 Desain Ponsel Ini Terlupakan di Era Smartphone Sekarangtechradar.com

Inovasi desain handphone terus dikembangkan saat itu. Salah satunya, dengan mencampurkan (mixing) dua jenis desain. Seperti Nokia yang merilis seri N90 dan N93. Di mana seri tersebut menerapkan 2 jenis desain, yakni flip dan swivel.

Hal ini berkat layar yang mampu diputar hingga 270 derajat, layaknya camcorder. Berkat keunikan desainnya, Nokia mendapat pujian dari kritikus. Sayangnya, Nokia tidak lagi merilis ponsel dengan desain sejenis.

Itulah 6 desain ponsel yang terlupakan di zaman sekarang. Gimana nih, menurut kamu? Lebih keren dibanding smartphone zaman now kan?

Baca Juga: 10 Desain Ponsel Jadul yang Keren & Unik Banget, Smartphone Modern Kalah!

Tahta Rizki Yuandri Photo Writer Tahta Rizki Yuandri

Hanya seorang lelaki yang gemar menulis (ig: @tahtarizky)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya