Comscore Tracker

Ingat Walkthrough? Ini 6 Hal Indah dari Buku Panduan Game Tahun 2000an

Luar biasa kalau kamu masih menyimpannya, salut!

Pembicaraan iseng di kala waktu senggang ternyata berujung kepada pembicaraan sebuah barang di masa lalu. Barang itu bernama game guide. Buku panduan game itu ibarat sebuah kitab suci bagi para gamer, khususnya bagi mereka yang bermain game-game RPG karena banyak rahasia-rahasia yang bisa dilewatkan diungkap di sana. Sangat, sangat teringat adalah adanya panduan resep-resep mengenai masakan Harvest Moon yang sangat banyak jumlahnya dan itu jadi kunci memenangkan festival masak di game tersebut. Hahaha.

Internet maju, buku ditinggalkan, game guide atau walkthrough dilupakan. Sudah tidak ada lagi yang mau menyentuh bahkan membeli buku-buku tersebut selain hanya untuk dikoleksi. Semuanya beralih ke website. Alhasil peredarannya semakin lama semakin berkurang dan sekarang sudah tak diproduksi lagi. Tapi, hey, paling tidak ada beberapa kenangan yang ada di kepala. Ini ada beberapa memori throwback ketika jaman kejayaan buku game guide. Semoga setelah membaca ini, kamu bakalan mencari buku-buku game guide itu di gudang rumahmu.

1. Menabung dulu untuk membeli bukunya

Ingat Walkthrough? Ini 6 Hal Indah dari Buku Panduan Game Tahun 2000anyoutube.com

Apakah kamu tahu kalau dulu buku game guide itu lebih mahal daripada gamenya? CD game Playstation 1 itu harganya cuma Rp5 ribu doang, sedangkan game guide-nya bisa sampai Rp50 ribu. Itu mahal banget, untuk ukuran anak SD–SMP kala itu. Jadi mau gak mau harus nabung dulu. Lebih susah lagi soalnya kalau ada godaan game baru, duit tabungan itu akhirnya kepakai buat beli game. Huft.

2. Tukar menukar buku dengan teman

Ingat Walkthrough? Ini 6 Hal Indah dari Buku Panduan Game Tahun 2000and20crit.com

Tadi sudah disebutinkan kalau harga game guide itu mahal? Nah, demi menghemat dana, game guide yang sudah tidak digunakan itu saling ditukarkan sama game guide yang lain. Semuanya demi game.

Namun ada kalanya teman tidak mau menukar buku. Jadi mau tidak mau harus baca di rumah teman sana. Masih teringat dengan jelas kalau setiap sabtu atau minggu sore itu datang ke rumah teman demi membaca game guide-nya.

3. Menunggu kelanjutan edisinya

Ingat Walkthrough? Ini 6 Hal Indah dari Buku Panduan Game Tahun 2000anmirror.co.uk

Ada kalanya juga game guide itu bukan berupa buku, melainkan majalah dan panduannya tersebut itu tidak sepenuhnya diselesaikan di dalam satu edisi, melainkan dibagi menjadi beberapa. Mau nggak mau harus menunggu dahulu sebelum membacanya.

Yang paling masih teringat adalah game guide tentang Digimon 3, di mana panduan bagian pertama mengenai jalan cerita, sedangkan yang kedua cara evolusinya. Menyebalkan. 

Baca Juga: 5 Game Remake Terbaik yang Layak Dinanti-nantikan

4. Mengatakan rahasia-rahasia yang diungkap di game guide itu kepada teman yang tidak tahu

Ingat Walkthrough? Ini 6 Hal Indah dari Buku Panduan Game Tahun 2000antwitter.com/johntv

Hal paling menyenangkan yang pernah dirasakan anak-anak yang punya buku game guide adalah merasa paling tahu di kalangan anak lain. Ketika jam istirahat dan berkumpul dengan anak-anak gamer lain, kamu akan bercerita tiada henti tentang rahasia-rahasia yang kamu baca. Sebenarnya mendengarkannya pun menyenangkan karena paling tidak bisa tahu seluk beluk game, tapi kalau itu diulang-ulang, nah itulah, duh!

5. Datang ke toko game dan melihat game guide berjajar di etalase

Ingat Walkthrough? Ini 6 Hal Indah dari Buku Panduan Game Tahun 2000anotaku.com

Ibarat seperti shopping, melihat buku-buku game guide itu mengasyikkan. Kovernya yang berbeda membuat penasaran seperti apa dalamnya. Kalau ada game guide yang terbuka, maka sudah pasti menghabiskan waktu di sana untuk membacanya.

6.Bingung sendiri dengan bukunya

Ingat Walkthrough? Ini 6 Hal Indah dari Buku Panduan Game Tahun 2000anyoutube.com

Tidak sedikit kamu membeli buku game guide yang tidak bagus. Penjelasan yang kurang lengkaplah, penyebutan senjata yang berbeda dari gamelah, dan itu sungguh membingungkan. Hasilnya, bikin bete dan pengin membakarnya. Namun di satu sisi, sangat sayang karena harganya mahal. Bayangkan, didalam buku panduan kamu disuruh jalan ke kiri, tetapi tidak ada jalan ke kiri dalam screen itu.

Jadi, kalian sendiri dulu punya game guide apa? Share aja pengalaman kalian dengan buku-buku ini!

Baca Juga: Mojiken Studio: Developer Game Surabaya Tembus Pasar PS4 dan Switch!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya