Comscore Tracker

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!

Bye bye PS2, terima kasih sudah meramaikan masa remaja kami

Setelah hampir 20 tahun, akhirnya Sony Playstation 2 (PS2) benar-benar resmi ditutup. Walaupun game-gamenya sudah tidak pernah rilis lagi semenjak 2014 dengan game terakhirnya yaitu Pro Evolution Soccer 2014 serta konsolnya sendiri sudah tidak diproduksi sejak 2012, Sony masih meladeni para pengguna PS2 dengan menyediakan jasa perbaikan resmi. Hal itu berubah semenjak beberapa hari lalu.

Tepatnya pada 31 Agustus 2018 kemarin, Sony mengumumkan bahwa para pengguna PS2 perlu mengisi online form untuk menginfokan apakah mereka mau memperbaiki konsolnya untuk terakhir kali. Ya, Sony akan menutup jasa perbaikan per September ini. Untuk di prefektur Iwate, Jepang sana, 7 September mereka sudah tidak melayani lagi. Itu berarti PS2 sudah benar-benar tamat karena jika sakit sudah tak bisa disembuhkan lagi, kecuali oleh jasa perbaikan lokal.

Sedih ya, tapi mau gimana lagi. Ada awal, ada akhir. Ketimbang bergundah galau masalah ini, lebih baik sedikit beromansa tentang hal-hal spesial yang sekiranya bakal dirindukan oleh para gamer akan era PS2 sendiri. Berikut beberapa hal yang akan kita semua rindukan!

1. Memasukkan CD berulang-ulang

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!8-bitcentral.com

CD PS2 benar-benar merupakan barang penting. Kamu tidak bisa bermain jika rusak. Padahal setiap kali memainkannya kamu perlu memasukkan CD ke konsolnya dan lama kelamaan itu membuat lecet CD-nya.

Bukan hal yang jarang ketika memainkan game, lalu tetiba saja di tengah-tengah jalan game tersebut freeze, tidak bisa dilanjutkan, atau ada tulisan DISC READ ERROR. Alhasil, harus beli lagi. Tetapi, kalau tidak karena banyaknya CD ini, kita juga gak bakal bisa memainkan Monster Rancher dan mendapatkan monster yang bervariasi pula.

2. Mengubah-ubah posisi konsol

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!kopitiambot.com

Bagi beberapa teman yang mendapatkan konsol PS2 yang rewel, seringkali mereka harus mengubah posisi konsol agar bisa jalan. Yang biasanya horizontal, diubah ke vertikal. Ini menjadi kebiasaan dan mitos sedari PS1 bahwa mengubah posisi akan melancarkan game.

Percaya tidak percaya, terkadang hal itu berhasil, namun semuanya kembali berubah ketika adik atau temanmu menyandungnya. Sejak saat itu PS2 menjadi pemecah hubungan.

3. Pintar-pintar memilih save data

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!youtube.com Game Archive

PS2 masih menggunakan memory card untuk setiap save data dari game yang kamu mainkan. Permasalahannya memory card PS2 masih sangat terbatas. Memory card paling umum hanya mampu menyimpan 16MB dan itu tidak cukup untuk seluruh game yang kita mainkan.

Jadi, terdapat dua pilihan kala itu: menghapus save data game yang sudah tidak dimainkan atau membeli memory card baru jika sayang terhadap save data-nya, dan itu ibaratnya adalah memilih kekasih atau pacar.

Baca Juga: Mengapa Kontroler PlayStation Itu Segitiga, Kotak, Lingkaran dan X?

4. Menunggu was-was pembuka game

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!youtube.com Poli toed

Di PS2, sebelum memasuki game kamu perlu menunggu terlebih dahulu untuk transisi dari konsol ke gamenya. Sama seperti PS1, hal itu sangat krusial mengingat 50 persen ke atas CD-CD lama tidak dapat dimainkan ketika memasuki pembuka itu sehingga terdapat euforia lebih ketika kita berhasil masuk ke game.

Kalaupun perlu, kita akan menunggunya selama berjam-jam dengan meninggalkannya untuk berkegiatan lain. Walaupun tidak seikonik PS1, namun momen-momen pembuka Sony PS2 itu cukup mengenang di hati para gamer.

5. Pergi membeli CD

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!geek.com

Sama seperti PS1, kamu tetap perlu berkeliling untuk mencari CD-CD dari game yang ingin kamu mainkan. Ibarat membuka hadiah ulang tahun, kamu hanya akan tahu apakah CD itu berfungsi atau tidak ketika memainkannya.

Ketika kamu datang ke tokonya pun ada banyak judul game-nya sehingga intuisi game bagusmu akan diuji di sini. Harta karun atau jebakan batman, dua itu yang akan kamu dapatkan.

6. Mengulang game ketika kalah

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!youtube.com Drag3ndz

PS2 masih belum memiliki fitur auto-save sehingga ketika kamu kalah atau mati di game, maka kamu harus mengulang pada save terakhir. Seringkali karena kesombongan diri sendiri, kita tidak mau melakukan saving dan berakhir dengan kematian saat sudah berjalan jauh.

Itu membuat malas untuk main lagi. Namun, seringkali itu juga menjadi tantangan tersendiri untuk melanjutkannya. Oh iya, itu belum termasuk kasus save data yang korup lho ya.

7. Mengecek GameFaqs untuk walkhtrough

PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!stuntconceptacademy.com

Banyak hal di game-game PS2 yang mudah terlewatkan jika kamu tidak membaca walkthrough. Sebagai contoh adalah masalah Al-bhed Dictionary untuk Final Fantasy X. Memangnya siapa yang menyangka jika barang-barang itu tergeletak di tanah sepanjang perjalanan?

Atau dari sekian puluh peti, manakah peti yang harus kamu beli untuk membuka karakter di Mortal Kombat? Hampir setiap waktu kamu pasti akan mengecek GameFaqs dan jika niat, akan mem-print-nya walaupun itu berpuluh-puluh lembar.

Kurang lebih seperti itulah kenangan yang dimiliki si penulis. Kalau kalian ada kenangan apa ketika bermain PS2? Tuliskan saja di kolom komentar biar kita semua juga bisa tahu.

Baca Juga: Nostalgia Game Playstation 2 yang Pernah Menemani Masa Kecilmu

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya