Comscore Tracker

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video Game

Bisa beli rumah?!

Kalau boleh tahu, apa sih tujuanmu bermain video game? Untuk bersenang-senang atau untuk mencari cuan? Eh, jangan salah! Selain untuk bersenang-senang, nyatanya game bisa dijadikan ladang untung, lho.

Tidak percaya? Tanya saja Itthipat Peeradechapan (อิทธิพัทธ์ พีระเดชาพันธ์), pengusaha snack rumput laut Tao Kae Noi. Sebelum jualan snack rumput laut, mental dagangnya sudah terlihat dari main video game, lho!

Kalau dulu dianggap "bermalas-malasan", sekarang e-sports malah sudah bisa menghasilkan duit yang tidak kalah banyak, lho. Antara ikut turnamen hingga menjual item game, semuanya bisa dihasilkan dari grinding yang tekun.

Faktanya, ada beberapa item dari dunia virtual yang kalau dijual, harganya selangit! Penasaran? Inilah 15 item dari video game yang dijual dengan harga selangit.

1. Planet Calypso dari Entropia (US$6 juta)

https://www.youtube.com/embed/5jSHG1h9inA

Entropia Universe adalah video game massively multiplayer online (MMORPG) yang dikembangkan di Swedia oleh MindArk pada 2003. Game ini memang terkenal dengan transaksi ekonomi dunia nyata, di mana mata uang asli dapat ditukarkan dengan item dalam game.

Malah, Entropia menawarkan situs lahan yasan/real estate juga. Kalau dibeli, bisa dijadikan investasi dan lahan tersebut bisa diolah secara virtual. Bisa untung besar, bos! Jadi, jangan aneh kalau daftar ini didominasi oleh Entropia.

Pertama, kita mulai dari Calypso, planet pertama di Entropia. Terdaftar untuk dijual, pada 2010, SEE Virtual Worlds membayar mahar US$6 juta (hampir Rp84,5 miliar)! Parahnya, pada 2011, kerja sama antara SEE dan MindArk berakhir, dan Calypso kembali ke tangan MindArk.

2. Club Neverdie dari Entropia (US$635.000)

https://www.youtube.com/embed/YGjJ4JnVfc0

Salah satu pemain kawakan Entropia, Jon Jacobs, yang akrab disapa sebagai Neverdie, pernah masuk ke dalam buku Guinness World Record pada 2010. Kenapa? Ia adalah pemilik resort Club Neverdie, tempat eksklusif berkumpulnya para pemain Entropia.

Meraup untung US$200.000 (Rp2,8 miliar) per tahun dari Club Neverdie, Jacobs merasa bosan dan ingin mencari peruntungan baru. Jadi, ia menjual Club Neverdie. Harga jual yang ditawarkan? Hingga US$635.000 (Rp8,9 miliar)!

3. Crystal Palace dari Entropia (US$330.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameBukti lelang Crystal Palace. entropiaplanets.com

Dari Entropia, barang virtual paling mehong ke-3 di sejarah video game adalah Crystal Palace. Bukan klub bola Liga Inggris, Crystal Palace di Entropia adalah stasiun luar angkasa virtual dan objek wisata terkenal.

Pada Desember 2009, Crystal Palace dilelang. Harganya mencapai US$300.000 (Rp4,2 miliar)! Itulah harga yang dibayarkan oleh Buzz Erik Lightyear. Hitung-hitung investasi, Lightyear balik modal dengan mematok harga US$1 (Rp14 ribu) atau 10 dolar Entropia bagi player yang ingin mengunjungi Crystal Palace.

4. Bulan dari Entropia (US$150.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GamePembelian Bulan di Entropia. entropiaplanets.com

Ingin jadi pemilik Bulan? Tentu bisa di Entropia! Kalau asteroid sampai planet saja bisa dibeli, apalagi cuma Bulan.

Pada 2013, sebuah kelompok investor yang dipimpin oleh player bernama "Modified Akoz Power", berhasil membeli Bulan setelah menawarkan harga US$150.000 (Rp2,1 miliar). Mereka mengubah nama Bulan tersebut jadi "Monria".

5. Nest Egg dari Entropia (US$70.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameNest Egg milik Atrox Queen. entropiaplanets.com

Memiliki harga tinggi dan asal usulnya yang mewah, Nest Egg adalah embrio virtual yang adalah "bibit" monster Atrox Queen. Telur berwarna hijau ini terjual pada 2013 dengan harga yang tidak main-main, yaitu US$70.000 (sekitar Rp990 juta). Butuh enam tahun sampai Nest Egg akhirnya menetas.

Kabar buruk, yang menetas dari cangkang adalah makhluk berbahaya bernama "Feffox". Tugas Feffox adalah menghancurkan Calypso! Jadi, semua player Entropia berlomba-lomba untuk membunuh Feffox. Sia-sia dong Rp990 juta itu!

6. Skin Dragon Lore dari Counter Strike: Global Offensive (US$61.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameSkin sniper Dragon Lore untuk CS:GO. pinterest.com

Selain Entropiagame first person shooter (FPS) Counter Strike: Global Offensive atau CS:GO juga punya beberapa item yang bikin dompet kering. Salah satunya adalah skin untuk membungkus senjatamu. Salah satunya adalah Dragon Lore, skin untuk senapan sniperSkin ini sebenarnya tidak memberikan efek apa-apa. Kok bisa masuk daftar ini?

Seperti namanya, Dragon Lore memiliki motif naga sedang mengeluarkan api dan hanya diberikan pada player yang beruntung saja. Selain itu, Dragon Lore juga dapat dipasang logo. Tim Cloud 9, G2, dan PGL pun juga menyertakan logo mereka di Dragon Lore. Setelahnya, Dragon Lore pun dilelang. Tawarannya mencapai US$61.000 (hampir Rp850 juta)!

7. Amsterdam dari Second Life (US$50.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameTampilan Amsterdam di Second Life. secondlife.com

Suka dengan Amsterdam? Ibukota Belanda ini memang menyimpan sejuta pesona dari benua Eropa. Di game ini kamu bisa beli, lhoSecond Life adalah game virtual world yang dikembangkan oleh Linden Lab sejak 2003. Di sini, kamu pun bisa membeli Amsterdam (secara maya)!

Player bernama "Stroker Serpentine" melelang Amsterdam di E-Bay. Hasilnya, "Amsterdam" dibanderol seharga US$50 (Rp709 juta), dan kebetulan, dibeli juga oleh pemain dari Belanda! Sang pembeli yang tidak diketahui identitas pastinya ingin menggunakan "Amsterdam" untuk menjadi pusat bagi para player Second Life.

8. Ethereal Flames Pink War Dog dari Dota 2 (US$38.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameEthereal Flames Pink War Dog di Dota 2. eurogamer.net

Salah satu game multiplayer online battle arena (MOBA) paling terkenal di dunia, Dota 2, juga tidak mau kalah. Di gudangnya pun, Dota 2 memiliki item yang tak kalah mahal. Salah satunya adalah Ethereal Flames Pink War Dog, anjing kurir berwarna merah jambu yang membawa barang dari base ke tim dan sebaliknya.

Pada November 2013, seorang pemain menggelontorkan dana hingga US$38.000 (hampir Rp539 juta) untuk "anjing" pembawa item tersebut! Berlebihan? Ya, bagi beberapa orang, Ethereal Flames Pink War Dog sepadan dengan harganya. Toh, hanya ada empat saja yang memiliki tampilan dan warna pink seperti di gambar.

9. Treasure Island dari Entropia (US$26.500)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameTampilan Treasure Island di Entropia. entropiaplanets.com

Lagi-lagi di Entropia. Kalau planet atau asteroid tidak kesampaian, ya... minimal kamu punya pulau sendiri. Nah, di game ini pun, kamu dapat memiliki pulau sendiri, asal berani membayarnya yang selangit! Faktanya, barang virtual pertama yang dijual Entropia memang adalah sebuah pulau harta karun.

Pada 2004, Entropia melelang pulau Treasure Island. Seorang player bernama Zachurm "Deathifier" Emegen berhasil memenangkan pulau tersebut dengan mahar US$26.500 (hampir Rp376 juta)! Memiliki hak untuk Treasure Island, Zachurm berhak menarik biaya pada player lain yang mau berburu harta karun. Tak sampai setahun, Zachurm sudah balik modal.

10. Pedang dari Age of Wushu (US$16.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameSeorang pria memenangkan lelang pedang Age of Wushu seharga 16.500 dolar AS di Tiongkok. dailymail.co.uk

Pedang di dunia nyata memang mahal. Tetapi, bagaimana jika harga tersebut dipasang untuk pedang virtual?! Ya, itulah yang dilakukan seorang pria Tionghoa pada 2011. Pertama, kamu harus tahu kalau game-nya saja, Age of Wushu, baru dirilis oleh Snail pada 2012! Belum keluar kok sudah beli?

Age of Wushu memiliki later di Dinasti Ming. Oleh karena itulah, senjatanya pun sama. Selain pedang tersebut, pelelangan tersebut mencantumkan beberapa item eksklusif demi mendapatkan uang agar Age of Wushu bisa terwujud! Kalau tidak ada yang berminat? Ya, runyam game-nya!

11. Gada Echoing Fury dari Diablo 3 (US$14.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameGada Echoing Fury di Diablo III. reddit.com

Dirilis pada 2012 yang Blizzard EntertainmentDiablo III juga terkenal karena transaksi dan lelangnya yang mahal. Malah, sampai jadi ilegal! Malah, di bulan-bulan pertama rilisnya, sudah ada kasus lelang dengan mahar selangit. Item yang ditawarkan adalah senjata gada Echoing Fury.

Setelah dilelang, harga gada ini mencapai US$14.000 (hampir Rp200 juta)! Dengan harga ini pun, masih ada yang berani membeli. Toh, Echoing Fury menawarkan damage yang sepadan dengan harganya. Sampai sekarang, Echoing Fury adalah item termahal dalam sejarah Diablo III.

12. Zeuzo dari World of Warcraft (US$9.500)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video Gamepcgamesn.com

Kalau kamu bermain Dota 2 atau League of Legends (LoL), pasti pernah mendengar World of Warcraft (WoW). Selain Diablo IIIBlizzard Entertainment pun mendulang keuntungan dari game ini. Sebagai salah satu game MMORPG paling populer, seorang player WoW, Zuezo, memutuskan untuk menjual akunnya.

Harganya? US$9.500 (hampir 135 juta). Sebenarnya, baik pembeli atau oknum di balik Zuezo pun sudah sama-sama untung. Sayangnya, kabar mengenai transaksi terlarang tersebut mencapai telinga Blizzard Entertainment. Alhasil, akun tersebut diblokir. Makan, tuh, Rp135 juta!

13. Kapal Revenant Supercarrier dari Eve Online (US$9.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameRevenant Supercarrier dari Eve Online yang sedang diserang. community.eveonline.com

Dirilis pada 2003 oleh CCP GamesEve Online adalah game MMORPG berbasis petualangan antariksa. Dengan kapal tempur luar angkasa, Eve Online menawarkan pengalaman MMORPG yang lain daripada yang lain. Dan, tentu saja, kapal tempur ini jadi kesempatan berbisnis yang baru.

Pada 2013, seorang player harus rela kehilangan kapalnya, Revenant Supercarrier, dalam sebuah pertempuran. Harusnya menjadi hal biasa, dong? Masalahnya, kapal tempur antariksa tersebut bernilai US$9.000 (Rp127,5 juta). Kamu bisa langsung melihat langsung detik-detik hancurnya Revenant Supercarrier di video berikut (langsung forward ke menit 01:20)!

https://www.youtube.com/embed/6E1mL0h6z2I

14. Topi pesta biru edisi Natal dari Runescape (US$2.500)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameTopi pesta biru dari Runescape. runescape.fandom.com

Percayakah kamu kalau topi pesta di game bisa mahal banget? Harus percaya, karena game Runescape buatan Jagex pada Januari 2001 pun mewujudkannya. Saat meluncurkan item khusus hari raya Natal, Jagex merilis Christmas Cracker. Jika digunakan ke player lain, topi pesta akan keluar.

Sebenarnya, topi pesta ini tidak langka. Namun, dari berbagai varian, hanya yang warna biru yang langsung jadi item mahal. Untuk mendapatkan topi pesta berwarna biru ini, kamu harus mengeluarkan dana sebesar US$2.500 (Rp35,4 juta). Untuk topi?!

15. Crimson Web Karambit dari CS:GO (US$2.000)

Mau Beli? 15 Item Paling Mahal dalam Sejarah Video GameKarambit bercorak Crimson Web di CS:GO. steamcommunity.com

Selain Dragon Lore, CS:GO kembali menawarkan item mahal dalam permainan baku tembak tersebut. Bukan skin lagi, item paling mahal terakhir di daftar ini adalah senjata asli Indonesia, kerambit, dengan motif Crimson Web.

Dengan bilah merah bercorak sarang laba-laba, kerambit ini dijual seharga US$2.000 (Rp28,3 juta)! Memang, kalau dibandingkan dengan Dragon Lore, setidaknya kerambit bisa jadi alternatif pisau CS:GO kalau sedang bosan atau ingin pamer. Jadi... worth it, lah!

Itulah 15 item video game yang dibanderol dengan harga selangit dalam sejarah. Bayangkan saja, sampai bisa beli rumah, guys! Tergantung dari maksudmu, membeli item dalam game bisa jadi investasi atau malah buang-buang duit. Kalau alasanmu gengsi, lebih baik, tahan diri. Bermain dengan bijak ya, dan jangan terlalu hedon!

Baca Juga: 7 Item Termahal yang Dijual di GTA V, Hingga Puluhan Juta USD!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya