Comscore Tracker

8 Video Game Terbaik dengan Latar Perang Dunia II, Berasa Ikut Betulan

Main sambil belajar sejarah...

Kamu bosan dengan pelajaran Sejarah di sekolah? Bagaimana jika kamu mempelajari sejarah lewat video game?

"Hah? Memang bisa?"

Tentu saja. Kalau kamu bisa belajar Bahasa Inggris lewat lagu dan video game, pelajaran Sejarah pun juga pasti bisa diraih lewat video game. Sambil menyelam, minum air.

Pelajaran tentang sejarah Perang Dunia II (PD II) biasanya adalah yang paling seru untuk dipelajari karena baru terjadi kurang dari 100 tahun yang lalu sekaligus menjadi tonggak Kemerdekaan NKRI dari penjajahan asing.

Meskipun keakuratannya dipertanyakan, beberapa kejadian dalam gim yang mengambil latar belakang PD II tidak begitu jauh bedanya dengan yang asli. Dinilai oleh situs The Gamer, inilah 8 video game terbaik yang mengambil latar di masa PD II.

Catatan: Beberapa game dalam daftar ini memiliki adegan kekerasan, darah, dan kata-kata vulgar. Kebijakan pemain diharapkan saat memainkan video game.

1. Call of Duty 2

https://www.youtube.com/embed/Yh9V77xd8o8

Game dengan latar PD II terbaik pertama adalah "Call of Duty 2" (COD 2) besutan Activision.

Mengambil latar pada PD II, tepatnya pada Pertempuran Moskwa (1941 - 1942), Pertempuran El Alamein (1942), Pertempuran Stalingrad (1943) dan Invasi Normandia (1944), kamu akan bermain sebagai tiga jenis tentara: dari Amerika Serikat, dari Uni Soviet, dan Inggris, di skenario yang berbeda.

  • AS: Kamu bermain sebagai Bill Taylor, seorang tentara berpangkat Kopral yang berperang dalam Operasi Neptunus (D-Day) melawan pasukan Nazi Jerman di Normandia, Prancis.
  • Inggris: Dipimpin oleh Kapten Price, kamu bermain sebagai John Davis, seorang tentara berpangkat Sersan yang berperang di Pertempuran Kedua El Alamein di Mesir, Afrika Utara melawan pasukan Nazi Jerman - Afrika. Kemudian, kamu akan berperang di Pertempuran Caen, sebagai bagian dari Invasi Normandia.
  • Uni Soviet: Kamu bermain sebagai Vasili Koslov, seorang tentara berpangkat Tamtama di Pasukan Merah (Red Army) yang berperang dengan tentara Nazi Jerman dalam mempertahankan Moskwa.

Tahukah kamu, Invasi Normandia hingga saat ini adalah invasi laut terbesar sepanjang sejarah? Hampir 3 juta tentara Sekutu menyeberang dari Britania Raya ke Prancis untuk menahan invasi Nazi Jerman.

Sementara, Pertempuran Stalingrad dianggap adalah pertempuran paling "merah darah" dalam sejarah peradaban, sekaligus menjadi salah satu faktor jatuhnya pasukan Nazi Jerman.

Dikembangkan oleh Infinity Ward, game bergenre first person shooter (FPS) ini memperkenalkan mekanisme regenerasi saat tidak dalam baku tembak. Mekanisme tersebut akan terus ada hingga pada COD masa kini.

Dirilis untuk PC (Windows dan MacOS X) dan XBOX 360 pada 2005, COD 2 bisa dibilang adalah game COD terbaik di masanya. Dengan grafis yang mumpuni, soundtrack yang mewah, serta para pengisi suara yang menghayati perannya, pemain dapat merasakan ketegangan atmosfer PD II saat itu.

Terjual 250 ribu keping di minggu pertama, per November 2013, COD 2 terjual sebanyak 5,9 juta keping.

2. Battlefield 1942

https://www.youtube.com/embed/0NhlO5sheYg

Dikenal sebagai saingan berat dari game COD, Battlefield (BF) ternyata sudah ada lebih dulu daripada COD. Pada 2002, EA merilis "Battlefield 1942" sebagai debut game FPS tersebut.

Mengambil latar belakang pada PD II, kamu akan berperang entah sebagai tentara Sekutu (AS, Uni Soviet, dan Inggris) melawan Blok Poros (Jerman, Italia, dan Jepang) dan sebaliknya.

Kamu bisa mengambil salah satu dari lima kelas infanteri yaitu "Insinyur" (Engineer), "Pengintai" (Scout), "Anti-tank", "Penyerangan" (Assault), dan "Tenaga medis" (Medics). Selain bermain secara single player melawan komputer, kamu dapat melawan pemain lain dalam mode multiplayer.

Tergantung dari lokasi yang kamu pilih, itulah angkatan militer yang akan kamu mainkan. Sebagai contoh, kalau kamu pilih lokasi Wake Island (1941), AS melawan Jepang; kalau El Alamein (1942), Inggris melawan Nazi Jerman. BF 1942 juga dipuji karena pemetaan lokasi yang terlihat realistis.

Sebagai salah satu game bergenre FPS mula-mula, BF 1942 karya Digital Illusions CE benar-benar mengandalkan teamwork untuk menyelesaikan misi, terutama untuk mode Conquest di mana pemain harus menduduki titik-titik tertentu agar memenangkan peperangan.

Dirilis untuk PC (Windows dan MacOS X), BF 1942 terjual lebih dari 680.000 keping dan meraup keuntungan hingga 27,1 juta dolar AS.

3. Red Orchestra 2: Heroes Of Stalingrad

https://www.youtube.com/embed/g1jRGXPmEzI

Fast forward ke 9 tahun lalu, salah satu game terbaik yang mengambil latar PD II dirilis pada September 2011, yaitu "Red Orchestra 2: Heroes of Stalingrad", oleh 1C Company, perusahaan game dari Rusia.

Mengambil latar belakang di Pertempuran Stalingrad (1943) dan Perang Pasifik (1937 - 1945), game ini membuatmu berasa "seperti di garda terdepan". Terdapat enam mode permainan yang dapat kamu nikmati di Red Orchestra 2:

  • Multiplayer Campaign,
  • Territory Control,
  • Countdown,
  • Firefight, dan
  • Search-and-Destroy.

Sebelumnya, memang ada mode Single Player Campaign dalam game. Namun, setelah game tersebut diperbarui di Steam dengan berbagai fitur, mode tersebut dihilangkan karena menuai kritik "membosankan".

Game ini begitu realistis. Dikembangkan oleh Tripwire Interactive, beberapa elemen heads up display (HUD) dihilangkan pada Red Orchestra 2 dihilangkan. Salah satunya, tidak memberikan angka peluru pada pemain. Dengan kata lain, pemain harus ingat berapa amunisi yang mereka bawa.

Selain itu, tempat berlindung benar-benar penting, karena tidak semua tempat berlindung menawarkan perlindungan penuh. Peluru masih dapat mengenaimu! Tidak ada sistem regenerasi seperti COD, dan jika luka tidak terlalu parah, masih dapat diperban agar tidak kehilangan banyak darah.

4. IL-2 Sturmovik: Battle of Stalingrad

https://www.youtube.com/embed/e4aGYa7QdAQ

Dua tahun setelah Red Orchestra 2, 1C Company merilis "IL 2 Sturmovik: Battle of Stalingrad" sebagai bagian dari "IL 2 Sturmovik: Great Battles" pada November 2013.

Sesuai judulnya, dengan mengambil latar belakang di Pertempuran Stalingrad, kamu tidak dibawa dalam pertempuran daratnya, melainkan pertempuran udara! Di darat pun, kamu tidak berjalan, melainkan mengendarai tank.

Bisa dikatakan, IL 2 adalah game simulasi jet tempur dengan latar PD II terbaik hingga saat ini. Detail desain hingga pergerakan pesawat dan tank benar-benar diperhatikan.

Mekanisme gamenya pun apik. Sama seperti pilot jet tempur yang dapat mengalami red-out (pandangan yang memerah akibat darah yang terkumpul di kepala saat pesawat menukik) hingga pingsan, mekanisme game pada IL 2 dapat juga memberikan kedua pengalaman tidak mengenakkan tersebut pada perspektif pemain agar semakin imersif.

Game ini dapat kamu mainkan di PC (Windows) lewat Steam.

Baca Juga: 7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennya

5. Medal Of Honor: Airborne

https://www.youtube.com/embed/AVI9TyuFozM

Bukan hanya COD, EA juga terkenal akan salah satu game FPS terbaiknya, Medal of Honor. Rilis pada 2007, "Medal of Honor: Airborne" menjadi salah satu game simulasi PD II terbaik di daftar ini.

Dalam game ini, kamu bermain sebagai seorang tentara penerjun payung(paratrooper) di pasukan lintas udara 82 AS bernama Boyd Travers. Sebelum berperang di darat, kamu akan merasakan tegangnya terjun payung ke medan pertempuran saat PD II.

Dari segi gameplay, game ini membanggakan mode Single Player-nya yang menantang dan non-linear. Dengan kecerdasan buatan baru, "Affordance AI", kamu dapat mengambil tindakan untuk menaklukkan musuh dari observasi lingkungan sekitarmu.

Medal of Honor: Airborne mengambil tiga latar peperangan berbeda di Italia, Prancis, dan Jerman untuk menumbangkan pasukan Nazi dari 1943 hingga akhir PD II pada 1945. Game ini hadir di konsol (PS3 dan XBOX 360), PC (Windows), hingga ponsel.

6. Men Of War: Assault Squad 2

https://www.youtube.com/embed/sqybvSKz550

Selanjutnya, 1C Company kemudian meluncurkan game berlatar PD II berjudul "Men of War: Assault Squad 2". Jika kamu penyuka game berlatar belakang PD II, game satu ini tidak asing bagimu.

Butuh 5 tahun bagi 1C Company untuk mengembangkan sekuel dari "Men of War" pertama tersebut. Sebagai tentara Sekutu (AS, Uni Soviet, dan Inggris) atau Blok Poros (Jepang dan Jerman), kamu dapat memainkan 65 lokasi multiplayer dengan 5 mode.

Bergenre strategi, Assault Squad 2 meningkatkan banyak konten dari Men of War pertama dengan menambahkan hal-hal baru seperti mode pertempuran Single Player yang sudah diperbarui, grafis yang ditingkatkan, 250 unit transportasi yang baru, dan mode multiplayer yang diperluas (1-vs-1 hingga 8-vs-8).

Dikembangkan oleh Digitalmindsoft, Assault Squad 2 juga memungkinkan pemain untuk menggelar pertempuran-pertempuran dari tank besar hingga misi penembak jitu di peta yang didesain dengan begitu imersif. Men of War: Assault Squad 2 dapat kamu mainkan di PC (Windows) Steam.

7. Hearts Of Iron IV

https://www.youtube.com/embed/e9BiUtINy4w

Kamu penyuka game strategi dan penggemar masa PD II? Game "Hearts of Iron IV" yang dirilis pada 2016 oleh Paradox Interactive direkomendasikan untukmu.

Beda dengan game lainnya yang hanya fokus pada Sekutu atau Blok Poros, Hearts of Iron IV mengizinkanmu memainkan negara-negara dunia lainnya dalam kurun waktu dari 1936 hingga 1939. Seperti yang kita tahu, tidak semua negara ikut berperang. Beberapa negara memang pasifis, fasis, komunis, hingga non-blok.

Tergantung ideologi negara yang kamu pilih, ada plus minusnya. Jika kamu memilih negara fasis, kamu bisa mengumandangkan perang dengan mudah, tetapi negara lain tidak ingin berdagang denganmu.

Bukan soal perang saja, di sini, kamu pun bisa memutuskan untuk mempertahankan kondisi kondusif dunia. Oleh karena itu, game simulasi ini dapat menciptakan akhir PD II yang berbeda dari yang asli.

Untuk menciptakan skenario PD II asli, kamu pun harus mengumpulkan hal-hal wajib agar kejadian tersebut bisa terjadi. Contoh, jika kamu memainkan Jerman dan ingin menduduki Austria (Peristiwa Anschluss), maka kamu harus menyelesaikan beberapa misi agar hal tersebut bisa terjadi.

Tergantung dari ketatanegaraanmu dan hubungan diplomatikmu dengan negara lain, jika peperangan terjadi, kamu bisa diuntungkan atau malah dirugikan. Hearts of Iron IV dapat kamu mainkan di PC (Windows, MacOS X, dan Linux).

8. Steel Division: Normandy 44

https://www.youtube.com/embed/Rl83P7aaNMo

Masih soal game strategi berlatar belakang PD II. Sama seperti Heart of Iron IV, game "Steel Division: Normandy 44" yang dirilis oleh Paradox Interactive pada 2017 juga bertemakan strategi. Seperti judulnya, game ini mengambil latar sejarah Invasi Normandia pada 1944.

Dengan pilihan angkatan militer yang cukup lias, kamu dapat memilih dua mode: kamu lawan komputer, atau kamu dan teman-temanmu melawan orang lain dalam pertarungan 10-vs-10! Dari Kanada hingga Jerman, semuanya bebas kamu pilih.

Dikembangkan oleh Eugen Systems, game ini dipuji karena menghadirkan mode Single Player yang menantang dan fraksi negara-negara yang bertempur di Invasi Normanida yang lengkap.

Steel Division Normandy 44 dapat kamu mainkan di PC (Windows) via Steam.

Itulah 8 video game berlatar PD II yang dapat kamu mainkan di waktu senggang sekaligus belajar Sejarah dunia. Tapi, jangan lupa membaca sumber-sumber yang valid, ya! Jangan hanya dari game saja karena perusahaan game tidak tanggung jawab jika nilaimu jelek.

Baca Juga: 8 Game Bertema Wabah, Cari Obatnya dan Selamatkan Diri dari Penyakit

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya