Comscore Tracker

5 Role Dalam CS:GO yang Perlu Kamu Ketahui 

Kamu gak perlu bingung lagi sama jobdesc kamu

CS:GO adalah game besutan Valve yang terkenal sebagai salah satu game FPS kompleks. Game FPS yang terkenal dengan mode classic 5v5 ini selalu kebanjiran player baru setiap bulannya. Tidak mudah bagi pemain baru untuk bermain game ini karena mereka harus mengerti banyak mekanisme dasar sekaligus taktik apa saja yang ada dalam CS:GO

Untuk mempermudah pemain selama bermain game ini, pemain memerlukan role tertentu agar dapat bermain secara optimal. Sayangnya, banyak pemain yang justru tidak dapat memainkan role yang mereka ampu dengan baik sehingga tim mereka tak mampu berfungsi secara maksimal.

Jika kamu player yang masih kerap bingung terhadap role kamu saat bermain CS:GO, berarti kamu harus tahu dulu tentang kelima role umum apa saja yang ada dalam CS:GO. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Entry Fragger

5 Role Dalam CS:GO yang Perlu Kamu Ketahui ilustrasi entry fragger dalam CSGO (dok. Valve/Counter-Strike Global Offensive)

Entry Fragger adalah posisi krusial dalam CS:GO. Posisi ini paling sering dijumpai ketika kamu bermain sebagai tim Terrorist

Posisi ini mewajibkan kamu untuk menjadi orang pertama yang berani masuk ke dalam bombsite untuk menciptakan ruang bebas bagi teman-teman kamu. Dalam proses tersebut, biasanya kamu perlu mendapatkan kill agar teman-teman kamu dapat masuk dengan aman. 

Untuk menjadi seorang entry fragger yang kompeten, kamu dituntut mempunyai mental yang sangat kuat, mempunyai skill aim yang sangat baik, memiliki pengetahuan yang luas terhadap spot-spot umum apa saja yang sering dipakai musuh, dan menghapalkan beberapa utility yang memudahkan pekerjaan kamu saat proses entry ke dalam bombsite.

Banyak player yang senang bermain role ini untuk mendapatkan banyak kill. Sayangnya, memainkan role ini tidak mudah karena kamu harus konsisten terus bermain dengan skill mekanik tinggi sepanjang match berlangsung. Selain itu, role ini juga berisiko karena cenderung membuat kamu lebih mudah mati. 

Baca Juga: 5 Game Android Bertema Space Shooter Jadul, Bikin Nostalgia

2. Lurker

5 Role Dalam CS:GO yang Perlu Kamu Ketahui ilustrasi lurker dalam CSGO (dok. Valve/Counter-Strike Global Offensive)

Lurker adalah role CS:GO yang sangat pas bagi kamu yang senang bermain stealth layaknya seorang assassin. Tugas dari lurker adalah melakukan flank pada musuh dengan timing yang sangat tepat agar sukses merusak rotasi musuh atau mendapatkan kill pada musuh yang kurang waspada terhadap area map tertentu. Biasanya, lurker memilih posisi yang berlawanan dari teman-temannya agar selalu siap melakukan flank.

Lurker tidak dituntut memiliki skill aim yang baik seperti entry fragge. Namun, seorang lurker perlu mempunyai game sense yang sangat tinggi dibanding rekan-rekannya.

Game sense sendiri hanya dapat ditingkatkan dengan memperbanyak pengalaman bermain. Dengan game sense tinggi, lurker dapat mempunyai map knowledge dan decision making yang baik untuk menentukan waktu untuk mendapatkan kill atau membuat keributan pada area map tertentu. 

3. Support

5 Role Dalam CS:GO yang Perlu Kamu Ketahui ilustrasi support dalam CSGO (dok. Valve/Counter-Strike Global Offensive)

Support adalah role yang fokus pada penggunaan utility untuk membantu teman kamu dalam melakukan map control atau mengisi kekosongan role dalam tim saat match berlangsung. Role ini cocok bagi kamu yang ingin bermain pasif, santai, dan fleksibel serta memiliki jiwa teamwork yang tinggi.

Role ini tidak memerlukan kemampuan mekanik tinggi, seperti bermain sebagai entry fragger atau AWPer. Sayangnya, role ini kurang populer dalam komunitas CS:GO karena support player biasanya tidak mendapatkan banyak kill, seperti role entry fragger, AWPer, atau lurker.

Seorang support yang baik harus memiliki pengetahuan luas terhadap utility lineup yang ada dalam berbagai map agar dapat meringankan pekerjaan tim saat melakukan map control. Mereka harus mengerti cara melakukan trade kill apabila entry fragger dari tim mereka telah mati. Support juga harus memiliki positioning yang baik agar selalu siap untuk membantu tim mereka dalam situasi apa pun maupun menjaga diri mereka sendiri agar tidak mati dengan mudah. 

4. AWPer / Sniper

5 Role Dalam CS:GO yang Perlu Kamu Ketahui ilustrasi awper atau sniper dalam CSGO (dok. Valve/Counter-Strike Global Offensive)

AWPer adalah role CS:GO yang berfokus pada penggunaan sniper. Nama role ini berdasarkan salah satu senjata sniper yang sering digunakan dalam game ini, yaitu AWP. Role ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjadi pemain bintang selama match berlangsung. Dalam komunitas CS:GO, role AWPer cenderung laku keras karena player tersebut dapat menjadi satu-satunya player dengan jumlah kill terbanyak.

Bermain dalam role ini tidaklah mudah karena kamu punya tanggung jawab menjadi ujung tombak dalam tim kamu. Kamu memegang senjata yang mahal dalam tim sehingga kamu secara tidak langsung dilarang mati dengan mudah. Untuk menjadi AWPer yang baik, kamu harus percaya diri, mempunyai akurasi tinggi, memilih posisi tertentu secara cerdas, serta dapat mengganti gaya permainan secara fleksibel. 

5. In-Game leader

5 Role Dalam CS:GO yang Perlu Kamu Ketahui ilustrasi in game leader dalam CSGO (dok. Valve/Counter-Strike Global Offensive)

In-game Leader adalah role yang paling sulit dalam CS:GO. Kamu adalah kapten dalam tim dengan tanggung jawab yang sangat besar. Kamu harus punya mental yang sangat kuat dan cerdas dalam mengetahui berbagai macam taktik dalam CS:GO sekaligus menentukan decision making dalam tim secara keseluruhan agar semua personel dapat bermain secara optimal. Player yang memegang role ini adalah player yang sudah punya banyak pengalaman dalam CS:GO.

Semua tim esport populer dalam CS:GO selalu sukses berkat seorang In-game Leader yang cerdas. Sayangnya, sulit sekali menemukan IGL dengan kemampuan individu yang baik karena mereka harus mengorbankan skill mekanik mereka demi kesuksesan tim.

Tak jarang, IGL adalah role yang paling sering mati sepanjang match karena mereka harus berani mengambil keputusan beresiko tinggi yang akan membuat mereka terbunuh, namun, efektif membuat tim memenangkan ronde dengan mudah. In-game Leader bebas memilih secondary role apapun dalam timnya, entah sebagai support, entry fragger, AWPer, dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah role dalam CS:GO bersifat fleksibel. Kamu tidak harus bermain satu role saja sepanjang match berlangsung karena kamu harus bisa adaptif terhadap situasi yang ada. Semakin adaptif, maka kamu akan semakin lincah saat bermain game ini. Pengetahuan kamu terhadap berbagai jenis role CS:GO pun dapat berkembang lebih luas. 

Baca Juga: 6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San Andreas

Andra Setiawan Weltofa Photo Verified Writer Andra Setiawan Weltofa

Penulis artikel bermanfaat anti-boring! / E-mail: andrasweltofa@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya