Comscore Tracker

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreas

Untuk yang baru pertama kali main GTA: San Andreas!

Pada 11 November 2021, Rockstar Games merilis tiga remaster game Grand Theft Auto (GTA) dalam bentuk definitive edition untuk konsol current gen dan next gen. Salah satu game GTA tersebut adalah GTA: San Andreas.

Bagi generasi masa kini, mungkin asing dengan GTA: San Andreas. Dirilis pertama kali pada 2004, GTA: San Andreas menceritakan perjuangan Carl "CJ" Johnson yang kembali ke dunia gangster untuk melawan oknum polisi yang korup dan geng-geng lainnya. GTA: San Andreas dianggap sebagai salah satu game GTA terbaik dari Rockstar.

Bagi para pemain lama, GTA: San Andreas di November ini adalah nostalgia. Akan tetapi, bagaimana dengan pemain-pemain baru? Mungkin, butuh sedikit arahan agar bisa memainkan game ini dengan benar. Inilah beberapa tips dari The Gamer agar bisa memainkan GTA: San Andreas layaknya seorang profesional!

1. Stand dan penjaja hot dog bisa sembuhkan CJ

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreasstand hot dog di GTA: San Andreas (gta.fandom.com)

Darah menipis dan kantong kering, menjadi CJ di awal-awal cerita GTA: San Andreas bisa membuat player gusar. Apalagi, uang CJ telah dikuras di awal game oleh Opsir Tenpenny. Jika CJ wafat di tengah game, masuk dan keluar rumah sakit bisa memakan biaya yang tidak sedikit.

Jadi, apa solusinya? CJ bisa beralih ke hot dog. Makanan di restoran memang dapat mengembalikan energi CJ. Namun, restoran masih tutup di awal game, sementara hot dog sudah bisa diakses. Dapat ditemukan di jalan-jalan, penjaja hot dog dapat memulihkan energi CJ dengan harga terjangkau.

2. Mengerjakan tugas pemadam kebakaran di Los Santos

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreaspemadam kebakaran di GTA: San Andreas (youtube.com/Stilefty)

Ingin CJ jadi lebih tahan api? Kalau begitu, CJ bisa menjajal profesi pemadam kebakaran. Mudah tapi jahat, CJ harus mencuri truk pemadam kebakaran dan memulai misi saat sudah menaiki kendaraan tersebut.

Ingin memanggil truk pemadam kebakaran? Coba saja bakar rumah atau gedung! Selain mendapatkan uang yang lumayan (hingga $13450), memadamkan kebakaran dapat meningkatkan level Firefighter hingga ke level 12 maksimal. Di level tertinggi, tubuh CJ jadi tahan api.

3. Mengerjakan tugas paramedis di Angel Pine

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreasmisi paramedic di GTA: San Andreas (gta.fandom.com)

Selain tahan api, CJ juga bisa menaikkan tingkat energi hingga ke level maksimal. Bukan 100 persen, melainkan 200 persen. Bagaimana caranya? Kamu dapat mengerjakan misi Paramedic.

Mudah saja, CJ bisa membajak ambulans dan memulai misi. Jika misi Paramedic terlalu sulit di kota besar, CJ bisa pergi ke Angel Pine di Whetstone atau Montgomery di Red County. Skala kota yang kecil membuat misi Paramedic jadi lebih mudah diselesaikan.

Seperti misi Firefighter, mengerjakan misi Paramedic dapat memberi CJ uang dan meningkatkan level hingga ke level 12. Di level tertinggi, energi CJ ditingkatkan hingga 200 persen, dan mendapatkan uang $12.200.

4. Dongkrak stamina di gym

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreasfasilitas gym di Ganton, Los Santos (gta.fandom.com)

Kunci kekuatan CJ salah satunya berada di stamina. Kamu dapat meningkatkan stamina CJ dengan berolahraga di gym atau memakai sepeda daripada kendaraan bermotor. Dengan begitu, CJ dapat berlari lebih lama tanpa merasa lelah.

Setelah lari tanpa lelah, CJ juga bisa mulai angkat besi. Tidak hanya kekar di tampilan saja, mengangkat beban dapat meningkatkan status Power pada CJ yang bermanfaat untuk adu jotos.

5. Bukan orang, latihan menembak pakai mobil

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San AndreasCJ berlatih menembak dengan pistol (imfdb.org)

Lalu, kemampuan lainnya yang harus diasah oleh CJ adalah kemampuan menembak. Tidak perlu menembak orang dan dikejar polisi, CJ dapat mencari sebuah mobil dan menggunakannya sebagai sasaran tembak.

Jika mobil sudah mulai mengeluarkan api, segera kemudikan ke rumah Sean "Sweet Johnson" di Ganton, Los Santos. Masukkan mobil ke garasi rumah Sweet, dan mobil akan kembali ke sedia kala. Terus ulangi langkah ini sampai kamu mantap dengan kejituan tembakan CJ sebagai Hitman.

Baca Juga: 5 Fakta GTA San Andreas yang Jarang Diketahui Orang, Pernah Dengar?

6. Habisi pengedar narkoba di jalan

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreastampilan pengedar narkoba di GTA: San Andreas (gta.fandom.com)

Membunuh pengedar narkoba di jalan-jalan San Andreas bisa membuat CJ cepat kaya raya. Tidak sulit ditemukan, penampilan pengedar narkoba di dalam game ini mencakup:

  • Tank top hitam dengan kupluk hitam
  • Celana gombroh dan memakai hoodie bertuliskan Rockstar
  • Kacamata hitam dan tank top abu-abu
  • Berpakaian ala biker dengan rompi kulit hitam tanpa lengan dan sepatu tempur

Jika dibunuh, pengedar narkoba ini akan menyisakan uang $2.000 untuk diambil. Lebih mudahnya lagi, para pengedar narkoba ini hanya sendirian. Hanya saja, pastikan tidak ada polisi agar kamu tidak dikejar-kejar.

7. Sisakan beberapa wilayah geng sebelum meninggalkan Los Santos

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreasperang geng di GTA: San Andreas (gamewatcher.com)

CJ dapat mengumandangkan perang geng di seluruh Los Santos untuk menjadi yang paling kuat. Namun, kesalahan yang sering dilakukan player adalah jadi tamak dan mulai menghabisi semua geng. Masalahnya, upaya tersebut sia-sia, terutama jika CJ belum meninggalkan Los Santos.

CJ dan kawan-kawannya yang setia pada Sweet diancam meninggalkan Los Santos dan hanya bisa kembali setelah mengumpulkan kekuatan dan koneksi yang cukup di dua kota lainnya: San Fierro dan Las Venturas. Nah, barulah setelah itu, kamu bisa menyapu bersih geng-geng receh lainnya.

8. Semprot 100 tag tersembunyi di Los Santos

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreasmenyemprot tag di GTA: San Andreas (gtagarage.com)

Sebuah mini-game di GTA: San Andreas menugaskan CJ mencoreng tag layaknya anggota gangster di dunia nyata. Ada 100 tag yang bisa CJ cari dan tandai dengan lambang Grove Street Families. Agar rumit? Tenang, upayamu tak akan berakhir sia-sia.

Jika kamu berhasil mencoreng 100 tag, maka CJ diberi senjata AK-47, Tec-9Sawn-off Shotgun dan Molotov dengan amunisi yang tidak terbatas. Selain itu, anggota geng Grove Street Families juga membawa Desert EagleSMG, dan pisau sehingga lebih kuat.

9. Pilih Katie dan/atau Barbara sebagai pasangan

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San AndreasKatie Zhan (youtube.com/Stilefty)

Selain bertarung, CJ juga bisa memiliki kisah romantis di GTA: San Andreas. Ingin pacar yang berguna untuk CJ? Kamu bisa memilih antara Katie Zhan atau Barbara Schternvart. Memang, apa yang bisa didapatkan?

Mari bahas dari Katie yang bisa kamu temui di San Fierro. Sebagai perawat di rumah sakit, Katie bisa memberi manfaat medis kepada CJ, seperti:

  • Dirawat di rumah sakit gratis dan bisa respawn tanpa kehilangan senjata. Jika CJ wafat (wasted) di San Fierro, ia akan respawn di depan rumah Katie.
  • Di tingkat kedekatan 50 persen, Katie memberi CJ mobil Romero putih
  • Di tingkat kedekatan 100 persen, Katie memberi CJ seragam medis khusus
10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San AndreasBarbara Schternvart (youtube.com/FaMe7000)

Lalu, bagaimana dengan Barbara yang dapat ditemukan di padang gurun Tierra Robada? Janda dua anak ini adalah seorang deputy sheriff dan dapat memberikan jaminan legal kepada CJ, seperti:

  • Jika tertangkap (busted), CJ tak akan kehilangan armor dan senjatanya. Jika tertangkap di dekat kantor Barbara di El Quebrados, maka CJ akan respawn di kantor tersebut.
  • Di tingkat kedekatan 50 persen, Barbara memberi CJ mobil Ranger
  • Di tingkat kedekatan 100 persen, Barbara memberi CJ seragam polisi

10. Lari tanpa lelah dan tambah uang dengan merampok

10 Hal yang Perlu Dilakukan saat Bermain GTA: San Andreasmisi Burglary di GTA: San Andreas (gta.fandom.com)

Lelah nge-gym untuk meningkatkan stamina dan uang yang segitu-segitu saja? CJ dapat mencoba merampok di misi sampingan Burglar. Diperkenalkan di misi Home Invasion, misi dianggap 100 persen komplet jika CJ berhasil mencuri barang-barang senilai $10.000.

Sementara tidak wajib bagi CJ untuk menyelesaikan hingga 100 persen, jika CJ menyelesaikan misi ini hingga tuntas, CJ akan mendapatkan uang sebesar $3.000 dan infinite sprint atau lari tanpa lelah. Amat berguna di misi-misi di mana kendaraan sulit ditemukan.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan para pemain GTA: San Andreas baru atau lama saat memainkan game-nya mulai 11 November. Atau, kamu hanya ingin bernostalgia atau seru-seruan mencoba kode cheat di dunia San Andreas? Yang penting, have fun, ya!

Baca Juga: 5 Kode Cheat GTA San Andreas HD yang Baru, Silakan Dicoba!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya