Comscore Tracker

Butuh Puluhan Tahun, Ini 5 Video Game Dengan Waktu Pembuatan Terlama

#PANJATPOIN Membuat video game tak semudah yang dibayangkan

Membuat video game membutuhkan proses yang sulit, waktu yang lama dan juga SDM yang tidak sedikit. Menciptakan video game juga tak semudah memainkannya lalu menamatkan dalam hitungan puluhan jam. Terlebih, untuk game berlabel AAA, biaya atau budget yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Butuh ide, kreativitas, dan juga waktu ekstra untuk bisa menghasilkan produk semenarik video game. Bahkan, tak jarang juga sejumlah developer menunda perilisan game buatan mereka karena suatu alasan.

Semua ini pada dasarnya wajar, mengingat banyak hambatan dan juga tantangan untuk bisa menelurkan sebuah video game dengan baik dan sempurna. Nah, berkaitan dengan itu, di sini penulis akan memberi ulasan mengenai video game apa saja dengan waktu pembuatan terlama di dunia. Yuk langsung simak!

1. Duke Nukem Forever: 1996-2011 (15 tahun)

Butuh Puluhan Tahun, Ini 5 Video Game Dengan Waktu Pembuatan Terlamadigitalspy.com

Seperti yang dilansir dari laman Goliath.com, secara mengejutkan, video game dengan waktu pembuatan terlama jatuh kepada Duke Nukem Forever, yang menjadi sekuel dari Duke Nukem 3D yang dirilis pada tahun 1996. Digarap pertama kali pada tahun 1996 dan dirilis pada tahun 2011, Duke Nukem Forever membutuhkan waktu pembuatan sekitar 15 tahun.

Selama pembuatannya, game yang satu ini, sempat mengalami pergantian developer. Setelah developer awal yaitu Realms 3D mengalami kebangkrutan, pengerjaan Duke Nukem Forever langsung dialihkan ke Gearbox Software. Sayangnya, ketika dirilis pada tahun 2011, Duke Nukem Forever dianggap sebagai game yang gagal total, dengan gameplay, plot dan juga kualitas grafis yang dinilai hambar dan ketinggalan jaman.

2. Diablo III: 2001-2012 (11 tahun)

Butuh Puluhan Tahun, Ini 5 Video Game Dengan Waktu Pembuatan Terlamastore.playstation.com

Meski tidak diumumkan secara resmi hingga tahun 2008, pada dasarnya, Diablo III telah dikembangkan sejak tahun 2001. Josh Mosqueira selaku pemimpin tim yang mengembangkan Diablo III mengatakan bahwa, tekanan dalam menciptakan sebuah seri baru dari franchise yang luar biasa benar-benar membebani tim dan juga mempengaruhi sejumlah keputusan.

Konyolnya, meski dibuat dalam waktu sedekade lebih, di bulan pertama perilisannya yaitu pada tahun 2012, Diablo III sempat tidak dapat dimainkan karena kesalahan jaringan yang pada akhirnya meluas ke gameplay dari Diablo III itu sendiri. Setelahnya, ketika Blizzard selesai memperbaiki kesalahan tersebut, Diablo akhirnya lahir sebagai salah satu game RPG terbaik yang pernah diciptakan. Ekspansi pertama yang dirilis pada tahun 2014 yaitu Reaper Of Souls, juga mengangkat derajat Diablo sebagai game terbaik di dunia.

3. Prey: 1995-2006 (11 tahun)

Butuh Puluhan Tahun, Ini 5 Video Game Dengan Waktu Pembuatan Terlamarockpapershotgun.com

Prey versi original pertama kali dikembangkan oleh Realms 3D pada tahun 1995, menggunakan game engine buatan mereka sendiri. Menyusul bangkrutnya Realms 3D di tahun berikutnya, proyek pengembangan Prey akhirnya diambil alih oleh tim lain. 5 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2001, secara mengejutkan, Prey dibuat lagi dari awal namun kini, digarap oleh Human Head Studios. Setengah dasawarsa setelahnya, Prey dirilis untuk PC dan Xbox 360, dan langsung mendapatkan ulasan positif serta kesuksesan secara komersial.

Sayangnya, rencana sekuel dari Prey dibatalkan, setelah pada tahun 2009, Bethesda Softworks mendapatkan hak kepemilikan. Di tahun 2017, game terbaru dari Prey yang tidak nyambung dengan seri sebelumnya, akhirnya dirilis oleh Bethesda untuk PC, PS4 dan juga Xbox One.

4. The Last Guardian: 2007-2016 (9 tahun)

Butuh Puluhan Tahun, Ini 5 Video Game Dengan Waktu Pembuatan Terlamasquarexo.co.uk

Pengembangan The Last Guardians dimulai pada tahun 2009 dan direncanakan akan menjadi game eksklusif dari PS3. Digarap oleh Team Ico yang terkenal akan Shadow Of Colossus-nya, The Last Guardian secara resmi diumumkan pada E3 2009 dan langsung memukau penonton kala itu, dengan gameplay dan juga grafis yang dinilai sangat sinematik dan mengesankan.

Sayangnya, karena masalah hardware, tim pengembang akhirnya memutuskan untuk melakukan transisi pengembangan ke PS4 pada tahun 2012. Membutuhkan waktu sekitar 4 tahun lagi bagi tim, untuk bisa benar-benar merilis game bergenre action-platformer tersebut. Setelah diperkenalkan kembali pada E3 2015, pada tahun 2016, The Last Guardians akhirnya dirilis secara eksklusif untuk PS4. Meski mendapat banyak ulasan positif, banyak yang menilai jika The Last Guardians dipenuhi dengan masalah teknis dan bug.

5. Team Fortress 2: 1998-2007 (9 tahun)

Butuh Puluhan Tahun, Ini 5 Video Game Dengan Waktu Pembuatan Terlamagamersdecide.com

Sekuel dari Team Fortress diumumkan pada tahun 1998, akan tetapi karena waktu pengembangan yang sangat lama, pada akhirnya game tersebut memiliki bentuk yang jauh berbeda dari yang dijanjikan pada awalnya. Team Fortress 2 pada awalnya direncanakan akan memiliki grafis yang lebih realistis dan juga detail yang lebih mendalam. Namun, selama pengembangannya, Valve akhirnya memutuskan untuk mengganti model grafisnya menjadi lebih kartun dan warna warni. Meskipun begitu, Valve menyebutkan bahwa mereka pada akhirnya lebih memfokuskan diri kepada gameplay yang ditawarkan.

Hasilnya? ketika dirilis pada tahun 2007, Team Fortress 2 langsung menuai banyak pujian terkait gameplay-nya yang dinilai sangat kompetitif dan adiktif. Hingga kini, Team Fortress 2 masih banyak dimainkan oleh gamers diluar sana dan menjadikannya salah satu game multiplayer free-to-play paling dicintai di dunia.

Itulah sejumlah game dengan waktu pembuatan paling lama. Ada yang kamu mainkan?

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya