Comscore Tracker

7 Game PS5 Paling Dinanti Rilisnya di 2022, Seru Semuanya!

Mulai dari sekuel seri game populer hingga IP baru

2022 nampaknya akan jadi tahun yang besar untuk salah satu konsol next-gen yaitu PlayStation 5 atau PS5. 2022 menjadi tahun kedua untuk konsol garapan Sony itu dan umumnya, tahun kedua menjadi tahun di mana sebuah konsol baru sudah mulai matang. Tahun lalu, di tahun awal perilisan PS5, terdapat cukup banyak game yang ditunda atau diundur perilisannya.

Untungnya, sebagian besar yang merupakan game-game AAA yang sangat diantisipasi kini siap untuk memanjakan gamer dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari sekuel dari seri yang telah sangat populer hingga IP baru yang sangat ditunggu-tunggu, berikut 7 game PS5 paling dinanti kehadirannya di 2022.

1. Uncharted Legacy of Thieves Collection

https://www.youtube.com/embed/IfrfJn_-24g

Uncharted Legacy of Thieves Collection merupakan bundle yang berisi Uncharted 4: A Thief’s End dan Uncharted: The Lost Legacy yang sebelumnya telah dirilis di PS4. Paket berisi dua game ini akan dirilis untuk PS5 dengan kualitas visual yang ditingkatkan agar mata pemain makin dimanjakan. Selain visual yang lebih baik, karena akan dirilis di PS5 yang notabene punya spesifikasi lebih mumpuni, maka keduanya juga akan mendapat peningkatan dari segi performa.

Naughty Dog selaku developer mengonfirmasi bahwa baik A Thief’s End maupun The Lost Legacy akan bisa dimainkan hingga 120fps. Selain PS5, Uncharted Legacy of Thieves Collection juga akan dirilis di PC pada 28 Januari 2022 mendatang.

2. Horizon Forbidden West

https://www.youtube.com/embed/Lq594XmpPBg

Sekuel untuk salah satu game eksklusif PS4 terbaik – Horizon Forbidden West akhirnya tiba dan tak lama lagi bisa dimainkan oleh gamer. Forbidden West bakal jadi suksesor bagi Zero Dawn yang menjanjikan musuh lebih beragam, dunia lebih luas dan hidup, serta cerita yang lebih menarik di mana sang protagonis utama yaitu Aloy, punya misi untuk mencari sumber dari wabah misterius.

Bukan tanpa hal baru, Forbidden West bakal memungkinkan Aloy untuk mengeksplorasi dunia bawah air atau lautan, yang sebelumnya tidak bisa dilakukan di game pertamanya. Tak perlu menunggu lama, Horizon Forbidden West akan tersedia untuk dimainkan 18 Februari mendatang di PS4 dan juga PS5.

3. Elden Ring

https://www.youtube.com/embed/qDNq9f_UpRw

Hanya ada sedikit developer yang ketika mendengar namanya saja, gamer langsung yakin akan kualitas game yang mereka buat. Dari sedikit developer itu, From Software jadi salah satunya di mana game terbaru mereka yaitu Elden Ring sangat dinanti kehadirannya di tahun ini. Dari trailer maupun cuplikan gameplay yang dirilis, Elden Ring nampaknya bakal jadi mahakarya anyar bagi Hidetaka Miyazaki selaku sutradara atau kreator dari game ini.

Tidak sendiri, Miyazaki dibantu oleh penulis Game of Thrones – George R.R Martin. Jadi, tidak salah jika berharap Elden Ring nantinya bakal punya cerita yang padat dan menarik. Elden Ring bakal dirilis pada 25 Februari 2022 mendatang untuk PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S dan juga PC.

Baca Juga: 8 Game PS5 Ini Butuh Ukuran Memori Terbesar, Tembus 200 GB

4. Gran Turismo 7

https://www.youtube.com/embed/oz-O74SmTSQ

Game simulasi balapan umumnya digunakan sebagai “alat” untuk memamerkan kemampuan dari konsol baru dan Gran Turismo 7 tidak dapat diragukan lagi bakal menjadi pameran dari bagaimana fantastisnya potensi visual yang bisa dicapai oleh PS5. Gran Turismo 7 menandai kembalinya seri Gran Turismo setelah game terakhirnya yaitu Gran Turismo Sport, telah berusia lima tahun di 2022 ini.

Berbeda dengan seri Forza Horizon di Xbox yang lebih terkesan arcade, seri Gran Turismo lebih menekankan pada simulasi balapan yang lebih realistis. Gran Turismo 7 juga bakal mengembalikan GT Simulation Mode (alias mode single-player campaign) dan akan dirilis untuk PS4 serta PS5 pada 4 Maret 2022 mendatang.

5. Forspoken

https://www.youtube.com/embed/AdZUrXCqUck

Eksistensi konsol generasi terbaru biasanya dibarengi dengan muncul IP baru dan Forspoken jelas menjadi salah satu game yang bakal memberi angin segar bagi konsol anyar seperti PS5, jika dibandingkan dengan sekuel atau remastered dari game yang telah ada. Forspoken berkisah mengenai protagonis bernama Frey yang “terpental” dari New York ke dalam sebuah dunia fantasi bernama Athia di mana ia perlu menggunakan kekuatan magis baru yang dimilikinya untuk menemukan jalan pulang.

Jika dilihat dari cuplikan gameplay yang dirilis, Forspoken nampak keren baik secara gameplay maupun kualitas visual. Forspoken direncanakan untuk rilis pada 24 Mei 2022 mendatang di PS5 dan juga PC.

6. Ghostwire: Tokyo

https://www.youtube.com/embed/XWpsAKYa7NQ

Berbeda dengan kebanyakan game di daftar ini yang hanya tersedia secara eksklusif di PlayStation (untuk konsol), Ghostwire: Tokyo bakal eksklusif untuk sementara waktu di PS5 sebelum nantinya juga dirilis di Xbox Series X/S. Alasannya, publisher dari game ini yaitu Bethesda kini telah dibeli oleh Microsoft selaku pemilik konsol Xbox.

Ghostwire: Tokyo sendiri dikembangkan developer seri Evil Within yaitu Tango Gameworks, yang kini menjajal formula baru. Ghostwire: Tokyo bakal mengusung perspektif kamera first-person di mana pemain mengendalikan karakter dengan kemampuan paranormal untuk mengalahkan roh yang menghantui Tokyo. Game ini bakal rilis tahun ini, namun untuk tanggal yang belum diketahui.

7. God of War: Ragnarok

https://www.youtube.com/embed/EE-4GvjKcfs

Trailer pertama God of War: Ragnarok tidak berisi cuplikan gameplay sedikit pun dan hanya menampilkan logo. Judul resminya bahkan juga tidak dipamerkan dan baru terungkap pada September tahun lalu lewat trailer baru.

Game reboot pertama God of War yang rilis 2018 sangatlah luar biasa sehingga tak heran jika gamer sangat tidak sabar untuk reuni dengan Kratos dan Atreus dalam menjelajahi Nine Realms menjelang akhir dunia. Sebagaimana sekuel yang luar biasa, Ragnarok diharapkan untuk punya dunia terbuka yang baru dan luas untuk dijelajahi, sistem combat yang lebih brutal dan cerita yang lebih menarik untuk diikuti. God of War: Ragnarok dikabarkan akan dirilis tahun ini untuk PS4 dan juga PS5.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game PS5 paling dinanti kehadirannya di 2022. Dari 7 game di atas, mana yang paling kamu antisipasi?

Baca Juga: 4 Hal yang PS5 Unggul ketimbang Xbox Series X dan Sebaliknya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya