Comscore Tracker

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Seri Final Fantasy mendominasi di daftar ini

Untuk sebuah game dengan tema fantasi, dibutuhkan dunia yang benar-benar bisa dipercaya. Ini tidak hanya dibutuhkan agar bisa menarik perhatian pemain saja, namun juga untuk pengembangan cerita dari karakter game itu sendiri.

Salah satu cara terbaik sekaligus yang paling sering diterapkan – baik di buku, film maupun video game – adalah dengan menciptakan dunia berdasarkan tempat atau lokasi yang ada dunia nyata, sebagai inspirasi untuk desain, kultur atau model bangunan dari dunianya. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 dunia fantasi pada game yang ternyata terinspirasi dari dunia nyata.

1. Bloodborne/Yharnam – Praha/Republik Ceko

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyatabloodborne.fandom.com

Desain level dan art-style unik yang dipamerkan oleh Bloodborne, membuatnya menjadi salah satu dengan desain terumit di generasi saat ini. Ada banyak inspirasi yang diambil dari karya horor gothic seperti Dracula karya Bram Stoker dan banyak lagi.

Akan tetapi, pada faktanya, sebagian besar arsitektur pada dunia Bloodborne yaitu Yharnam, terinspirasi dari kota Praha. The Great Bridge contohnya yang sangat mirip dengan Charles Bridge di ibukota Republik Ceko itu. Tidak hanya itu saja, desain Astral Clocktower juga berbagi kemiripan dengan Astronomical Clock di Praha.

2. Final Fantasy XV/Altissia – Venesia/Italia

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyatanovacrystallis.com

Final Fantasy XV menjadi game yang cukup dikritik oleh para penggemar, terutama karena konsep dunia terbukanya yang luas, yang meninggalkan banyak area kosong. Meskipun begitu, FFXV kenyataannya masih memiliki area yang dirancang dengan sangat indah.

Salah satunya adalah Altissia, yang dikonfirmasi oleh Square Enix selaku developer pada Final Fantasy XV Ultimate Guide, terinspirasi dari kota Venesia di Italia. Mulai dari bangunan yang tertata rapi di sekitar sungai hingga wisata dengan perahu gondola, Altissia punya segala hal yang juga ditawarkan oleh Venesia.

3. The Bard’s Tale IV/Skara Brae – Desa Prasejarah Skotlandia

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyatagodisageek.com

Dirilis untuk PC pada tahun 2018 dengan versi director’s cut mengikuti setahun setelahnya untuk Playstation 4 dan Xbox One, The Bard’s Tale IV merupakan sekuel untuk seri RPG dungeon-crawling yang dimulai pada tahun 1985. Kota pada seri Bard’s Tale dikenal sebagai Skara Brae, yang juga sempat muncul di seri RPG klasik – Ultima.

Skara Brae pada dasarnya didasarkan pada desa prasejarah di Skotlandia yang terletak di Kepulauan Orkney. Desa Neolitikum itu telah berusia 3180 SM hingga 2500 SM yang artinya, lebih tua dari Piramida Mesir dan Stonehenge di Inggris.

Baca Juga: 7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gaming

4. Final Fantasy XV/Insomnia – Shinjuku/Jepang

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyatarpgfan.com

Final Fantasy XV merupakan game JRPG fantasi yang dunianya terasa seperti ‘bumi alternatif’. Selain Altissia yang terinspirasi dari salah satu destinasi wisata favorit – Venesia, FFXV masih memiliki tempat lain yang didasarkan pada tempat di dunia nyata.

Kota Insomnia yang juga tampil di film CGI Kingsglaive: Final Fantasy XV, mengambil banyak inspirasi dari daerah Shinjuku di Tokyo, Jepang. Salah satu bukti yang paling jelas adalah kemiripan yang sangat besar di antara Citadel dengan Gedung Pemerintah Metropoliton Tokyo.

5. Dark Souls/Anor Londo – Il Duomo/Italia

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyataitl.cat

Dikembangkan oleh developer yang sama yaitu FromSoftware, tak heran apabila seri Dark Souls berbagi banyak kemiripan dengan Bloodborne dalam hal kerumitan desain arsitektur bangunan. Salah satu yang paling mencolok dan digarap dengan apik adalah Anor Londo yang muncul di Dark Souls dan Dark Souls III.

Tingkat detail dalam desainnya terbilang luar biasa dan penampilannya terinspirasi dari Katedral Il Duomo yang berlokasi di Milan, Italia. Kreator Dark Souls – Hidetaki Miyazaki mengkonfirmasi hal ini pada buku panduan Dark Souls: Design Works.

6. Final Fantasy VII/Gold Saucer dan Cosmo Canyon – Nevada/Amerika Serikat

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyatagamebanana.com

Gold Saucer pada Final Fantasy VII merupakan area yang menampilkan banyak hiburan dan permainan untuk penduduk Gaia. Meski ada unsur Disney World dengan penggunaan warna yang indah di malam hari, Gold Saucer faktanya didasarkan pada Las Vegas, Nevada.

Tidak hanya Gold Saucer saja, rumah Red XIII yaitu Cosmo Canyon, juga terinspirasi oleh tempat lain yang juga ada di Nevada. Secara visual, Cosmo Canyon terlihat seperti Red Rock Canyon yang berada di sebelah barat Vegas. Menarik untuk melihat bagaimana bentuk ‘lebih detail’ dari dua tempat tersebut di FFVII Remake yang akan segera dirilis.

7. The Witcher 3: Blood And Wine/Beauclair Palace – Kastil Neuschwanstein/Jerman

7 Dunia di Game Ini Ternyata Terinspirasi dari Lokasi Nyatanexusmods.com

Seri The Witcher dikenal karena mengambil banyak inspirasi tempat yang juga ada di dunia nyata. Itu bahkan lebih jelas dalam The Witcher 3 dengan berbagai kota dan lokasi ikoniknya, namun ekspansi Blood And Wine, bisa dibilang menjadi yang paling indah.

Blood And Wine berlatar di Toussaint yang secara visual, banyak mengambil pengaruh budaya dari wilayah Mediterania Prancis dan Italia. Beauclair Palace merupakan salah satu landmark di Toussaint yang ternyata, memiliki sejumlah kemiripan arsitektur dengan Kastil Neuschwanstein di Jerman.

Demikian tadi sedikit info menarik mengenai dunia fantasi pada game yang ternyata terinspirasi dari dunia nyata. Jika kamu berkesempatan mengunjungi salah satu tempat di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Karakter Game Ini Kuat Banget, Hampir Mustahil Dikalahkan! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya