Comscore Tracker

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gaming

Gak, Mario gak masuk karena sudah terlalu mainstream

Kamu harusnya tahu bahwa perkembangan teknologi kita saat ini salah satunya didorong oleh dunia video game. Peningkatan grafis dan gameplay menuntut semua orang yang berada di dunianya untuk terus maju ke depan dan terus menciptakan inovasi.

Namun, di balik kehadiran inovasi-inovasi baru itu, terdapat karakter-karakter ikonik yang selalu menjadi perlambangan kehidupan dunia modern. Karakter-karakter itu menjadi ikon budaya pop yang menjelaskan bagaimana perkembangan budaya dari masa ke masa. Inilah beberapa karakter yang menjadi saksi mata akan perubahan dunia game tersebut.

1. Pac-Man

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gamingmentalfloss.com

Banyak rumor beredar tentang sejarah Pac-Man. Ada yang mengatakan karakter itu terinspirasi dari sepotong pizza, ada pula yang mengatakan sebenarnya Pac-Man merupakan modifikasi dari karakter mulut.

Apapun itu, karakter yang memulai karirnya di mesin Arcade 80’an tersebut telah mengubah dunia video game. Pac-Man juga memberikan inspirasi jika desain karakter yang sederhana tetap dapat menjadi ikonik, tergantung bagaimana dikemasnya.

2. Pikachu

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gamingtime.com

Monster tikus berlistrik paling lucu yang pernah ada. Pikachu telah berumur lebih dari 20 tahun sendiri semenjak game debut Pokemon hadir di masyarakat pada 1996. Sejak saat itu, Pikachu tak pernah lepas dari seri gamenya maupun film-nya.

Hal tersebut membuat dirinya sebagai salah satu ikon paling dikenali pada budaya pop. Mengingat setelah ini juga hadir dalam film Detective Pikachu, ketenaran si kuning ikon Nintendo ini sepertinya masih akan bertahan lama.

3. Link

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gamingwikia.com

Banyak yang mengira nama karakter ini adalah Zelda, namun nama Zelda sendiri yang selalu menjadi judul gamenya merupakan nama karakter putri yang diselamatkannya. Link menjadi perlambangan dari sebuah karakter yang sebagaimana berkembang melewati petualangan-petualangan yang dilaluinya. Tak hanya itu, Link juga menjadi sebuah ikon untuk berani mengemban misi berbahaya demi menyelamatkan seseorang yang penting.

Baca Juga: 14 Karakter Games Cewek Paling Cantik, Bikin Betah Main!

4. Sonic

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gamingtime.com

Sonic adalah hasil dari bentuk peperangan konsol di masa lalu. Untuk melawan karakter ikonik Nintendo Mario, SEGA pun menciptakan karakter ikonik landak biru yang super cepat ini. Berbeda dengan saingannya, Sonic digambarkan sebagai seorang anak pemberontak yang ceplas-ceplos dalam berkata-kata.

Sifat bersemangat dan edgy-nya memberikan gambaran bagaimana kondisi para pemuda pada masa itu. Walaupun hingga sekarang belum ada lagi seri game yang cukup bagus hingga mengenang para pemainnya, Sonic tetap menjadi salah satu karakter kesayangan para gamer.

5. Peach

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gamingtime.com

Karakter dari seri Mario ini sempat kontroversial lantaran selalu dijadikan objek penculik Bowser, karakter antagonis dunia Super Mario. Orang-orang beranggapan jika Peach menjadi gambaran bagaimana seorang wanita selalu perlu diselamatkan oleh para pria.

Namun, hal itu coba diubah oleh pihak Nintendo. Lewat game Super Smash Bros hingga Mario Kart Racing, putri yang tak bisa terlepas dengan gaun merah mudanya tersebut sekarang dapat bersaing dengan karakter-karakter lain, membentuk sebuah karakter wanita yang kuat dan mandiri.

6. Lara Croft

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gaminggamesgrabr.com

Hanya beberapa karakter ikonik game saja yang mengalami perubahan yang cukup drastis dalam penggambarannya. Salah satu di antara mereka adalah Lara Croft. Saat dikenalkan pada 1996 lewat seri Tomb Raider di konsol PlayStation 1, Lara masih menjadi penggambaran sosok wanita dengan tubuh yang seksi dan sering mengenakan pakaian terbuka. Namun lewat reboot-nya pada 2013, hal itu diubah dengan proporsi bentuk tubuhnya yang realistis, serta cerita latar belakangnya yang kompleks.

7. Scorpion

7 Karakter Game Paling Ikonik, Jadi Saksi Mata Perjalanan Dunia Gaminginside.worldgaming.com

Kamu punya game yang penuh dengan semburat darah dan berbagai hal yang gore abis? Coba berterimakasihlah kepada Mortal Kombat. Merekalah yang memulai adanya game-game bergaya sadis dan gore, hingga pemerintah harus membuat sistem umur untuk melakukan pembatasan kepada anak-anak.

Dari seluruh karakter yang muncul, Scorpion menjadi yang paling mencolok. Ninja berseragam kuning itu selalu identik dengan kalimat “Get over here!” yang diucapkan ketika melemparkan mata tombak berantai miliknya ke lawannya.

Untuk kamu sendiri, karakter mana yang paling kamu suka dan mengenang di kepalamu? Berikan pendapatmu dan coba katakan karakter apa lagi yang harusnya masuk dalam daftar itu.

Baca Juga: 5 Karakter Video Game Paling Dibenci Sepanjang Masa, Siapa Saja?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya