Comscore Tracker

Fans SimCity, Ini 8 Game Bangun Kota Terbaik Paling Unik

Mulai dari membangun kota di Mars hingga zaman prasejarah

Pada era awal video game, simulasi telah menjadi salah satu genre yang memimpin industri tersebut. Sims jadi game yang mempopulerkan genre itu dan menjadikannya mainstream serta besar seperti sekarang. Akan tetapi, serinya tidak akan bisa sebesar sekarang jika bukan karena keberhasilan Sim Citu pada tahun 1989.

Sim City tidak hanya jadi spin-off yang sukses, namun juga memperkenalkan genre simulasi membangun kota lebih banyak pemain. Kini, game membangun kota hadir dalam beragam bentuk dan tema, yang mayoritas tergolong sangat unik. Berikut beberapa yang direkomendasikan untuk dimainkan.

1. Tropico Series

https://www.youtube.com/embed/Wf0Ob7f6ufs

Bagi mereka yang mungkin pernah berkeinginan menjadi diktator, seri Tropico jadi game wajib untuk dimainkan. Seri ini terdiri dari enam game, yang masing-masing memungkinkan pemain untuk mewujudukan fantasi tirani mereka.

Mekanisme gameplay dari sejumlah game pada seri sangat luar biasa dan beragam, dengan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk bisa menjalankan pemerintahan otokrasi yang sukses. Selain menghibur, seri Tropico juga hadir dengan sejumlah komentar politik yang cukup dalam.

2. Aven Colony

https://www.youtube.com/embed/wmel-lLcZlQ

Aven Colony mengambil konsep dari genre simulasi membangun kota, namun menempatkannya di tempat nan jauh di sana yaitu luar angkasa. Pada game ini, pemain dihadapkan dengan beban yang jauh lebih berat karena tidak hanya membangun kota saja, namun juga peradaban yang hidup di atasnya. Dimulai dengan menjadi pemimpin bagi koloni kecil, pengikut akan terus tumbuh untuk kemudian menjadi poros pendorong berkembangnya koloni dan kota yang lebih besar.

3. Frostpunk

https://www.youtube.com/embed/qqEpSOFDXGA

Frostpunk bisa dibilang merupakan game paling menantang moral di daftar ini. Game ini mengajak pemain untuk melewati beragam rintangan dalam bertahan hidup di zaman es yang sulit ditebak.

Ini bukan game untuk mereka yang suka game membangun kota yang dapat membuat mereka merasa seakan dewa dengan kontrol penuh dan serba bisa. Frostpunk adalah game tentang bertahan hidup yang sederhana namun brutal, dengan kematian dan kegagalan yang selalu ada di depan mata.

4. Surviving Mars

https://www.youtube.com/embed/sovutsHwmj8

Jika Aven Colony dan Frostpunk adalah sepasang suami istri, maka Surviving Mars adalah anak mereka. Game ini mengombinasikan elemen bertahan hidup yang sulit dan menantang, sekaligus memberi pemain tanggung jawab untuk menjalankan koloni luar angkasa yang berbasis di Mars. Ada banyak keputusan yang harus dibuat pada game ini dan pemain harus bisa memastikan jika rakyat mereka dapat menguasai berbagai keahlian agar koloni bisa berkembang dan aman dari penjajah.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Game Hewan Peliharaan Virtual Terbaik

5. Anno 1800

https://www.youtube.com/embed/UowsqoV0egc

Tidak ada begitu banyak game yang berlatar di era Revolusi Industri. Sebagai periode sejarah yang dinamis, kompleks dan penuh dengan perubahan sosial, ekonomi serta politik, kemungkinan yang dihadirkan era Revolusi Industri sangat tak terbatas.

Anno 1800 menjadi game yang secara mengejutkan berhasil merangkum semua kompleksitas era Revolusi Industri dengan menempatkan pemain ke dalam posisi pemimpin perusahaan industri dan gubernur. Anno 1800 benar-benar menawarkan suasana yang unik sekaligus menantang.  

6. Age Of Empires Series

https://www.youtube.com/embed/QFlVNtGJVDU

Meski lebih berfokus pada elemen Real Time Strategy (RTS), Age Of Empires tetap menjadi salah satu seri yang berisi mekanisme pembangunan kota terbaik dalam video game. Setiap game pada seri ini berlatar di era dan lokasi geografis yang berbeda, meski semuanya mengikuti prinsip dasar yang sama yaitu bertahan, membangun dan tumbuh.

Gameplay yang diusung menarik dan menantang namun menghibur di saat yang bersamaan. Tidak ada opsi lain bagi pencinta sejarah selain mencicipi seri game menakjubkan yang satu ini.

7. Flotsam

https://www.youtube.com/embed/KxUMkWQizTk

Flotsam menjauhkan pemain dari latar permukaan tanah, dan sebagai gantinya, menempatkan pemain di dunia yang terendam banjir. Lingkunan unik ini membuat Flotsam jadi lebih spesial, terutama jika digabungkan mekanisme gameplay-nya yang unik.

Apa yang dimulai sebagai game bertahan hidup, berubah menjadi game membangun kota, sebelum berakhir sebagai game dengan pesan terhadap lingkungan. Flotsam jadi satu dari sedikit game yang di satu sisi menyenangkan, namun di satu sisi punya pesan yang begitu dalam.

8. Dawn Of Man

https://www.youtube.com/embed/02i1_wXdf7M

Dawn Of Man memberikan gambaran kepada pemain mengenai bagaimana masyarakat dan peradaban dibangun pada awalnya. Game ini membawa pemain kembali ke era prasejarah, dan menantang pemain untuk bertahan hidup sekaligus membangun koloni di Zaman Besi. Apa yang membuat game ini sangat unik adalah item yang biasanya sepele di game membangun kota lain seperti pakaian dan kayu, menjadi sangat penting dan dapat menjadi penentu kelangsungan hidup koloni pemain.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi berbagai game membangun kota terbaik dengan tema unik. Semua game di atas tersedia di PC dan bisa kamu unduh via toko game digital seperti Steam dan Epic Games Store. Happy gaming!

Baca Juga: 7 Game Simulasi Kedai Kopi Kekinian Terbaik, Main yuk!

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya