Comscore Tracker

7 Game Android Ini Ajak Pemainnya Jelajahi Dunia Alternatif Menarik

Bisa jadi pilihan 'traveling virtual' dari rumah

Pandemi yang tak berkesudahan ini memaksa banyak orang untuk ‘terjebak’ di dalam rumah tanpa bisa menjelajahi dunia luar seperti biasanya. Untungnya, terperangkap di rumah bukan berarti tidak bisa menikmati suasana yang baru.

Seperti beberapa game di daftar ini contohnya, yang memungkinkan pemain untuk mengeksplorasi dunia alternatif yang sangat menarik. ‘Masuk’ ke dalam dunia karangan pada beberapa game ini mungkin tidak sebaik dunia nyata, namun setidaknya dalam kondisi menjenuhkan seperti sekarang, ini bisa menjadi obat penghilang penat untuk sesaat.

1. Seashine

https://www.youtube.com/embed/6BnFJI5UU7Y

Gelap dan misterius, Seashine terasa seperti perpaduan antara Finding Nemo dan genre horor. Pada dunia Seashine, pemain berperan sebagai seekor ubur-ubur kecil yang sedang mencari jalan keluar dari sebuah gua bawah laut.

Tidak mudah, pemain harus keluar dari gua secepatnya sebelum cahaya yang menyinari gua menghilang dan mengundang ikan-ikan besar untuk memakan karakter pemain. Pada dasarnya, Seashine sangat sederhana dan fakta bahwa pemain diajak untuk menjelajahi dunia fantasi bawah laut gelap yang penuh makhluk-makhluk ‘menyala’ membuatnya jadi lebih menarik lagi.

2. Feist

https://www.youtube.com/embed/Bj9vK75qB_w

Feist merupakan game yang tidak hanya menyeramkan saja, namun juga ‘imut’ dan menawan. Feist mengusung genre aksi petualangan dengan perspektif side-scroller dan animasi gerakan karakter yang mulus. Membawa tema dunia dongeng yang gelap, Feist berlatar di hutan mistis penuh tanda tanya.

Pemain sendiri bermain sebagai makhluk berbulu dengan misi untuk menyusuri hutan demi bisa menyelamatkan pasangannya. Dalam prosesnya, pemain juga akan dihadapkan dengan makhluk berbahaya yang bersembunyi di balik kegelapan. Kontrol yang mudah juga membuat game ini jadi sangat mudah dikuasai.

3. Mars: Mars

https://www.youtube.com/embed/VsusplZ0_RM

Mars: Mars mungkin bukanlah game yang benar-benar berfokus pada eksplorasi seperti halnya banyak game di daftar ini, namun gameplay-nya yang menarik membuatnya layak berada di daftar ini. Bisa diunduh secara gratis, Mars: Mars yang notabene menggunakan perspektif kamera dari samping atau side-scroller, menugaskan pemain untuk memandu seorang astronaut menjelajahi planet Mars. Meski terkesan sederhana, Mars: Mars sejatinya tidaklah mudah karena jetpack yang digunakan untuk menavigasikan karakter pemain, harus dioperasikan di waktu yang tepat ketika melompat dari satu platform ke platform lain.

Baca Juga: 7 Game dengan Lebih dari Satu Ending, Bisa Ditamatkan Berkali-kali

4. OPUS: Rocket Of Whispers

https://www.youtube.com/embed/5QxvKXaJ7SA

OPUS: Rocket Of Whispers merupakan game dengan cerita yang kuat di mana narasi yang diusung berkisah mengenai harapan dan ketekunan dalam menghadapi menurunnya peradaban pasca pandemi. Untuk premis utamanya sendiri berpusat pada sepasang karakter yang melakukan perjalanan untuk mencari potongan roket yang rusak.

Tujuannya? untuk membantu jiwa orang mati mencapai bintang melalui roket tersebut. Yang menarik lagi dari game ini adalah fakta bahwa pemain bisa memilih untuk bermain dalam mode reguler (biasa) atau story (dengan narasi permainan yang lebih kompleks).

5. The Trail

https://www.youtube.com/embed/RQvEDWZwUkQ

The Trail cocok untuk mereka yang sedang mencari game open-world RPG yang bebas di mana pemain bisa membuat karakter sendiri, membuat persediaan, berburu hewan, berdagang, membangun hunian dan berinteraksi dengan pemain lain. Game yang satu ini berlatar di hutan belantara luas yang belum terjamah dan pemain berperan sebagai penjelajah tanpa nama, yang harus menuju Eden Falls untuk memulai kehidupan baru.

Kontrol game ini mungkin tidak begitu intuitif, namun begitu menguasainya, bisa dioperasikan dengan sangat mudah. Plus, game ini juga sangat minim iklan.

6. Pavilion: Touch Edition

https://www.youtube.com/embed/uPNAQi0Y-Ic

Dipasarkan sebagai game puzzle petualangan, Pavilion: Touch Edition merupakan versi mobile dari Pavilion yang sempat dirilis di PC pada tahun 2016. Ini berbayar namun dengan gameplay, bentuk dunia dan visual yang diusungnya, ini sangat layak untuk dibeli.

Pada game ini, pemain memiliki misi untuk menavigasikan seorang karakter menyusuri serangkaian labirin. Melalui labirin tersebut, pemain akan dihadapkan dengan lorong tersembunyi, kuil misterius yang ditinggalkan dan banyak lagi. Ini pada dasarnya agak mirip dengan Monument Valley, namun dengan dunia dan karakter yang lebih kompleks.

7. Samorost 3

https://www.youtube.com/embed/7m8cS-zBeBw

Yang terakhir adalah Samorost 3 – game hampir aneh dengan animasi memukau yang membawa genre petualangan dengan elemen puzzle. Dari penampilan visualnya, Samorost 3 nampak seperti film garapan Studio Ghibli.

Tidak begitu kompleks, narasi pada Samorost 3 didorong oleh cerita makhluk berjenis gnome yang melakukan perjalanan melalui dunia fantasi yang unik untuk menemukan asal usulnya yang misterius. Pada game ini, pemain juga dapat berinteraksi dengan makhluk sekitar menggunakan sebuah seruling dan menjelajahi setiap sudut dunia untuk menemukan objek tersembunyi.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi game Android yang ajak pemainnya menjelajahi dunia alternatif menarik. Kecuali Pavilion dan Samorost 3, semua game di atas bisa diunduh secara gratis (dan juga tersedia di App Store bagi pengguna ‘sistem operasi sebelah’ yang mungkin tertarik).

Baca Juga: 7 Game RPG Terbaik untuk Nintendo Switch, Harus Coba!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya