Comscore Tracker

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcade

Beberapa berhasil tumbuh jadi seri game yang luar biasa

Sebelum konsol seperti PlayStation dan Xbox menghiasi industri video game, bermain game menjadi salah satu aktivitas yang sulit, terutama untuk game-game terbaru. Saat itu, konsol memang sudah lahir, tetapi harganya cukup mahal dan tidak bisa dijangkau oleh sebagian besar orang.

Alhasil, banyak yang kemudian beralih ke alternatif lain, yaitu mesin arcade. Kontribusi mesin arcade di industri game sangatlah besar dan beberapa game saat ini awalnya memulai “kisahnya” di mesin arcade. Berikut beberapa di antaranya.

1. Tetris

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcadeilustrasi Tetris (digitalspy.com)

Tetris menjadi salah satu game dengan sejarah pengembangan paling menarik. Game ini pertama kali dikembangkan oleh seorang bernama Alexey Pajitnov di Uni Soviet, untuk sekadar bersenang-senang.

Pasca sangat populer, barulah Alexey akhirnya menjual hak untuk game buatan yang kemudian banyak perusahaan yang merilis beberapa versi Tetris di mesin arcade. Sulit untuk menjelaskan secara rinci sejarah kepemilikan Tetris, tetapi perusahaan besar seperti Nintendo sempat memilikinya.

2. Donkey Kong

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcadeilustrasi Donkey Kong (bonusstage.com.br)

Sebelum masuk ke dalam industri video game, Nintendo berdiri sebagai perusahaan trading card. Butuh beberapa dekade sebelum akhirnya Nintendo membuat game pertama mereka.

Salah satu yang paling populer tidak lain tidak bukan adalah Donkey Kong yang pertama kali dirilis pada 1981 di mesin arcade. Selain sangat terkenal kala itu, Donkey Kong juga punya cerita menarik karena menjadi debut untuk karakter Mario. Namun kala itu, Mario yang kini telah menjadi maskot untuk Nintendo hadir sebagai karakter yang belum memiliki nama.

3. Super Mario Bros.

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcadeilustrasi Super Mario Bros. (gamespot.com)

Hanya ada sedikit yang mengetahui jika game pertama Super Mario Bros. pertama kali dirilis di mesin arcade. Sebelumnya, banyak yang mengira jika game platformer yang menampilkan dua saudara, yaitu Mario dan Luigi, pertama kali diluncurkan di Nintendo Entertainment System (NES).

Usut punya usut, Super Mario Bros. saat itu sangatlah terkenal sehingga Nintendo akhirnya memutuskan untuk tidak menunggu lama dan langsung mengadaptasinya ke dalam versi konsol.

Baca Juga: 7 Game Multiplayer Gratis untuk Dimainkan di Nintendo Switch

4. Metal Slug

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcadeilustrasi Metal Slug (everyeye.it)

Game Metal Slug pertama dirilis pada 1996 oleh Nazca Corporation di mesin arcade. Pasca kesuksesannya di mesin arcade, Metal Slug kemudian dirilis lebih banyak platform seperti PlayStation 2, Xbox, Nintendo Switch dan banyak lagi.

Metal Slug terus dirilis secara rutin sejak 1996 dengan salah satu yang terbaru adalah versi iOS. Metal Slug menjadi contoh dari bagaimana satu game bisa berkembang menjadi seri game populer dengan banyak entri yang begitu dicintai.

5. Contra

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcadeilustrasi Contra (thailandesportclub.com)

Contra sejauh ini masih menjadi salah satu game terlaris sepanjang masa. Contra pertama kali dihadirkan oleh Konami pada 1986 dan menjadi salah satu game tersulit sekaligus yang paling banyak dimainkan di mesin arcade.

Dua tahun setelah perilisannya di mesin arcade, Konami lalu merilisnya di konsol, yaitu NES. Sejak saat itu, Contra tumbuh menjadi salah satu seri game luar biasa yang masih bertahan hingga kini, dengan game pertamanya masih berada di jajaran teratas yang paling sulit.

6. Battletoads

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcadeilustrasi Battletoads (voguegroup.ru)

Ada banyak gamer yang mengira jika Battletoads pertama kali dirilis pada 2020 kemarin. Padahal, game tersebut merupakan sekuel dari game pertama Battletoads yang telah ada sejak 1991 silam.

Pada masanya, Battletoads merupakan salah satu game beat-em-up terbaik di mesin arcade. Game tersebut sangat dicintai tidak hanya karena atmosfernya yang lucu dan nyeleneh, tetapi juga mekanisme combat solid di mana pemain punya banyak opsi serangan menggunakan kombinasi tombol dan analog.

7. Soul Calibur

Tak Banyak Orang Tahu, 7 Game Ini Awalnya Merupakan Game Arcadeilustrasi Soul Calibur (gamereactor.eu)

Beberapa game fighting memulai kisahnya di mesin arcade, dengan yang paling populer seperti Street Fighter dan Mortal Kombat. Selain dua game itu, Soul Calibur ternyata juga pertama kali diluncurkan di mesin arcade pada 1995.

Kala itu, Soul Calibur tidak berjudul demikian, melainkan Soul Edge. Barulah sekuelnya yang dirilis pada 1998 mengadopsi nama Soul Calibur. Sejak saat itu, Soul Calibur menjadi game fighting yang sangat terkenal, baik untuk dimainkan sendiri maupun dipertandingkan dalam kompetisi atau turnamen.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa game yang awalnya merupakan game arcade. Ada berapa banyak dari daftar game di atas yang pernah kamu mainkan?

Baca Juga: 7 Game Indie Paling Sulit, Berani Coba?

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya