Comscore Tracker

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!

Lima di antaranya merupakan game eksklusif

Terlepas dari fakta bahwa salah satu konsol next-gen yaitu PlayStation 5 akan dirilis akhir tahun ini, PlayStation 4 masih menjadi salah satu konsol terkuat dengan jajaran game luar biasa. Spesifikasi yang dimiliki PS4 mungkin terbatas, namun nyatanya, konsol kebanggaan Sony yang telah terjual hingga lebih dari 100 juta unit ini, mampu menjalankan game dengan visual megah.

Dalam satu dekade terakhir misalnya, ada banyak game PS4 – terutama eksklusif – yang menghadirkan presentasi visual terbaik dan memanjakan mata. Bagi kamu gamer pemuja ‘kualitas grafis’, berikut 7 game PS4 dengan visual terbaik dalam sedekade terakhir.

1. Until Dawn

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!pushsquare.com

Dirilis pada tahun 2015, Until Dawn merupakan game horor interaktif yang punya ‘cara kerja’ seperti seri The Walking Dead dari Telltale. Ini dikembangkan oleh Supermassive Games menggunakan Decima Engine, yang juga digunakan di Horizon Zero Dawn dan Death Stranding.

Until Dawn menggunakan teknologi facial capture dan motion capture untuk memberikan nuansa layaknya film Hollywood. Teknik pencahayaan realistis serta detail kecil seperti pakaian, pori-pori kulit dan rambut yang benar-benar bergerak, juga memberikan pengalaman visual yang memanjakan mata.

2. Bloodborne

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!vgr.com

Bloodborne merupakan game eksklusif PS4 yang dirilis pada tahun 2015 oleh FromSoftware – developer di balik seri Dark Souls. Art-design luar biasa yang sebelumnya FromSoftware implementasikan ke seri Dark Souls, tertransfer dengan sempurna ke latar Lovecraftian yang dimiliki Bloodborne.

Dunia pada Bloodborne digarap dengan sedemikian apik lewat kondisi yang kumuh, misterius dan mengancam. Selain itu, kain dan bulu pada karakter utama dan juga musuh, juga tergambar dengan realistis. Di luar itu, satu hal yang patut diapresiasi adalah desain monsternya yang nampak kreatif dan mengerikan.

3. Uncharted 4: A Thief’s End

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!gamesradar.com

Ketika dirilis pada tahun 2014, Uncharted 4: A Thief’s End menjadi game yang menunjukkan seberapa hebat PS4 dalam memberikan visual yang megah kepada pemain. Naughty Dog selaku developer benar-benar pintar dalam menghadirkan pengalaman gaming sinematik memukau, yang berjalan optimal di konsol ‘seterbatas’ PS4.

Model karakter pada Uncharted 4 nampak lebih realistis dari pendahulunya, lengkap dengan animasi wajah yang kini terlihat lebih hidup. Detail lingkungan tetap jadi yang terbaik di Uncharted 4, mulai dari pasar yang padat hingga hutan Madagaskar yang terlihat sangat menakjubkan.

Baca Juga: 7 Game PS4 Terbaru yang Rilis Tahun 2020, Mana yang Paling Dinantikan?

4. God Of War

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!playfrance.com

God Of War yang dirilis pada tahun 2018 untuk PS4, merupakan reboot dan sekuel yang memperbarui seri menjadi game aksi modern dengan peningkatan di segala sisi. Peningkatan terbesar berada di visual, dengan art-style yang kini lebih luar biasa dan adegan pertarungan sinematik yang digarap dengan lebih ‘personal’.

Dunia mitologi Nordik yang baru, tergambar dengan megah di samping monster-monster menawan yang dapat menghidupkan imajinasi pemain akan mitologi asal Eropa Utara itu. Kratos di sini juga nampak lebih detail berkat polesan kulit, rambut dan armor yang lebih realistis.

5. Marvel’s Spider-Man

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!ign.com

Dirilis pada tahun 2018, Marvel’s Spider-man merupakan game aksi petualangan yang dikembangkan oleh developer Ratchet & Clank – Insomniac Games. Game yang mengusung konsep dunia terbuka ini dianggap sebagai salah satu game adaptasi Spiderman terbaik dan paling memikat secara visual.

Animasi gerakan mengayun Spidey di antara gedung-gedung di New York nampak begitu fleksibel dan sesuai dengan yang selama ini ada di film maupun komik. Tidak hanya itu saja, detail pada jalanan, mobil, NPC dan yang paling penting kostum Spidey, juga tidak pernah gagal dalam membuat pemain terkesan.

6. Horizon Zero Dawn

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!gamezalley.com

Dibuat oleh kreator seri Killzone yaitu Guerilla Games, game open-world action RPG – Horizon Zero Dawn mengejutkan setiap gamer dengan dunia yang indah, visual yang kaya akan detail dan karakter utama yang hebat. HZD menjadi game yang menunjukkan seberapa besar potensi Decima Engine sampai-sampai Hideo Kojima memilihnya sebagai game engine utamanya untuk game terbarunya – Death Stranding. Fakta bahwa visualisasi pada detail lingkungan, animasi karakter, pencahayaan di HZD bekerja dengan optimal dari awal hingga akhir merupakan pencapaian yang mencengangkan.

7. Death Stranding

7 Game PS4 dengan Visual Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Bikin Betah!shanethegamer.com

Death Stranding dirilis pada tahun 2019 dan menjadi game pertama Hideo Kojima pasca keluar dari Konami. Decima Engine yang dikombinasikan dengan ide jenius sekaligus gila dari Kojima, melahirkan salah satu game paling penuh tanda tanya sekaligus paling memikat di mata secara visual.

Death Stranding punya dunia terbuka yang lebih detail dan imersif dari HZD dan karakter dengan emosi wajah terbaik yang bisa ditemukan di industri gaming saat ini. Sekali lagi, melampaui apa yang sebelumnya dilakukan HZD, Death Stranding menetapkan standar baru untuk apa yang bisa dicapai suatu game di PS4.

Demikian tadi ulasan menarik mengenai game PS4 dengan visual terbaik dalam sedekade terakhir. Dari tujuh game di atas, Horizon Zero Dawn dan Death Stranding jadi yang dikonfirmasi akan masuk PC tahun ini dan gamer berkesempatan untuk kembali menikmati kualitas visual keduanya dalam level terbaik melampaui konsol.

Baca Juga: 7 Game PS4 Tersingkat yang Bisa Selesai dalam Waktu Kurang dari 10 Jam

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya