Comscore Tracker

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!

Nomor 3 jadi yang paling populer di kalangan gamer PS2!

Konsol game terlaris sepanjang masa – PlayStation 2, membantu kesuksesan industri video game secara keseluruhan. Selain fakta bahwa konsol fenomenal itu telah dibekali dengan dukungan DVD player bawaan, PS2 juga memiliki katalog game yang luar biasa, seperti Devil May Cry, God of War, Hitman, Metal Gear Solid, Splinter dan banyak lagi.

Selain game-game aksi dan petualangan, PS2 juga jadi “rumah” bagi banyak game FPS fantastis yang berjaya pada masanya, berkat kualitas cerita, gameplay maupun visual. Berikut 7 game FPS terbaik untuk PS2!

1. Killzone

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!ilustrasi Killzone (gamesradar.com)

Entri pertama dari salah satu game FPS eksklusif terbaik untuk PlayStation yaitu Killzone, dikembangkan oleh Guerilla Games dan dirilis pada akhir 2004. Game FPS ini mengajak pemain ke 2357, 300 tahun setelah perang nuklir menghancurkan bumi. Killzone berusaha untuk menonjol dari kebanyakan game FPS untuk PS2 dengan berusaha menghadirkan pengalaman yang lebih sinematik.

Guerilla Games untungnya berhasil mengeksekusi ambisi itu dengan desain visual dan audio yang istimewa pada masanya. Namun bukan tanpa kekurangan, Killzone tetap mendapat kritik terutama untuk bagian musuh AI dan performa teknis.

2. Brothers in Arms: Road to Hill 30

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!ilustrasi Brothers in Arms: Road to Hill 30 (ign.com)

Brothers in Arms: Road to Hill 30 meluncur pada Maret 2005 silam dan menjadi awal dari dimulainya seri Brother in Arms yang luar biasa. Pasca Road to Hill 30, seri Brothers in Arms mendapat lebih dari 10 game lainnya, dengan yang terbaru adalah Brothers in Arms: Sons of War yang dirilis untuk mobile pada 2014.

Terlepas dari banyaknya game Brothers in Arms, Road to Hill 30 yang digarap oleh Gearbox Software hingga kini masih dianggap sebagai yang terbaik. Salah satu alasannya adalah karena mekanisme manajemen skuad yang diusung, dinilai unik pada masanya, terutama untuk sebuah game FPS yang dirilis di PS2.

3. Black

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!ilustrasi Black (gamesradar.com)

Jika Michael Bay mengerjakan sebuah video game, maka game tersebut adalah Black. Game yang satu ini dianggap sebagai salah satu game dengan visual terbaik di PS2, di samping memiliki efek audio berkualitas tinggi dan menggunakan aktor sungguhan pada cutscene. Criterion Games selaku developer membuat Black sebagai versi FPS dari salah satu game balap terbaik mereka lainnya yaitu Burnout.

Karenanya, tak mengherankan jika Black juga dilengkapi dengan banyak momen penuh aksi, seperti Burnout. Hingga kini, Black masih dianggap sebagai salah satu game FPS paling menakjubkan dan sinematik di PS2.

Baca Juga: 7 Game FPS Retro yang Bisa Dimainkan di Konsol Next-gen

4. Call of Duty 3

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!ilustrasi Call of Duty 3 (gamesradar.com)

Sebelum seri Modern Warfare yang memodernisasi Call of Duty, terdapat trilogi original dengan Call of Duty 3 sebagai penutupnya. Game rilis 2006 yang diluncurkan eksklusif untuk konsol termasuk PS2 ini, memiliki mode single-player yang terbagi kedalam empat bagian yaitu Amerika, Inggris, Polandia dan Kanada.

Mode single-player atau campaign pada Call of Duty 3 berlatar di Perang Dunia 2, yang membantunya menjadi salah satu game FPS dengan latar sejarah terbaik pada kala itu. Sama seperti Black, Call of Duty 3 juga memaksimalkan potensi dari PS2 untuk menghadirkan kualitas visual yang fantastis.

5. Half-Life

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!ilustrasi Half-Life (rockpapershotgun.com)

Half-Life menjadi salah satu game PC terkenal yang karena popularitasnya, akhirnya juga di-porting ke PS2. Versi PS2 dari game garapan Valve ini hadir dengan visual dan desain level yang kualitasnya ditingkatkan. Di PC, Half-Life dipuji karena sistem combat realistis, elemen puzzle cerdas dan cerita solid yang dimilikinya, terintegrasi dengan sangat baik kedalam gameplay-nya.

Pada 2007, IGN bahkan memasukkan Half-Life ke dalam satu dari 10 game paling berpengaruh sepanjang sejarah industri video game, bersama dengan sejumlah game lain seperti Space Invaders dan Super Mario 64. Kini, Half-Life menjadi inspirasi bagi banyak game bergenre FPS.

6. Red Faction

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!ilustrasi Red Faction (playstationlifestyle.net)

Red Faction mengajak pemain untuk menjelajahi petualangan futuristik di planet Mars. Salah satu nilai jual utama game ini adalah kemampuannya dalam menghadirkan dunia atau lingkungan yang dapat dihancurkan.

Kala itu, dunia atau lingkungan semacam itu sangat jarang ditemukan terutama di PS2 dan lewatnya, Red Faction jadi dipuji oleh banyak pemain maupun kritikus. Selain karena elemen menarik yang dibawanya, Red Faction juga berhasil karena Volition selau developer, membuat cerita original yang kemudian membuka jalan lebih besar bagi cerita yang lebih kompleks dalam industri video game.

7. Battlefield 2: Modern Combat

7 Game FPS Terbaik untuk PS2, Juara pada Masanya!ilustrasi Battlefield 2: Modern Combat (alchetron.com)

Kehadiran Battlefield 2: Modern Combat membantu PS2 untuk memperkenalkan game bergenre FPS dengan pendekatan yang lebih berbeda. Game yang satu ini revolusioner karena memungkinkan pemain untuk “bermain” di area atau map yang masif, di samping dapat mengendalikan berbagai macam kendaraan dalam yang mode berisi banyak pemain.

Bersama dengan gameplay yang lebih realistis dan taktis, Battlefield 2 mencoba berbeda dari game FPS militer kebanyakan yang umumnya jauh lebih “arcade”. Karenanya, tak heran jika game garapan EA ini dinilai oleh banyak orang sebagai salah satu game FPS terbaik di PS2.

Demikian tadi ulasan mengenai game FPS terbaik di PS2 yang juara pada masanya. Dari 7 game di atas, ada yang sudah pernah kamu mainkan?

Baca Juga: 7 Alternatif Game FPS Terbaik untuk Pencinta Valorant

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya