Comscore Tracker

7 Game Horor Mengerikan yang Terinspirasi Cerita Rakyat

Ada dari Indonesia juga loh!

Genre horor pada video game mengalami revolusi yang masif dengan kehadiran seri game seperti Silent Hill dan Resident Evil yang melahirkan banyak game berkelas yang sukses menjadi mimpi buruk bagi para pemain. Selain lewat imajinasi horor yang dimiliki oleh para developer, tak jarang game horor di luar sana mengambil inspirasi dari cerita rakyat populer yang elemen mistis dan horornya tidak perlu diragukan lagi. Jika kamu tertarik dengan berbagai game horor semacam itu, berikut 7 di antaranya yang direkomendasikan untuk kamu mainkan.

1. Detention

https://www.youtube.com/embed/hHfDhFng3aY

Detention berlatar di Taiwan tahun 1960-an, pada masa di mana negara tersebut harus menghadapi trauma pasca perang dunia ke-2. Penggambaran rasa trauma itu digambarkan lewat simbol dan kehadiran makhluk mengerikan dari cerita rakyat setempat.

Pada game ini, pemain berperan sebagai seorang murid bernama Ray, yang terjebak sendirian di sebuah sekolah yang berlokasi di kawasan pegunungan terpencil. Selain harus melawan teror demi teror yang diberikan oleh makhluk jahat yang menghantui tempat tersebut, perlahan tapi pasti, pemain juga diajak untuk mengungkap masa lalu kelam dari sekolah terkutuk itu.

2. Pamali: Indonesian Folklore Horror

https://www.youtube.com/embed/SRu0mF4OqyY

Pamali: Indonesian Folklore Horror mengajak pemain untuk merasakan horornya hantu-hantu legenda Indonesia dalam balutan game indie berkualitas tinggi. Pada game ini, pemain bisa merasakan empat kisah mengerikan yang berbeda, dengan masing-masing menawarkan keberagaman horor yang juga tak sama.

Hantu-hantu populer di Indonesia seperti Kuntilanak, Pocong, Tuyul dan Leak, jadi “bintang utama” pada game ini. Yang menarik, selain punya atmosfir yang menyeramkan, game yang satu ini juga mengusung elemen investigasi pada gameplay-nya dan punya lebih dari satu ending.

3. DreadOut Series

https://www.youtube.com/embed/SWQAHcwcCE8

Selanjutnya adalah DreadOut Series, yang sama seperti Pamali: Indonesian Folklore Horror, dikembangkan dan mengusung legenda hantu dari Indonesia. DreadOut sendiri berkisah mengenai seorang pelajar sekolah menengah bernama Linda, yang kesehariannya selalu diganggu dengan hantu atau roh yang menakutkan.

Game pertama DreadOut menceritakan Linda dan teman-temannya yang terjebak di sebuah kota terbengkalai yang dipenuhi dengan hantu-hantu jahat. Berbekal indra ke-enam dan kamera HP, Linda memburu dan mengusir hantu seperti Kuntilanak untuk bisa melarikan diri dan selamat.

Baca Juga: 7 Game Horor Menyeramkan di mana Pemain Jadi Antagonis

4. Fatal Frame Series

https://www.youtube.com/embed/Iqk_krIaAog

Fatal Frame Series memiliki premis yang sama seperti DreadOut, di mana ada banyak game di seri tersebut dengan sang protagonis utama memiliki “senjata” berupa kamera yang dapat digunakan untuk mengusir roh atau hantu yang mengganggu. Ide dibuatnya Fatal Frame terinspirasi dari kisah horor di cerita rakyat Jepang dan pengalaman paranormal personal dari sang kreator.

Mansion Himuro pada game pertamanya bahkan didasarkan pada legenda Jepang tentang rumah berhantu dengan nama yang sama. Diceritakan bahwa penghuni rumah tersebut memilih seorang gadis untuk dikorbankan setiap 50 tahun sekali.

5. Home Sweet Home

https://www.youtube.com/embed/R-vYl7grT5Q

Game survival horor—Home Sweet Home, membawa mitologi horor dan cerita rakyat Thailand lewat kacamata protagonis bernama Tim. Dalam kondisi kehidupan yang berubah pasca istrinya menghilang secara misterius, Tim mendapat dirinya berkali-kali “terlempar” ke lokasi-lokasi mengerikan.

Home Sweet Home menghadirkan berbagai hantu dan setan yang dikenal di cerita rakyat Thailand seperti Preta yang juga disebut hantu lapar sebagai hukuman karena telah serakah semasa hidupnya dan Krasue, hantu kepala terbang beserta jeroannya yang di Indonesia juga dikenal sebagai kuyang.

6. Ikai

https://www.youtube.com/embed/L1wgKCysTB8

Jadi game yang paling baru saja dirilis di daftar ini, Ikai menjadi tambahan yang mengerikan untuk game dengan genre horor psikologis. Terinspirasi dari cerita rakyat Jepang dan berlatar di Jepang era Feodal, game ini menempatkan pemain ke dalam posisi pendeta kuil bernama Naoko, yang dibawa ke alam neraka yang penuh dengan yokai (makhluk mitologi dari cerita rakyat Jepang).

Melalui kekuatan segel, Naoko punya misi untuk mengusir puluhan yokai agar bisa kembali ke dunianya. Di samping misi utama itu, pada game ini, pemain juga akan menemukan rahasia baru mengenai keluarga Naoko.

7. Mundaun

https://www.youtube.com/embed/8w4hdxvNiFA

Mundaun garapan Hidden Fields bukanlah game horor seperti kebanyakan karena karakter dan lokasi mengerikan yang ditawarkan oleh game ini, digambarkan lewat gaya visual gambar pensil yang minimalis. Berlatar di Pegunungan Alpen di Swiss, karakter pemain punya tujuan untuk menyelidiki kematian misterius sang kakek, sebelum akhirnya mendapati ada yang lebih mengerikan dibalik kematian tersebut.

Selain cerita rakyat setempat, sejumlah novel juga dijadikan inspirasi oleh game ini. Salah satunya adalah novel berjudul “The Black Spider” yang menceritakan tentang seorang wanita yang membuat kesepakatan dengan iblis.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi game horor mengerikan yang terinspirasi dari cerita rakyat. Tertarik untuk menguji rasa takutmu dengan memainkan berbagai game di atas?

Baca Juga: 7 Game Horor Psikologis Paling Menguji Mental di 2022

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya