Comscore Tracker

7 Game MMORPG Terbaik di Berbagai Platform, Semuanya Gratis!

Cocok untuk main bareng

Dengan mekanik gameplay yang menarik dan fakta bahwa pemain disatukan dalam satu tempat untuk bermain bersama, tak heran jika Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) atau yang biasa disingkat MMORPG bisa laris manis di pasaran. Ini berlaku untuk semua platform mulai dari PC, konsol hingga mobile.

Kerennya lagi, mayoritas game MMORPG juga tidak free-to-start alias hanya gratis di awal seperti Worlds Of Warcraft dan Final Fantasy XIV, namun free-to-play alias bisa dimainkan sepuasnya secara gratis. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 game MMORPG terbaik di berbagai platform.

1. ArcheAge

https://www.youtube.com/embed/vAHWNpH9lpI

Platform: Windows

Jika kamu termasuk orang yang ingin menghabiskan puluhan hingga ratusan jam untuk bermain satu game, maka salah satu game MMORPG – ArcheAge, pantas untuk dilirik. Berbeda dengan game MMORPG kebanyakan, ArcheAge memiliki class yang bebas yang dengan kata lain, memungkinkan pemain untuk menciptakan karakter yang benar-benar unik.

Lebih lanjut, ArcheAge juga menawarkan dunia yang luas dan berbagai metode untuk menjelajahi setiap bagian di dunianya (termasuk via kapal bajak laut). Ini gratis dan bisa diunduh via situs resminya.

2. Black Desert Mobile

https://www.youtube.com/embed/7rrIBXJWOuQ

Platform: Android, iOS

Sementara versi PC dari Black Desert Online dipasarkan sebagai game berbayar, versi mobile-nya bisa diunduh dan dimainkan secara gratis. Dirilis pada akhir 2019, Black Desert Mobile menawarkan pengalaman penuh di layar yang lebih kecil sehingga pemain bisa memainkannya di manapun dan kapanpun.

Ini juga dilengkapi dengan sejumlah mekanik auto-play kontroversial seperti game MMORPG lain di platform mobile, dan pemain yang bermain secara gratis, tidak dapat bersaing di PvP tingkat tinggi. Opsi MMORPG mobile serupa lain adalah Lineage 2: Revolution dan Perfect World Mobile.

3. EVE Online

https://www.youtube.com/embed/sPFII3ozSHI

Platform: Windows, Mac, Linux

EVE Online merupakan game MMORPG berlatar luar angkasa yang baru-baru ini berubah menjadi free-to-play. Ini menjadi salah satu game MMO paling unik di pasaran, dengan semesta yang benar-benar masif dan ekonomi secara keseluruhan dikendalikan oleh pemain.

Benar memang jika terdapat mode berlangganan pada EVE Online, namun itu opsional dan tidak dibutuhkan untuk bisa menikmati gamenya secara utuh. Versi mobile-nya – EVE Echoes, akan segera dirilis dan nampaknya mengadaptasi segala yang terbaik pada EVE Online ke dalam platform yang lebih kecil.

4. Neverwinter

https://www.youtube.com/embed/VRJMNmVauXU

Platform: Windows, Xbox One, PlayStation 4

Neverwinter merupakan game MMORPG multi-platform pertama di daftar ini, yang sempurna bagi mereka para penggemar game tabletop RPG ikonik – Dungeons & Dragons. Awalnya, dunia dan gameplay-nya didasarkan pada ruleset edisi ke-4, dengan pembaruan besar pada tahun 2019 membawa narasi dan gameplay hingga edisi ke-5.

Update major itu juga merombak sistem class dan menyeimbangkan permainan, sehingga pemain yang kembali bermain akan menemukan banyak perubahan. Neverwinter tersedia baik di PC maupun konsol, namun sayangnya tidak mendukung cross-play.

5. Path Of Exile

https://www.youtube.com/embed/brZT-Qdg8TY

Platform: PC, Xbox One, PlayStation 4

Path Of Exile ‘melempar’ pemain ke dalam dunia fantasi gelap bernama Wraeclast. Pada game ini, pemain akan menemukan dirinya secara konsisten terus berusaha meningkatkan kemampuan karakter, baik dengan menjarah atau menemukan item yang lebih baik.

Selain dihuni dengan segudang item, Wraeclast juga dipenuhi dengan monster dan binatang buas untuk dilawan. Path Of Exile dikenal karena kustomisasi karakternya yang kompleks dan mendalam, serta fitur PvP hebat yang menempatkan pemain melawan pemain lain. Ini sepenuhnya gratis dan tersedia di tiga platform besar.

6. Star Wars: The Old Republic

https://www.youtube.com/embed/YdgmH9Vv2-I

Platform: Windows

Bagi penggemar Star Wars, The Old Republic jadi game MMORPG terbaik yang wajib dimainkan. Ini berlatar selama peristiwa perdamaian antara Sith Empire dan Galactic Republic. Bagi yang mengerti lore dari franchise Star Wars, The Old Republic menawarkan segudang konten narasi berkualitas tinggi, seperti yang bisa diharapkan dari BioWare selaku developer.

Versi gratisnya sudah lebih dari cukup dengan menyediakan 60 level, yang menawarkan playtime hingga ratusan jam. Terdapat opsi berlangganan untuk membuka sejumlah fitur secara permanen.

7. TERA

https://www.youtube.com/embed/EPyD8TTd7cg

Platform: Windows, PlayStation 4, Xbox One

The Exiled Realm of Arborea atau yang biasa disingkat TERA, merupakan game MMORPG dari Bluehole Studios yang dikenal dengan PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG. Ini memiliki elemen questing, crafting dan grinding seperti game MMO populer lain, namun yang membuatnya berbeda adalah combat yang lebih berfokus pada aksi.

Jadi, alih-alih auto-attack, pemain harus menyerang musuh secara manual dengan timing yang tepat serta pemanfaatan dodging yang baik. Dengan mekanisme combat seperti ini, TERA jadi sangat memuaskan ketika dimainkan menggunakan kontroler.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi game MMORPG gratis terbaik di berbagai platform. Sekali lagi, game di atas free-to-play alias bisa dimainkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Baca Juga: Jangan Ngaku Penggemar MMORPG Sejati Kalau kamu Belum Main 7 Game Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya