Comscore Tracker

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhir

Nomer 5 jadi yang paling fenomenal nih!

Terkadang, video game keluar dan itu tidak memberikan dampak apapun. Namun, hal semacam ini tidak selalu terjadi karena dalam satu dekade terakhir, gamer dihadiahi dengan segudang game hebat. Bahkan, tidak sulit untuk mengatakan bahwa sebagian besar di antaranya memberikan dampak yang nyata kepada industri video game untuk tahun-tahun yang akan datang.

Sejumlah game tersebut membuat salah satu industri hiburan terbesar di dunia ini, menjadi tempat yang berbeda. Berikut 7 game paling berpengaruh dalam sedekade terakhir.

1. Minecraft

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhirmedium.com

Game pertama di daftar ini adalah Minecraft yang tidak diragukan lagi juga jadi salah satu game paling berpengaruh sepanjang masa. Minecraft memberikan dampak yang besar kepada bagaimana kita sebagai pemain, berinteraksi dan berpikir dengan dunia yang ada di dalam permainan.

Crafting yang jadi salah satu elemen utama Minecraft, bahkan sangat tidak populer sebelum game buatan Mojang ini dirilis. Game terkenal lain seperti Rust, The Forest dan Conan Exiles, mungkin tidak akan pernah ada Minecraft tidak lahir ke industri video game.

2. The Elder Scrolls V: Skyrim

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhirwccftech.com

Bagi banyak pemain, The Elder Scrolls V: Skyrim merupakan game sempurna dengan dunia yang berkesan dan cerita yang epik. Saking populernya di kalangan gamer, Skyrim bahkan kerap kali dijadikan bahan candaan dalam bentuk meme, yang tersebar luas di seantero internet.

Terlepas dari banyak argumen bahwa Skyrim bukanlah judul terbaik di seri Elder Scrolls, tidak diragukan lagi bahwa kehadirannya membuat nama Elder Scrolls melambung tinggi. Tidak hanya itu saja, Skyrim juga menjadikan Bethesda sebagai salah satu developer RPG terbaik.

3. The Last Of Us

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhirgamevicio.com

Salah satu game single-player dengan kualitas gameplay terbaik dan cerita yang indah adalah The Last Of Us. Sebelum The Last Of Us, memang ada upaya dari banyak game untuk menghadirkan gameplay berkualitas tinggi dan pengalaman sinematik, namun tidak satu pun dari game tersebut, berhasil melampaui kualitas The Last Of Us.

Siapapun yang pernah memainkan game buatan Naughty Dog ini, pasti tidak akan dengan mudah melupakan Joel dan Ellie. Ikatan yang diciptakan antara Joel, Ellie dan pemain adalah sesuatu yang sejauh ini, belum bisa diikuti oleh game lain.

4. Dark Souls

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhirthenerdstash.com

Benar memang jika Demon Souls dirilis sebelum Dark Souls dan itu merupakan game yang hebat. Namun, Dark Souls merupakan game yang menempatkan From Software ke dalam jajaran developer paling berpengaruh dan mempopulerkan genre Souls yang kita kenal sekarang.

Game yang lebih baru seperti Nioh, Lords Of The Fallen hingga Jedi: Fallen Order, mungkin tidak akan pernah ada atau ada dalam bentuk yang berbeda, apabila Dark Souls tidak dirilis. Dan sama seperti Skyrim, kepopuleran Dark Souls membuatnya kerap kali dijadikan meme.

5. Fortnite

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhirdigiloup.com

Sebuah game yang bahkan non-gamer sekalipun tahu yaitu Fortnite, telah benar-benar menaklukkan pasar game online lewat visual imut dan sistem bangunan yang unik. Meski digempur dengan banyak game battle-royale serupa, Fortnite tetap menjadi yang populer dan membuktikan bahwa keunikannya membawanya ke peringkat teratas game battle-royale terbaik. Momentum kesuksesan Fortnite diprediksi tidak akan melambat sama sekali dalam waktu, dan menarik untuk melihat bagaimana game dari Epic Games ini berkembang di masa depan.

6. Outlast

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhirps4home.com

Meski bukan game pertama dari jenisnya, Outlast jelas menjadi salah satu yang paling bagus dan bertanggung jawab atas bangkitnya game horor first-person yang terus membanjiri pasar sejak saat itu. Outlast diberkahi dengan kemampuan untuk menciptakan pengalaman horor nyata dan mendalam, yang kala itu tidak begitu berhasil ditawarkan oleh game lain dengan genre serupa. Sejak saat itu, game horor lain nampak mengerti bagaimana cara membuat rasa takut secara nyata seperti yang disuntikkan Red Barrel Studio selaku developer ke dalam Outlast.

7. Dishonored

7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhirwarouse.org

Dishonored dari Arkane Studios mengambil formula yang familier dari Thief, namun dengan eksekusi yang lebih baik. Level design dari Dishonored berada di tingkat “masterclass”, terutama di bagian bagaimana pemain dibekali dengan banyak opsi kreatif untuk menyelesaikan setiap masalah.

Karenanya, Dishonored jadi menetapkan standar baru untuk dunia yang dinamis dan sistem pengambilan keputusan yang menarik. Ada begitu banyak aspek yang membuat Dishonored begitu mengagumkan dan itu benar-benar mengubah ekspektasi pemain dari genre open-world stealth.

Itulah tadi sedikit ulasan menarik mengenai game paling berpengaruh dalam sedekade terakhir. Tanpa kehadiran sejumlah game di atas, industri video game mungkin tidak akan seindah dan seluar biasa sekarang.

Baca Juga: Seram, 7 Game Horor Paling Memacu Adrenalin dalam 10 Tahun Terakhir!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya