Comscore Tracker

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?

Kabarnya Nintendo akan merilis varian Switch baru tahun 2021

Entah karena ketersediaan yang terbatas, harga yang tinggi atau kurangnya game baru di konsol next-gen, Nintendo Switch tetap jadi konsol terlaris di tahun 2020 terlepas dari kedatangan PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Meski begitu, Switch masih tertinggal jauh dalam hal spesifikasi maupun jenis game yang dijalankan.

Komponen yang diusung Switch bahkan kalah jauh dari konsol generasi sebelumnya seperti PS4 dan Xbox One. Karenanya, banyak fans yang berharap Nintendo melakukan sejumlah peningkatan atau menghadirkan hal baru pada Switch di tahun 2021 ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Spesifikasi baru

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?t3.com

Bukan rahasia umum lagi apabila Nintendo Switch punya spesifikasi yang rendah. Layarnya hanya beresolusi 4K di saat brand lain sudah mendorong 1080p hingga 4K ke resolusi standar konsol mereka.

Lalu, Switch juga punya penyimpanan internal yang hanya berkapasitas 32GB dan kekuatan GPU 1 teraflop, di saat konsol lain punya kekuatan 10 kali dari itu. Karenanya, tak heran jika banyak fans yang ingin Switch berikutnya punya spesifikasi yang lebih baik. Layar beresolusi 1080p mungkin telah lebih dari cukup, di samping penyimpanan dasar 128GB atau 256GB dan komponen internal yang gahar tetap hemat baterai.

2. Joy Con baru

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?cnet.com

Terlepas dari konsep menarik yang diusungnya, Joy Con telah menjadi masalah sejak pertama kali diluncurkan. Analog yang drift dan koneksi sering gagal jadi beberapa dari cukup banyaknya masalah yang dialami Joy Con.

Bahkan, Joy Con berada di titik di mana masalahnya menimbulkan sejumlah tuntutan hukum. Maka dari itu, Nintendo perlu merevisi Joy Con. Memberi analog yang lebih ‘sehat’, daya tahan baterai lebih lama dan desain ergonomis yang tidak mengorbankan fitur terbaik, jadi beberapa hal yang diinginkan oleh para fans.

3. Layanan Nintendo Switch Online yang lebih baik

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?reddit.com

Nintendo Switch Online merupakan layanan dengan sistem langganan untuk Switch yang sama seperti Xbox Live dan PlayStation Plus. Ini lebih murah namun tidak menawarkan keuntungan yang sama seperti pesaingnya. Salah satu yang paling utama adalah tidak adanya game gratis yang diberikan per bulan.

PS Plus memberi dua hingga tiga game modern setiap bulannya, sementara Xbox Live dengan Gold-nya membagikan perpaduan game modern dan retro. Nintendo sebenarnya menawarkan hal yang sama, namun hanyalah sejumlah game klasik dari konsol lawas seperti NES dan SNES.

Baca Juga: 7 Game RPG Terbaik untuk Nintendo Switch, Harus Coba!

4. Dukungan untuk layanan streaming

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?fanclubnetwork.com

Dari semua wishlist di daftar ini, keinginan akan hadirnya layanan streaming di Nintendo Switch jadi salah satu paling mungkin atau mudah untuk dilakukan. Tidak seperti PS4 dan Xbox One, Switch hanya mendukung aplikasi streaming umum seperti YouTube dan Hulu (yang bahkan tidak didukung di Indonesia).

Layanan unggulan seperti Netflix, Amazon Prime Video dan Disney+, sayangnya belum didukung. Untuk dua yang pertama, Nintendo memang belum angkat bicara namun yang terakhir, mereka telah berjanji bahwa Switch dalam waktu dekat akan mendukung layanan streaming itu.

5. Peningkatan pada Nintendo eShop

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?reddit.com

Salah satu masalah besar yang perlu diperbaiki Nintendo adalah eShop. Switch memang masih jauh dari kata all-digital, namun beberapa game indie tidak tersedia dalam bentuk fisik dan hanya tersedia secara digital di eShop. Sayangnya, pengalaman yang ditawarkan eShop tergolong buruk.

Menemukan game baru dan luar biasa seakan jadi misi tersendiri. Lalu, setiap penawaran menarik juga terkubur di bawah berbagai game buruk yang memanfaatkan diskon untuk tampil teratas. Selain user experience yang lebih ditingkatkan, fans juga menginginkan agar eShop punya fitur gift atau memberi hadiah ke pemain lain.

6. Rilis game yang lebih rutin

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?gamespot.com

Game adalah sumber kehidupan konsol manapun tak terkecuali Nintendo Switch. Namun dengan konsol next-gen yang bakal menghadirkan lebih banyak game hebat, Switch perlu terus merilis game baru jika masih ingin dilirik oleh para gamer.

Kabar baiknya, beberapa game luar biasa seperti Hyrule Warriors: Age of Calamity, Bayonetta 3, Metroid Prime 4 dan Pokemon Snap, siap mendatangi Switch tahun ini. Di samping itu, Switch juga tidak boleh melupakan berbagai game eksklusif yang notabene jadi salah satu nilai jual utama dari tiap konsol dari generasi ke generasi.

7. Opsi varian warna yang lebih beragam

Apa Saja yang Fans Inginkan dari Nintendo Switch di 2021?cnet.com

Kecuali Switch Lite yang punya tiga varian warna yaitu kuning, abu-abu, turquoise dan coral, Switch versi original hanya punya dua varian warna yakni merah biru dan hitam. Ini mungkin bukan masalah sebesar terbatasnya kapasitas penyimpanan internal atau kualitas Joy Con, namun fans tetap ingin jika Nintendo ke depannya merilis lebih banyak varian warna pada Switch versi original. Dan juga, akan sangat menarik apabila Nintendo juga mengeluarkan varian unik yang lebih beragam seperti ketika mereka langsung merilis varian Zacian dan Zamazenta di awal perilisan Switch Lite.

Demikian tadi ulasan mengenai apa saja yang fans inginkan dari Nintendo Switch di tahun 2021. Untuk kamu sendiri, apa yang kamu harapkan untuk hadir di Switch tahun ini?

Baca Juga: Rilis 2021, Ini 7 Hal yang Diinginkan dari Nintendo Switch Pro

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya