Comscore Tracker

5 Emulator Game di Android Ini Bisa Usir Bosanmu Kala #DiRumahAja

Hilangkan kejenuhan sekaligus bernostalgia 

Pandemi virus korona membuat masyarakat dihimbau untuk lebih sering menjalankan aktivitas di rumah. Ajakan yang kerap disebut dengan kampanye #DiRumahAja ini pun tak pelak membuat orang yang tak terbiasa berlama-lama di kediamannya merasakan kejenuhan.

Segelintir oknum pun akhirnya nekat bepergian meski hal tersebut tidak diperkenankan. Padahal, ada banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah dengan perasaan riang gembira. Bermain game misalnya. Biar makin betah, rekomendasi 5 emulator games yang keren ini patut kamu coba instal di perangkat Android kamu buat usir rasa bosanmu. Malah, sebagian mungkin bakal terbawa efek nostalgia dengan dibuatnya.

1. PPSSPP (Emulator PlayStation Portable)

5 Emulator Game di Android Ini Bisa Usir Bosanmu Kala #DiRumahAjappsspp.org

PPSSPP merupakan salah satu emulator paling populer di daftar kali ini. Sebab, emulator ini menawarkan kemampuan untuk mengemulasi judul-judul game PSP yang merupakan salah satu perangkat gaming portable yang sangat digandrungi di dunia. Lewat PPSSPP yang bisa kamu unduh gratis ini, game ikonik seperti God of War, Final Fantasy hingga Tekken bisa kamu coba sampai tamat hingga bagian akhir sepuasnya. Cara penggunaannya yang simpel turut membuat PPSSPP digemari. Kamu cukup me-load ROM game favoritmu, atur konfigurasi terbaik sesuai perangkat Android kamu, dan mainkan!

2. NES.emu (Emulator NES)

5 Emulator Game di Android Ini Bisa Usir Bosanmu Kala #DiRumahAjamalavida.com

Siapa yang tak kenal game Super Mario Bros original? Game yang termasyur berkat konsol NES besutan Nintendo ini akan bisa kamu jajal jika kamu pasang emulator NES.emu di ponsel Android kamu. Rangkaian memori indah judul-judul historis seperti Contra, Tetris, Donkey Kong, Pac-Man, hingga Megaman bisa mencuat kembali di ingatanmu. Sebagai emulator, NES.emu juga telah mendukung beberapa fitur seperti game yang sudah pre-loaded, fitur save permainan, sampai pengaturan kontrol yang fleksibel. Untuk harga, NES.emu dihargai sekitar 80 ribuan di Google Play Store

3. MD.emu (Emulator SEGA Mega Drive)

5 Emulator Game di Android Ini Bisa Usir Bosanmu Kala #DiRumahAjayoutube.com/Free-Emulator

SEGA mungkin tak sepopuler konsol racikan Nintendo atau PlayStation, tapi tidak demikian di hati para penggemarnya. Melalui emulator MD.emu, sejumlah game keluaran SEGA bisa kamu jalankan di smartphone Android kamu. Persyaratannya pun mudah, kamu cukup mengunduh MD.emu di aplikasi Google Play Store seharga sekitar 50 ribuan rupiah dan siapkan ROM game favorit untuk dimainkan. Fitur MD.emu juga tergolong komplit, mulai dari pemetaan kontrol, audio berkualitas tinggi yang di-master ulang, sampai dukungan gamepad tambahan guna meningkatkan pengalaman bermain.

Baca Juga: 7 Game Nintendo Switch Terlaris Sepanjang Masa!

4. ePSXe (Emulator PlayStation One)

5 Emulator Game di Android Ini Bisa Usir Bosanmu Kala #DiRumahAjaepsxe.com

Pecandu generasi paling awal dari PlayStation wajib coba emulator ePSXe. Karena selain piawai memainkan game legendaris dari semacam balap mobil ekstrem Twisted Metal sampai adu taktik sepakbola di Winning Eleven Series, ePSXe menyuguhkan cara instalasi yang kelewat sederhana. Tak perlu otak-atik segala macam, kamu cukup menyiapkan file game yang ingin dimainkan untuk selanjutnya segera beraksi. Pengembang ePSXe sendiri mematok harga sekitar 60 ribuan rupiah untuk hasil karyanya ini.

5. Dolphin (Emulator Nintendo Wii)

5 Emulator Game di Android Ini Bisa Usir Bosanmu Kala #DiRumahAjadolphin-emu.org

Emulator terakhir yang bisa kamu coba selain dari empat rekomendasi di atas adalah Dolphin. Tidak seperti emulator-emulator sebelumnya, nama Dolphin bahkan tidak terdengar seperti nama emulator karena tidak mencerminkan nama konsol yang diemulasikannya. Tapi jangan khawatir, Dolphin ternyata bisa memuat game-game dari konsol Wii dan GameCube lho. Kabar baiknya pula, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di aplikasi Play Store pada perangkat kamu.

Jadi, dari sekian emulator yang siap menjalankan game-game seru favoritmu, mana yang jadi pilihanmu? Atau malah ingin menjajal semuanya? Semoga rekomendasi tadi bisa melunturkan rasa bosanmu di rumah ya!

Baca Juga: 13 Emulator Android untuk PC & Mac, Bisa Buka Aplikasi HP di Komputer

Baree Photo Verified Writer Baree

All about mobile tech

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya