Comscore Tracker

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Dunia

Kalau mengaku gamer sejati, kamu wajib baca

Kalau seorang gamer, pastinya kamu tahu bahwa semua game yang telah kamu mainkan merupakan karya dari developer atau pengembang game. Nah, dalam sejarahnya, sudah ada banyak developer game yang melahirkan karya-karya besar meskipun banyak juga dari mereka yang tumbang dan gulung tikar.

Inilah beberapa developer atau pengembang game yang dianggap terbaik di dunia. Karya-karyanya banyak dipuji oleh kalangan gamers dari seluruh dunia. Apa saja, ya? Yuk, disimak!

1. Konami

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniakonami.com

Siapa sih yang gak kenal sama Konami? Ya, kalau kamu suka memainkan Pro Evolution Soccer atau PES, itu adalah salah satu game garapan Konami yang masih dianggap terbaik sampai detik ini. Konami didirikan pada 21 Maret 1969. Itu artinya, sudah lebih dari 50 tahun Konami telah berkontribusi dalam membuat banyak game berkualitas.

Menurut data keuangan yang disampaikan dalam laman Game Industry, pada 2019, Konami melaporkan pendapatan sebesar 2,3 miliar dolar AS atau setara Rp33 triliun. Pendapatan ini naik 9,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tak hanya di Jepang, Konami memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di Amerika, Australia, Tiongkok, dan Eropa.

2. Electronic Arts

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniaorlandosentinel.com/EA Headquarters

Forbes melansir bahwa Electronic Arts atau EA memiliki aset dan kekayaan sebesar 11 miliar dolar AS atau setara Rp150 triliun. Developer game yang satu ini memang cukup menonjol dan memiliki beberapa game hebat yang sangat laku di pasaran.

EA didirikan pada 27 Mei 1982. Kala itu, EA terkenal dengan game olahraga sepak bola berjudul FIFA. Hebatnya lagi, selain menjadi pengembang, EA juga menjadi distributor bagi banyak game buatannya sendiri--tentunya di luar game buatan developer lain. Tengok saja game besar, macam Battlefield, Need for Speed, Medal of Honor, Command & Conquer, Dead Space, dan masih banyak lagi, semuanya dibuat dan dirilis sendiri oleh Electronic Arts.

3. Capcom

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniacapcom.co.jp

Capcom adalah salah satu perusahaan besar yang sudah lama berkecimpung dalam dunia game. Hampir semua karyanya sangat terkenal, bahkan menjadi waralaba termahal. Resident Evil, Street Fighter, Devil May Cry, Mega Man, Onimusha, Dead Rising, dan Sengoku Basara adalah deretan game keren yang memiliki basis penggemar besar di dunia.

Dicatat dalam laman Games Industry, Capcom memang mengalami penurunan pendapatan di tahun 2019--2020 lalu. Namun, secara umum, Capcom masih termasuk salah satu perusahaan developer game terbaik dan terbesar di dunia.

4. Gameloft

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniagameloft-sea.com

Gameloft adalah developer game yang berasal dari Prancis dan berkantor pusat di Paris. Secara umum, Gameloft cenderung fokus pada mobile game. Beberapa karya terkenalnya adalah Asphalt, Dungeon Hunter, Earthworm Jim, Gangstar, GT Racing, Midnight Bowling, dan Wild West Gun.

Oh ya, Gameloft juga memiliki nama besar karena memang didirikan oleh Guillemot bersaudara, yang juga merupakan pendiri developer game besar Ubisoft. Perusahaan ini didirikan pada 2000 dan saat ini menjadi developer dengan pangsa pasar mobile game terbesar di dunia.

5. Sony Interactive Entertainment

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniaplaystation.com

Sony Interactive Entertainment atau SIE selaku perusahaan yang merilis PlayStation tentu saja masuk dalam daftar ini. Game besar macam Shadow of the Colossus, God of War, Nioh, The Last of Us, dan Gran Turismo adalah sederet game yang dirilis di bawah bendera Sony. Oh ya, SIE juga mengakuisisi developer Naughty Dog pada 2001.

Memang, kebanyakan game yang dirilis oleh Sony bukan murni dibuat oleh Sony sendiri. Namun, beberapa developer kecil telah bergabung dengan Sony dan mereka telah mendapatkan modal untuk membuat banyak game berkualitas.

Tentu saja, pendapatan SIE bukan hanya dari game saja, melainkan juga konsol yang mereka jual. Untuk PlayStation 5 yang baru saja dirilis sudah memberikan Sony keuntungan besar. Menurut Games Radar, Sony PlayStation 5 sudah terjual 2,5 juta unit di seluruh dunia di hari pertama perilisannya.

Baca Juga: Rilis April! Yuk, Cek 5 Fakta Game New Pokémon Snap  

6. Nintendo

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Dunianintendolife.com

Nintendo didirikan pada 23 September 1889 di Kyoto, Jepang. Sama seperti Sony, developer yang satu ini juga terkenal dengan konsolnya yang bernama Nintendo Entertainment System (NES), Nintendo Wii, dan Nintendo Wii U yang ringkas dan praktis.

Tentu saja banyak game bagus pernah dibuat oleh Nintendo, seperti The Legend of Zelda, Mario Bros., Donkey Kong, dan Animal Crossing. Menurut laman Forbes, kapitalisasi pasar Nintendo sudah menyentuh angka 49 miliar dolar AS atau sekitar Rp720 triliun di seluruh dunia.

7. Activision

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniaactivision.com

Call of Duty, Crash Bandicoot, Guitar Hero, Diablo, Warcraft, dan Tony Hawk's adalah sederet judul bergengsi dari game yang tentunya semuanya selalu mendapatkan penilaian positif. Banyak game tersebut merupakan produk dari Activision, sebuah developer game yang berkantor pusat di Santa Monica, California Amerika Serikat.

Bahkan, meskipun berada di tengah wabah COVID-19, Activision mampu mengantongi pendapatan sebesar 7 miliar dolar AS atau setara Rp100 triliun pada 2020 lalu, dicatat dalam laman Forbes. Sebagian besar pendapatan tersebut diperoleh dari penjualan game serial Call of Duty yang dibuat multiplatform untuk PC, konsol, dan smartphone.

8. Epic Games

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniaglassdoor.com/Kantor Epic Games

Serial game berjudul Gears of War telah menjadi nama besar dalam dunia permainan video, terutama di PC dan konsol Xbox. Ya, game keren tersebut dibuat oleh Epic Games, pengembang game yang didirikan pada 1991 di Maryland, Amerika Serikat.

Epic Games memang bukanlah yang terbesar. Namun, Epic Games mampu bersaing dengan developer-developer besar dalam menciptakan banyak game berkualitas. Dicatat dalam Venture Beat, Epic Games telah melaporkan pendapatan 4,2 miliar dolar AS atau Rp60 triliun pada 2019 lalu.

9. Square Enix

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Dunianintendosoup.com

Square Enix adalah perusahaan pengembang game terkenal asal Jepang yang didirikan pada 22 September 1975. Perusahaan ini merupakan perusahaan gabungan antara Square dan Enix pada 2003. Produknya yang terkenal apa lagi kalau bukan Final Fantasy, Dragon Quest, Kingdom Hearts, dan Xenogears.

Bahkan, untuk serial Final Fantasy sendiri sudah terjual sebanyak 144 juta kopi untuk semua platform, ditulis dalam laman Game Pressure. Penjualan untuk satu serial game sebanyak itu telah membuktikan bahwa Square Enix memang pantas menjadi developer game elite kelas dunia.

10. Ubisoft

Karyanya Banyak Dipuji! Ini 10 Developer Game Terbaik di Duniagiantbomb.com/Ubisoft

Hampir semua game bagus di PC dan konsol adalah buatan Ubisoft. Gak percaya? Tengok saja game macam Assassin's Creed, Watch Dogs, Tom Clancy's, Far Cry, Anno, For Honor, The Settlers, dan Legendary Fishing. Semuanya adalah game berkualitas dengan cerita dan grafis jempolan.

Developer ini didirikan di Prancis pada 28 Maret 1986. Bagi banyak pemain game di dunia, karya-karya besar dari Ubisoft, Square Enix, Activision, dan Epic Games selalu ditunggu dan biasanya sebagian besarnya mendapatkan ulasan yang positif. Pastinya kamu juga selalu memainkan banyak game buatan Ubisoft, bukan?

Itulah beberapa developer game terbaik di dunia. Bagaimana? Apakah kamu termasuk gamer yang menyukai karya-karya mereka?

Baca Juga: 6 Game Bertema Membangun Kerajaan yang Bisa Dimainkan di Akhir Pekan

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya