Comscore Tracker

5 Game dengan Spesifikasi Terberat 2022, Butuh PC Kelas Atas

Apa kamu sudah memainkannya?

Kita sudah menuju akhir 2022. Tentunya, dalam setahun ini, ada banyak game bagus terjual di pasaran. Beberapa di antaranya bahkan menjadi deretan game terbaik dan masuk nominasi Game of the Year 2022. Nah, khusus untuk PC, banyak judul besar yang dirilis dengan permintaan spesifikasi tinggi.

Tidak semua PC bisa menjalankan beberapa game ini dengan lancar karena developer memang meminta spesifikasi mumpuni demi kelancaran bermain. Lalu, judul apa saja yang meminta spesifikasi terberat? Ini dia game dengan spesifikasi terberat 2022 yang perlu kamu tahu!

1. God of War

5 Game dengan Spesifikasi Terberat 2022, Butuh PC Kelas AtasPetualangan Kratos di God of War makin terlihat epik ketika dimainkan di PC. (dok. Santa Monica Studio/God of War)

Untuk menjalankan petualangan Kratos dalam God of War dengan epik, PC-mu membutuhkan RAM 16 GB, VGA setara RTX 2060, prosesor Intel Core i5-10400, dan ruang penyimpanan HDD atau SSD sebesar 85 GB. Ini pun "hanya" berjalan dalam resolusi FHD atau 2K dan dengan setelan grafik yang masih disesuaikan.

Meski baru dirilis pada 14 Januari 2022 (versi PC), game garapan Santa Monica Studio ini justru tampil lebih bagus di PC ketimbang konsol PS4. Detail visual dan efek pencahayaan terlihat jauh lebih tajam serta memanjakan mata. Tak lupa, God of War juga merupakan salah satu judul game yang sudah berjalan dengan sistem DirectX 12 murni.

2. Dying Light 2 Stay Human

5 Game dengan Spesifikasi Terberat 2022, Butuh PC Kelas AtasDying Light 2 Stay Human menampilkan detail dan akurasi lebih tinggi dibanding seri pertamanya. (dok. Techland Publishing/Dying Light 2 Stay Human)

Bicara soal kisah apokaliptik zombi memang tak ada habisnya. Segala macam mekanisme, narasi cerita, dan genre sudah disajikan oleh banyak developer dari zaman dulu. Salah satu game terbaik yang mengangkat tema ini adalah Dying Light 2 Stay Human. Bukan hanya dari mekanisme dan narasinya saja yang memesona, melainkan juga visualnya.

Dirilis pada 3 Februari 2022, Dying Light 2 Stay Human terbukti mampu menyajikan banyak hal detail berkaitan dengan grafiknya. Well, itu sebabnya, RAM 16 GB, VGA setara RTX 3060 12 GB, dan prosesor Intel Core i5 generasi terbaru menjadi syarat untuk menjalankan game ini dengan maksimal. Sediakan juga ruang penyimpanan sebesar 70 GB, ya.

Baca Juga: [REVIEW] A Plague Tale: Requiem—Lebih Matang dan Penuh Adegan Brutal

3. A Plague Tale: Requiem

5 Game dengan Spesifikasi Terberat 2022, Butuh PC Kelas AtasA Plague Tale: Requiem menjadi salah satu game berkualitas 2022. (dok. Asobo Studio/A Plague Tale: Requiem)

Jika memainkan A Plague Tale: Requiem pada resolusi 2K atau 4K dengan setelan grafik ultra, kamu akan melihat betapa developer betul-betul memasukkan banyak hal detail di dalamnya. Selain itu, game buatan Asobo Studio ini juga masuk ke dalam kandidat kuat untuk meraih penghargaan Game of the Year 2022.

Lalu, bagaimana spesifikasi idealnya? RAM 16 GB, VGA setara RTX 3070, prosesor Intel Core i7-8700K, dan kapasitas SSD atau HDD sebanyak 65 GB kamu butuhkan untuk memainkan A Plague Tale: Requiem dengan lancar dan tampil memanjakan mata. Jadi, apa kamu sudah memainkan game ini sampai tamat?

4. ELDEN RING

5 Game dengan Spesifikasi Terberat 2022, Butuh PC Kelas AtasELDEN RING begitu digandrungi berkat mekanisme gameplay, narasi, dan kualitas visual kelas atas. (dok. FromSoftware/ELDEN RING)

Satu lagi karya yang menjadi kandidat peraih Game of the Year 2022, yakni ELDEN RING. Bukan tanpa alasan, game buatan FromSoftware ini memang mengusung banyak hal untuk membuatnya jadi yang terbaik. Mulai dari jalan cerita epik, gameplay adiktif, hingga kualitas visual kelas atas, semua sudah dimasukkan oleh developer dengan begitu baiknya.

Mungkin kamu pun tahu kalau game dengan tingkat kesulitan tinggi ini juga akan lebih maksimal jika dijalankan di PC kelas atas. Buktinya, RAM 16 atau 24 GB, VGA setara RTX 3070, prosesor Intel Core i7 generasi baru, dan ruang SSD sebesar 75 GB menjadi syarat utama agar RPG aksi ini mampu berjalan dengan mulus pada angka fps tinggi.

5. Marvel’s Spider-Man Remastered

5 Game dengan Spesifikasi Terberat 2022, Butuh PC Kelas AtasMarvel’s Spider-Man Remastered versi PC mampu menjelma menjadi game dengan visual memesona. (dok. Insomniac Games/Marvel’s Spider-Man Remastered)

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dalam hal visual, jangan mainkan Marvel’s Spider-Man Remastered, kecuali di PC. Artinya, untuk versi PC-nya, game ini memang tampil jauh lebih bagus dan detail. Hal tersebut tak lepas dari sistem dan berbagai macam fitur digital yang sudah disediakan dari pihak NVIDIA dan AMD.

Nah, kalau ingin memainkannya dengan tampilan grafik terbaik, sediakan RAM 16 GB, VGA setara RTX 3080, prosesor Intel i7 generasi baru, dan kapasitas penyimpanan sebesar 85 GB. Dengan spesifikasi ini, kamu bisa menjalankan Marvel’s Spider-Man Remastered dalam resolusi 2K atau 4K, setelan ultra, dan tentunya fitur ray tracing yang aktif.

Jadi, bagaimana menurutmu? Apakah permintaan spesifikasi ideal untuk menjalankan daftar game berat tersebut dirasa berlebihan? Well, pada zaman modern ini, judul-judul besar memang memberi syarat teknis yang cukup berat juga, ya.

Baca Juga: [REVIEW] Marvel's Spider-Man Remastered—Tampil Memukau di PC

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya