Comscore Tracker

8 Serial RPG Offline dengan Jalan Cerita Terbaik di PC

Megah dan tentunya seru untuk dimainkan

Apa yang membuat sebuah role-playing game atau RPG terasa begitu megah, dalam, luas, dan berbobot? Tak lain itu karena kombinasi hebat dari plot cerita, mekanisme gameplay apik, kualitas visual memanjakan mata, dan audio yang memesona. Zaman dulu, PC dan konsol (NES dan Sega Genesis) sudah menampilkan RPG kelas berat, seperti The Legend of Zelda, FINAL FANTASY, dan The Elder Scrolls.

Permainan peran ini seakan terus digandrungi karena kompleksitas dan kedalaman cerita yang makin bervariasi. Kalau diibaratkan, memainkan RPG ini sama seperti ketika kita menonton film The Lord of the Rings, Game of Thrones, The Hobbit, dan Star Wars. Ya, RPG wajib diisi dengan narasi megah, dunia luas, dan banyak karakter di dalamnya.

So, di bawah ini adalah deretan game offline RPG terbaik di PC dengan cerita yang luar biasa. Tentunya, skor dan ulasan mereka juga sangat bagus di mata gamer, termasuk penulis. Yuk, langsung disimak saja artikelnya!

1. Mass Effect

https://www.youtube.com/embed/n8i53TtQ6IQ

Tak dimungkiri bahwa tema luar angkasa masih cukup sulit untuk diangkat ke dalam kisah RPG melegenda. Namun, hal ini tidak berlaku bagi serial Mass Effect. Ya, game garapan BioWare ini terasa begitu intens dan seru untuk kamu mainkan tanpa mengurangi bobot dan kedalaman kisahnya.

Mass Effect pertama dirilis pada 2007 untuk Microsoft Windows (PC), PS3, dan Xbox 360. Lalu, kisah ini dilanjutkan pada Mass Effect 2 yang dirilis 3 tahun setelahnya. Mass Effect 3 yang dirilis pada 2012 menjadi judul terbaik di dalam waralaba ini. Adapun, Mass Effect: Andromeda yang dipasarkan pada 2017 memang tidak sebagus judul-judul sebelumnya. Namun, tetap saja, judul ini menjadi salah satu RPG terbaik yang pernah ada di PC.

2. The Witcher

https://www.youtube.com/embed/c0i88t0Kacs

Gamer mana yang tak kenal dengan Geralt of Rivia? Ya, serial The Witcher bahkan menjadi salah satu RPG yang sangat fenomenal dalam dunia gaming. Selain itu, serial ini juga dibuat ke dalam bentuk film seri di Netflix yang dibintangi oleh Henry Cavill. Game ini tentu bisa dijalankan secara offline.

Namun, kalau membutuhkan tambahan DLC dan konten, kamu tetap wajib terkoneksi dengan internet. Well, sekadar informasi, tanpa mod dan DLC pun, game garapan CD Projekt Red ini masih sangat seru untuk dimainkan. Jalan cerita berbobot dan mekanisme permainan yang cukup brutal akan membuatmu merasa adiktif untuk terus berada di depan layar monitor.

3. Divinity: Original Sin

https://www.youtube.com/embed/bTWTFX8qzPI

Serial Divinity: Original Sin memang cukup seru untuk diikuti. Bahkan, pada judul keduanya diganjar penghargaan sebagai game multiplayer terbaik 2017 oleh British Academy Games Awards. Meskipun hebat di segi multiplayer-nya, game garapan Larian Studios ini juga sangat digemari dari sisi single player dan offline.

Jangan takut kehilangan keseruan dalam memainkan game ini sendirian. Kamu tetap akan menikmati betapa atraktif dan masifnya petualangan di dunia fantasi Rivellon. Oh, ya, spesifikasi PC yang diminta oleh developer juga gak begitu tinggi, lho. RAM 4 GB, prosesor Intel Core i3 generasi menengah, dan VGA setara GTX 550 sudah bisa menjalankan serial Divinity: Original Sin dengan cukup lancar.

4. Fallout

https://www.youtube.com/embed/X5aJfebzkrM

Serial Fallout sudah menjadi salah satu kisah RPG paling banyak dimainkan di PC dan konsol. Tema tentang apokaliptik di Bumi memang kerap dijadikan narasi utama di sebuah judul game besar. Namun, Black Isle Studios dan Bethesda bisa meracik tema klise tersebut menjadi sebuah RPG dengan jalan cerita yang berat.

Skornya selalu bagus dan mencapai di atas 90 persen, kecuali untuk Fallout 4 yang sepertinya menjadi blunder bagi developer. Serial Fallout sendiri mengawali debutnya pada 1997 di Microsoft Windows dan MacOS klasik. Kala itu, game ini sudah menjadi salah satu karya dengan gameplay hebat dan alur cerita yang sangat seru untuk dimainkan.

Baca Juga: 5 Game Offline dengan Ending Menyedihkan, Plot Twist Tak Terduga

5. The Elder Scrolls

https://www.youtube.com/embed/OkFdqqyI8y4

Sejak perilisan The Elder Scrolls V: Skyrim pada 2011 lalu, cara pandang dan teknik pembuatan RPG Barat seolah memiliki tolok ukur baru. Yup, developer besar mengakui bahwa konsep RPG Barat yang sesungguhnya ada pada The Elder Scrolls V. Well, memang harus diakui bahwa Bethesda sudah sangat sukses dalam membuat dan mengenalkan sebuah RPG dengan berbagai elemen yang nyaris sempurna.

Nah, kabarnya, The Elder Scrolls VI akan dirilis pada 2023 mendatang yang tentunya dengan tampilan visual makin memanjakan mata. Jika menyukai RPG Barat dengan alur cerita kompleks dan visual apik, serial The Elder Scrolls bisa kamu koleksi. Sejarah kisahnya dapat kamu ikuti sejak awal.

6. Legend of Grimrock

https://www.youtube.com/embed/RCi-KgNk9F4

Serial Legend of Grimrock mungkin tidak setenar The Witcher atau The Elder Scrolls. Namun, bicara soal skenario dungeon crawling, bisa dibilang game buatan Almost Human Games tersebut jadi juaranya. Ya, serial Legend of Grimrock akan menawarkanmu sebuah perjalanan epik yang penuh dengan eksplorasi puzzle menantang.

Game ini mungkin akan terlihat sulit bagi gamer yang baru pertama kali memainkan RPG berbasis dungeon crawling. Namun, intensitas kesulitan di sini rupanya bisa dijalankan dengan adaptif dan cukup seru untuk dimainkan. Spesifikasi PC yang dibutuhkan pun sangat ramah, yakni RAM 4 GB, VGA setara GTX 550, dan prosesor Intel Dual Core. Jangan lupa siapkan kapasitas penyimpanan sebesar 4 GB.

7. Dark Souls

https://www.youtube.com/embed/9IbPrk-yuts

Daya tarik RPG Barat rupanya bisa membuat pengembang asal Jepang jatuh hati. Ya, seperti yang terjadi dalam serial Dark Souls, game berbasis RPG Barat tersebut dibuat oleh FromSoftware, sebuah perusahaan pengembang asal Jepang. Serial ini sebetulnya tidak murni berdiri di atas fondasi RPG karena masih menekankan masifnya elemen aksi.

Namun, bicara soal tantangan, tidak ada satu RPG pun yang bisa menyamai serial Dark Souls. Game ini jelas menjadi mimpi buruk bagi gamer mana pun, bahkan bagi mereka yang sudah veteran di dunia RPG. Tingkat kesulitan yang gak main-main ini menjadi salah satu nilai lebih yang justru digandrungi bagi penikmat game dengan tingkat kesulitan tinggi.

8. Dragon Age

https://www.youtube.com/embed/jJqxfkgSUog

PC memang sudah menjadi platform yang sejak dulu dijadikan pusat perilisan banyak RPG karena mampu mengakomodasi gameplay-nya. Salah satu serial RPG terbaik yang pernah ada di PC adalah Dragon Age. Serial ini untuk pertama kali menjalani debutnya pada 2009 dengan judul Dragon Age: Origins.

Meskipun judul keduanya gagal, BioWare bisa membuktikan bahwa serial ini layak menjadi yang terbaik pada judul ketiga yang berjudul Dragon Age: Inquisition. Tak hanya megah dari sisi gameplay dan dunianya saja, serial Dragon Age juga dikenal kental dengan plot cerita berbobot yang penuh dengan politik. So, kalau suka dengan RPG kelas berat dengan bumbu politik di dalamnya, serial ini bisa kamu koleksi.

Well, itu tadi beberapa serial RPG dengan plot cerita terbaik yang pernah dirilis untuk PC. Nah, kalau kamu suka RPG yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Game Offline Berkualitas untuk Android dan iOS, Gak Kalah Seru!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya