5 Logika Aneh yang Sering Muncul dalam Game, Apa Saja?

Developer game AAA pun tak luput dari keanehan ini

Game digital merupakan media hiburan yang makin kompleks dan detail seiring dengan berjalannya waktu. Pada era 1980-an, 1990-an, dan awal 2000-an, game tidaklah seperti saat ini yang sudah dibekali dengan narasi rumit layaknya film. Mekanisme gameplay dan hubungan antarkarakter juga makin kompleks dengan teknologi AI.

Jika suka memainkan game modern, tentunya kamu tahu bahwa selain menampilkan grafik detail, konsep yang dimasukkan oleh developer juga dinilai makin cerdas. Akan tetapi, rupanya hal tersebut tidak bisa menghilangkan 1 atau 2 logika aneh yang kerap muncul dalam sebuah game, termasuk karya berlevel AAA. Patut diingat, logika aneh di sini bukanlah bug atau eror.

So, penasaran ada logika aneh apa saja? Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Hancurnya organ tubuh dalam Mortal Kombat 11

5 Logika Aneh yang Sering Muncul dalam Game, Apa Saja?Mortal Kombat 11 menyajikan konsep pertarungan brutal yang makin detail dipandang. (dok. NetherRealm Studios/Mortal Kombat 11)

Serial Mortal Kombat merupakan salah satu game pertarungan terbaik yang pernah dibuat. Ia brutal, bergrafik apik, punya audio memukau, dan tentu punya narasi berbobot. Nah, pada Mortal Kombat 11, pertempuran para pendekar pun dibuat makin intens dan sadis. Adanya pemandangan tulang dan organ tubuh yang remuk sudah menjadi hal biasa di sini.

Masalahnya, ada banyak momen ketika karakter sedang bertarung dan organ-organ tubuh mereka diremukkan oleh jurus lawan. Namun, anehnya, dengan tulang dan organ dalam yang hancur, mereka masih bisa berdiri tegak seolah tanpa terluka sedikit pun. Well, kenapa mereka tidak langsung tewas seperti ketika terkena fatality, ya? Bukankah kerusakannya sama-sama fatal? Tentu kamu tidak perlu memikirkannya secara serius.

2. Beberapa logika yang cukup lucu dalam The Witcher 3: Wild Hunt

5 Logika Aneh yang Sering Muncul dalam Game, Apa Saja?The Witcher 3: Wild Hunt juga tak luput dari logikan yang aneh dan lucu. (dok. CD Projekt RED/The Witcher 3: Wild Hunt)

Di mata penulis, The Witcher 3: Wild Hunt termasuk salah satu RPG terbaik dan termegah yang sangat sulit ditemukan tandingannya. Namun, terlepas dari kemegahannya, penulis menemukan beberapa hal yang cukup aneh dalam game ini:

  • Prioritas Geralt pada pencarian Ciri yang tengah berjuang dalam kejaran Wild Hunt akan sedikit melenceng akibat obsesinya bermain kartu Gwent. Permainan kartu inilah yang akhirnya merusak konsentrasi gamer karena Gwent ternyata sangat menarik untuk dimainkan.
  • Dalam beberapa kasus, kostum terkuat Geralt malah terbilang minim armor, peralatan, dan perlindungan.
  • Senjata panah dalam game ini sangat unik. Maksudnya, ketika digunakan di darat, ia tidak cukup mematikan. Namun, ketika dipakai di dalam air, ia malah bisa membunuh lawan seketika.
  • Karakter mutasi yang kuat dan kebal terhadap berbagai macam racun malah bisa dibuat mabuk seketika dengan sebotol alkohol.
  • Ketika Geralt cukup kuat dan kebal dengan serangan monster, di lain sisi ia sangat lemah ketika terperosok atau terjatuh ke tempat yang sebetulnya gak begitu dalam.

Well, sekali lagi, tidak perlu memikirkan segala pertentangan logika di atas. Mainkan saja RPG terbaik ini karena ia memiliki segala macam alasan yang membuatnya memang pantas diganjar Game of the Year.

Baca Juga: 12 Game PS5 Gratis Terbaik, Tak Kalah Seru dengan Game Berbayar

3. Tumpukan pasukan dalam Total War seri awal

5 Logika Aneh yang Sering Muncul dalam Game, Apa Saja?Total War: Shogun 2 adalah salah satu serial game terbaik yang bisa kamu mainkan. (dok. Creative Assembly/Total War: Shogun 2)

Penulis masih ingat ketika memainkan serial Total War: Shogun 2 pada 2011 lalu. Ya, game ini masih menjadi seri Total War terbaik di mata penulis. Jika suka dengan sejarah Jepang dan era kejatuhan samurai, kamu pun wajib mencoba memainkan game perang yang satu ini.

Namun, uniknya, kala itu developer memasukkan segala macam pasukan hebat tanpa batas. Artinya, selama memiliki uang, kita bisa menciptakan pasukan sebanyak-banyaknya tanpa dasar logika populasi penduduk. Untungnya, konsep macam ini tidak lagi diterapkan pada serial utama Total War terbaru. Setidaknya, populasi penduduk masih menjadi syarat utama dalam pembentukan pasukan tempur.

4. Konsep auto-heal pada hampir semua game FPS

5 Logika Aneh yang Sering Muncul dalam Game, Apa Saja?Kebanyakan game FPS memiliki metode auto-heal yang bisa memudahkan gamer. (dok. Infinity Ward/Call of Duty: Modern Warfare)

Auto-heal atau regenerating health dalam game first-person shooter (FPS) sudah menjadi konsep yang lumrah. Pasalnya, cara dan metode seperti ini dianggap memudahkan gamer dalam memainkan sebuah game bergenre FPS. Jika terkena tembakan atau ledakan, gamer cukup berdiam di tempat yang aman dan health bar atau nyawa bakal penuh kembali.

Tentu saja metode ini sangat bertentangan dengan logika sesungguhnya di medan peperangan. Namun, sebagai gamer, kita tidak bisa protes terlalu frontal mengingat game yang dimainkan juga terbilang bagus dan keren untuk diikuti. Nah, menurutmu gimana, nih? Apa kamu juga setuju dengan konsep auto-heal dalam game FPS?

5. Jasa yang mudah terlupakan dalam The Elder Scrolls V: Skyrim

5 Logika Aneh yang Sering Muncul dalam Game, Apa Saja?The Elder Scrolls V: Skyrim memiliki beberapa logika yang cukup aneh untuk dimainkan. (dok. Bethesda Game Studios/The Elder Scrolls V: Skyrim)

Tak ada yang menyangkal bahwa The Elder Scrolls V: Skyrim merupakan RPG yang mampu membuat pemainnya lupa waktu. Narasi dan mekanisme gameplay yang ditawarkan oleh Bethesda selaku pengembang juga sangat bagus pada zamannya. Jika serius memainkannya, bisa saja kamu menghabiskan ratusan jam hanya untuk menamatkan cerita utama dan semua misi sampingannya.

Namun, hal yang paling aneh menurut penulis adalah sensitivitas NPC dalam game ini yang cukup keterlaluan. Warga desa bisa dengan mudah mengeroyok ketika karakter yang kita jalankan tidak sengaja membunuh hewan ternak. Padahal, sebelumnya, kita membantu mereka mengalahkan monster naga. Alih-alih rasa terima kasih yang permanen, NPC malah bersikap layaknya robot AI yang tidak mengerti narasi cerita keseluruhan.

Well, konsep dan logika yang lucu dan aneh di atas kerap menghiasi beberapa game, bahkan karya selevel AAA. Sekali lagi, nikmati saja game dan narasinya dan gak perlu pusing memikirkan logikanya yang kadang jungkir balik.

Baca Juga: [REVIEW] Atlas Fallen—RPG dengan Narasi dan Gameplay yang Tanggung

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya