Comscore Tracker

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngiler

Hobi main game? Wajib baca!

Bukan cuma sektor minyak dan gas saja yang menawarkan gaji besar. Industri game di Indonesia yang sedang berkembang pun memberikan kesempatan serupa. Bagi kamu yang tertarik menekuni bidang tersebut, inilah 7 skill yang jika dikuasai membuatmu digaji besar:

1. Jurnalis game

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngilermaxmanroe.com

Kalau selama ini kebanyakan dari kita cuma tahu jurnalis politik atau budaya, ternyata ada juga nih jurnalis khusus game. Jurnalis game berperan membuat tulisan mengenai review game, event, sampai dengan mewawancarai para pelaku di bidang tersebut. Di luar negeri, seorang jurnalis game profesional menerima gaji $26,000 atau sekitar 346 juta rupiah per tahunnya.

2. Produser game

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngilergames-academy.de

Dalam sebuah pembuatan game, produser memimpin jalannya projek tersebut hingga selesai. Produser bertanggung jawab mulai dari pembagian tugas, menentukan deadline, serta berhubungan dengan pihak eksternal yang ikut mengembangkan projek game terkait. Karena tanggung jawab sebagai produser game besar, gak heran gaji tahunan yang diterima pun sangat menggiurkan yakni sekitar $72,136 yang kalau dikonversikan mencapai 960 jutaan.

3. Tester

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngilerjobgametester.com

Profesi lainnya dalam industri game yang juga menerima gaji besar adalah tester. Tester yang bertugas memeriksa bug, alur permainan, sampai ‘feel’ sebuah game ini menerima gaji rata-rata sekitar $18,000-$ 55,000 atau 239 juta sampai 732 juga per tahunnya. Tester akan memainkan game berulang ulang dan jika ada kekurangan harus dilaporkan pada tim IT buat diperbaiki.

Karena tugasnya tersebut, tester wajib mempunyai pengalaman cukup mengenai berbagai game. Kalau kamu tertarik menggeluti profesi ini, mulai sekarang coba latih kemampuanmu melihat kekurangan pada game yang dimainkan. Coba deh mainkan berbagai game seru yang tersedia di Google Play. Di bulan Ramadan ini, Google Play lagi kasih diskon hingga 80% untuk pembelian item dan game favoritmu melalui promo #SalipLevel. Jadi selama bulan puasa ini kamu bisa puas-puasin beli game dengan diskon tinggi sambil latih kemampuan jadi tester profesional di masa depan.

4. Artis 2D/3D

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngilerorlandosentinel.com

Selain alur, hal lain yang juga diperhatikan oleh para gamer adalah bentuk visual dari permainan tersebut. Jika visual karakter, tempat, atau senjatanya detail dan oke para gamer pasti menyukai game itu. Nah orang yang bertanggung jawab membuat sebuah game terlihat indah adalah seorang artis 2D/3D.Ia akan merancang mulai dari sketsa tiap karakter, tempat-tempat di dalamnya, sampai senjata yang digunakan. Untuk perannya tersebut, artis 2D/3D umumnya digaji $45,320 - $129,700 berarti berkisar 603 juta sampai dengan 1 miliar per tahunnya untuk yang sudah profesional. Wah besar banget ya guys?

5. Desainer game

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngilerbeyondcareer.com

Jika artis 2D/3D mempunyai tanggung jawab pada bagian visual sebuah game, maka desainer memiliki peran membuat alur permainan. Desainer game merancang jalan cerita agar menarik, menyenangkan, serta seimbang (tidak terlalu susah atau mudah). Untuk desainer game sendiri bayarannya rata-rata setahunnya adalah $58,438. Jika dirupiahkan maka nilanya adalah sebesar 700 juta rupiah.

Sama seperti artis 2D/3D, buat jadi desainer game profesional kamu harus terbiasa dulu bermain game. Jika sering main game kamu pasti bisa membuat alur permainan yang asyik dan juga seru. Mumpung di Ramadan ini Google Play lagi ada promo #SalipLevel, di mana untuk pembelian item dan game ada diskon hingga 80%. Enaknya lagi pembelian item atau game ini gak repot karena akan dipotong melalui pulsa. Kamu tinggal masuk ke Google Play Store -> Menu -> My account -> pilih payment methods -> isi data diri yang dibutuhkan -> selesai. Gak susah kan?

6. Localization

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngilerallcorrect.com

Localization bertugas untuk menerjemahkan aset sebuah game dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Jadi tim lokalisasi ini nantinya akan diberi daftar kata yang perlu diterjemahkan ke dalam sebuah bahasa. Untuk jenis profesi ini besaran gaji yang biasanya ditawarkan adalah $67,407 atau sekitar 800 juta rupiah.

7. Programmer game

7 Profesi untuk Gamer yang Gajinya Bikin Ngilerartinstitutes.edu

 

Sebuah game gak akan pernah ada tanpa seorang programmer. Ibaratnya nih programmer adalah ‘kuli’ dalam pembangunan rumah. Jadi setelah tim desainer membuat alur permainan, lalu grafis membuat visualnya, dan ditambahkan efek suara programmer akan menyatukan itu semua dalam bentuk game yang siap dimainkan. Gaji paling tinggi yang bisa diterima programmer game yakni $120,000 atau sekitar 1,6 miliar rupiah.

Tentunya untuk mendapat gaji besar dari 7 profesi di atas semuanya butuh waktu. Tapi asalkan kamu sabar dalam proses merintisnya sampai jadi expert, perusahaan game pasti akan dengan senang hati membayarmu dengan gaji tinggi.

Topic:

Just For You