Comscore Tracker

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabar

Siapin budget mulai dari sekarang!

Sudah sejak tahun 2019 lalu, Sony mengabarkan akan segera merilis konsol terbarunya, yakni PlayStation 5. Para fans dan gamer pun sangat menantikannya. Sebab PS5 ini dikabarkan memiliki spesifikasi yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, yaitu PS4 Pro. 

Menurut kabar yang beredar, PS5 akan dirilis sekitar September hingga Oktober 2020 mendatang. Nah, sudah ada sejumlah bocoran nih mengenai spesifikasi dan harganya. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Waktu untuk loading sangat cepat bahkan hampir gak ada

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabarinsider.com

Bisa dipastikan bahwa hampir semua gamer tidak menyukai waktu loading pada game yang mereka mainkan. Itulah kenapa PlayStation 5 kabarnya akan menghadirkan konsol yang sangat cepat, bahkan kamu gak akan merasa ada loading saat bermain.

Ini bisa terjadi karena PS5 akan menggunakan solid state drive yang berbeda dengan hard drive lainnya. Dilansir dari Business Insider, teknologi tersebut mampu mengurangi waktu loading dari 15 detik ke satu detik saja.

2. Suara yang dihasilkan lebih realistis

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabarmusiccritic.com

Menurut bocoran dari Wired, Sony mengungkap bahwa PS5 akan dibekali dengan 3D audio kustom. Teknologi tersebut akan menghasilkan suara game yang jauh lebih realistis sampai-sampai pemain merasa masuk ke dalamnya.

Audio ini akan bekerja dengan lebih maksimal ketika kamu menggunakan headphone dengan kualitas yang bagus. Dijamin akan betah main seharian!

3. Visual kualitas 8K

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabaraerialsystems.co.uk

Kamu tentu sudah familier dengan video berkualitas 4K, kan? Ingin mengambil satu langkah lebih maju, Sony akan menghadirkan visual berkualitas 8K pada PS5.

Ini artinya, secara keseluruhan, visual akan jauh lebih baik. Semua warna keluar, detail-detail dalam game terlihat jelas, dan pengalaman gaming pun terasa berbeda.

Walaupun kamu gak punya layar yang mampu memproduksi gambar kualitas 8K, kamu gak perlu khawatir. Pasti akan ada penyesuaian sehingga visual tetap jernih dan apik walaupun ditampilkan di layar yang berkualitas lebih rendah.

4. Pengolahan grafis yang lebih baik daripada PS4 Pro

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabarvox.com

PS4 Pro yang dirilis pada 2016 lalu dibekali dengan kartu grafis AMD Radeon yang bisa mengolah grafis dengan baik. Pada PS5 ini, kamu bisa mengekspektasikan sesuatu yang lebih.

Mark Cerny, arsitek sistem penunjang dari PS5 mengatakan bahwa konsol terbaru itu akan menggunakan AMD dengan basis lini Ryzen'. Ia juga dilengkapi dengan delapan mikroarsitektur 7nm Zen 2. Ini artinya, prosesor untuk grafis akan jauh lebih baik daripada sebelumnya. 

5. Game yang ada di PS4 masih bisa dimainkan di PS5

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabardailysocial.id

Apakah kamu sudah membeli banyak game untuk PS4? Jangan khawatir, kamu tetap bisa memainkannya di PS5 kok.

PS5 akan menggarap unsur kompatibilitas ini sehingga tidak akan ada masalah atau perbedaan yang berarti nantinya. Walaupun begitu, ada banyak game baru di PS5 yang harus kamu nantikan!

Baca Juga: Mirip Tamagotchi, Ini 8 Game Virtual Pet Terbaik untuk Android! 

6. Bisa digunakan dengan PlayStation VR

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabarvrheads.com

“VR adalah unsur yang sangat penting untuk kami,” ungkap Mark Cerny dilansir dari T3.

Walaupun Cerny tidak memberikan komentar lebih lanjut mengenai hal ini, tampaknya PS5 bisa bekerja dengan PlayStation VR yang biasa digunakan untuk PS4. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain yang lebih interaktif. 

7. Desain PS5 berbeda dari seri sebelumnya

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabarkinstacdn.com

Pada seri sebelumnya, PlayStation memiliki desain yang cukup basic, yaitu berbentuk boks dan berwarna hitam. Namun untuk seri terbaru ini, tampaknya Sony memberikan banyak perhatian untuk desain. 

Menurut prototipe sempat dirilis melalui Let’s Go Digital, PS5 memiliki desain seperti gambar di atas. Ia terlihat lebih luwes dengan lengkungan di setiap sudut. Sedangkan di bagian tengah, terdapat cekungan yang berfungsi sebagai tempat untuk menaruh controller. Unik, ya!

8. Controller yang lebih tangguh dipakai berjam-jam

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabarinsider.com

Lalu bagaimana dengan controller-nya? CEO dan presiden dari Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan sempat menuliskan bocorannya di sebuah post blog PlayStation. Ryan mengatakan bahwa controller terbaru itu akan dilengkapi dengan sensitivitas yang lebih baik. Jadi kamu tidak hanya merasakan getaran saja. 

Selain itu, Ryan mengungkapkan bahwa controller tersebut juga dilengkapi dengan baterai yang lebih awet sehingga pengguna bisa memakainya berjam-jam. 

9. Lalu bagaimana dengan harganya?

Bocoran Spek dan Harga PS5 yang Akan Segera Dirilis di 2020, Gak Sabarhypb.st

Kamu pasti sudah penasaran dengan harga dari PS5 ini, kan? Harga resmi memang belum keluar. Namun para analis game internasional telah memprediksinya. Dilansir dari T3, PS5 kira-kira akan dibanderol seharga US$499 atau setara dengan Rp6,8 juta. Harga tersebut berbeda US$100 jika dibandingkan dengan PS4 Pro saat pertama kali rilis.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk memiliki PS5 ini? Kabarnya, konsol terbaru ini akan dirilis sekitar bulan September hingga Oktober 2020. Nantikan kabar selanjutnya di IDN Times, ya!

Baca Juga: Waspada Malware Virus Corona yang Merusak HP dan PC, Kenali Faktanya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya