Comscore Tracker

Minecraft Bantu Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat Teman

Mereka bermain bersama dan berbagi kreativitas

Minecraft merupakan salah satu game bergenre sandbox yang menguji kreativitas. Kamu bebas melakukan banyak hal di dalam permainan. Kamu bisa bertualang dan membangun apa pun, mulai dari rumah hingga dunia baru.

Ternyata, Minecraft juga bisa membantu anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka bisa mengembangkan kreativitas dan menemukan teman baru di dalam permainan. Bagaimana Minecraft melakukan ini? Simak informasinya di bawah.

1. Munculnya server Autcraft

https://www.youtube.com/embed/yBtTDQSAa_0

Minecraft tidak terbatas untuk dimainkan sendiri saja. Kamu juga bisa bermain bersama teman-temanmu di dalam dunia yang sama. Agar bisa bermain bersama, kamu membutuhkan server yang bisa menampung kamu dan teman-teman.

Melansir NewScientist, seorang pengembang laman bernama Stuart "AutismFather" Duncan membuat server yang bernama Autcraft. Duncan membuat server ini pada 2013 di Kanada. Server ini ditujukan khusus untuk anak-anak yang memiliki autisme dan keluarganya.

2. Berawal dari komunitas kecil

Minecraft Bantu Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat TemanMinecraft bisa melatih kreativitas (dok. Mojang/Minecraft)

Awalnya, server Minecraft ini hanya dibuat untuk skala kecil saja. Autcraft disebarkan melalui ajakan kepada keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Duncan mengira ia hanya akan membuat server untuk 10 hingga 20 orang saja.

Tiga tahun setelahnya, komunitas Autcraft sudah menampung sekitar 7.000 anggota. Duncan mengatakan bahwa orangtua dari anak-anak ini melihat bahwa akan ada dampak baik bagi mereka dan anak-anaknya. 

3. Tidak sekadar mengumpulkan anak-anak

Minecraft Bantu Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat TemanKamu bisa melakukan banyak hal di Minecraft (dok. Mojang/Minecraft)

Seorang pengamat dari University of California, Kate Ringland tertarik untuk melihat Autcraft. Ia menghabiskan waktu selama 60 jam untuk menjelajahi bagaimana isi dari Autcraft. Ringland melihat bagaimana anak-anak melakukan interaksi di dalam server.

Menurutnya, Autcraft tidak hanya sebatas komunitas daring saja. Autcraft merupakan alat yang bisa membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk melatih kemampuan komunikasi mereka. Mereka bisa bermain bersama, berkomunikasi, dan melatih kreativitas.

Baca Juga: 7 Game yang Harus Dimainkan jika Kamu Suka Minecraft

4. Membantu mengekspresikan diri

Minecraft Bantu Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat TemanMinecraft juga bisa membantu kamu mengekspresikan diri (dok. Mojang/Minecraft)

Ringland mengatakan bahwa Minecraft merupakan cara yang baik bagi anak-anak untuk belajar. Mereka bisa bermain game yang mereka suka sekaligus melakukan kontak sosial dengan pemain lainnya. Autcraft memberikan alternatif bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri tanpa harus terbebani oleh keadaan dunia nyata.

Selain server, Autcraft juga memiliki forum yang hadir secara daring. Di forum ini, anak-anak bisa membagikan pengalaman mereka di dalam permainan. Mereka juga berkomunikasi satu sama lain di dalam forum.

5. Kreativitas tanpa batas

Minecraft Bantu Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat TemanSemua yang ada di Minecraft bergantung pada kreativitas kamu (dok. Mojang/Minecraft)

Game yang memiliki genre sandbox erat dengan kreativitas penggunanya. Minecraft memiliki banyak jenis blok yang bisa digunakan oleh pemainnya untuk membangun sesuatu. Pemain bisa memanipulasi blok-blok ini dengan cara yang sangat luas.

Pemain bisa membangun sesuatu yang sederhana hingga kompleks. Batasan yang ada pada Minecraft terdapat pada kreativitas kamu. Kemungkinan yang ada luas sekali, kamu bahkan bisa membangun sebuah sistem komputer sederhana di dalam Minecraft.

Duncan berpikir jika Minecraft bisa menghilangkan beban anak-anak di dunia nyata. Di dalam permainan, anak-anak bisa menjadi diri mereka sendiri. Interaksi yang ada di dalam Autcraft dibangun dengan usaha mereka sendiri.

Autcraft masih berjalan dengan aktif hingga saat ini. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi dunia Autcraft, kamu bisa mendaftarkan diri di forumnya. Tentunya terdapat beberapa peraturan yang harus kamu patuhi sebelum bisa bermain.

Baca Juga: 5 Game Mirip Minecraft di Android, Tak Kalah Seru!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya