Comscore Tracker

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah Menyeramkan

Awas tertipu!

Ketika ingin mencicip game horor, kamu dapat mengetahui bahwa game itu benar-benar memiliki genre horor melalui trailer, gambar, dan deskripsi game tersebut. Terdengar mudah, bukan?

Walaupun begitu, perlu diketahui bahwa tidak semua game horor dapat dikenali dengan mudah. Bagaikan serigala berbulu domba, ada juga game horor yang disembunyikan lewat nama, gaya visual, atau gameplay yang awalnya tidak menunjukkan unsur yang menyeramkan. Dengan demikian, mereka yang langsung bermain tanpa mencari informasi seputar game itu pastinya akan merasa bingung.

Penasaran apa saja contoh game horor yang tidak sesuai dengan 'sampulnya'? Simak daftar game horor yang awalnya terlihat menggemaskan di bawah ini!

1. Doki Doki Literature Club!

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah MenyeramkanDoki Doki Literature Club! (dok. Team Salvato/Doki Doki Literature Club!)

Dari banyaknya game yang terlihat 'menggemaskan' dalam list ini, Doki Doki Literature Club! menjadi contoh yang paling populer. Di balik visual penuh warna yang memberikan kesan yang menyenangkan, terdapat sisi gelap yang membuat gamer ketakutan.

Awalnya, visual novel ini terasa seperti simulasi kencan (dating simulator) atau cerita potongan kehidupan (slice of life) yang cukup generik dan padat dengan klise. Namun, kamu akan menyadari bahwa Doki Doki Literature Club! jauh dari kata 'generik', dibuktikan dengan elemen horor yang seketika mengubah genre game ini.

Oleh karena kontennya yang menggelisahkan, sejumlah pengguna di Steam mengatakan bahwa game berdurasi pendek ini meninggalkan kesan yang sangat kuat. Berani coba?

2. Happy Game

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah MenyeramkanHappy Game (dok. Amanita Design/Happy Game)

Biasanya, game buatan Amanita Design mendapatkan pujian karena visual atau ceritanya yang menggemaskan. Ironisnya, karyanya yang berjudul 'Happy Game' justru memiliki cerita yang menyeramkan meskipun dikemas dengan grafik yang terlihat cute.

Happy Game tidak memiliki cerita yang menyenangkan. Sebaliknya, game ini bercerita tentang seorang anak yang terlelap dalam mimpi buruk yang mampu membuat siapa pun bergidik. Darah dan kekerasan sudah menjadi sesuatu yang biasa dalam game ini. Sampai-sampai, tim developer memberikan peringatan bagi calon pembeli yang berbunyi,

"Tolong dicatat: Happy Game bukanlah game yang menyenangkan (happy game)."

3. Animal Village

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah MenyeramkanAnimal Village (dok. Rastek/Animal Village)

Melihat gameplay dan suasananya, Animal Village terasa seperti perpaduan game Animal Crossing dan Silent Hill. Yup, kombinasi ini tentunya aneh mengingat suasana kedua game yang kontras.

Dalam game horor ini, kamu menjelajahi desa yang dipenuhi hewan dengan kemampuan berbicara. Dengan bersenjatakan senapan api, kamu menyelidiki lubang besar misterius yang terletak di tengah desa itu. Perlu diingat, amunisi kamu terbatas sehingga kamu harus menggunakannya secara bijak dalam menghadapi ancaman dalam lubang itu.

Baca Juga: 5 Fakta Poppy Playtime, Bertahan Hidup dari Teror Mainan

4. Ruff Times

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah MenyeramkanRuff Times (dok. PopPopBoat/Ruff Times)

Sama seperti Happy Game, Ruff Times memiliki nama yang menipu. Sederhananya, 'Ruff' merupakan suara gonggongan anjing. Di saat yang bersamaan, cara pengucapan 'Ruff' sama dengan 'Rough'. Artinya, nama game ini yang sebenarnya adalah 'Rough Times' atau masa-masa yang sulit.

Game ini mengajak kamu menjadi peternak anjing yang memiliki sejumlah kewajiban. Sebagai contoh, kamu harus merawat mereka, membiakkan mereka untuk menghasilkan anjing yang imut, dan pada akhirnya menjualnya.

Sepintas, deretan aktivitas tersebut terdengar seperti surga pencinta hewan. Walaupun demikian, Ruff Times ingin menunjukkan realitas pahit yang terjadi dalam peternakan anjing. Sebab, terdapat banyak sekali peternakan anjing yang lebih mengutamakan penampilan anjing daripada kesehatannya.

5. Dreaming Mary

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah MenyeramkanDreaming Mary (rpgmaker.fandom.com)

Warna pastel seharusnya memberikan impresi menenangkan dan menyejukkan hati. Akan tetapi, penggunaan warna ini dalam Dreaming Mary justru membuat game tersebut makin menakutkan.

Di Dreaming Mary, kamu bermain sebagai Mary dalam mimpinya yang 'indah'. Setiap pihak dalam mimpinya memperlakukan Mary seperti teman lamanya. Meskipun begitu, perlahan demi perlahan keindahan tersebut berubah menjadi mimpi buruk. Semua aspek dalam Dreaming Mary menjadi mengerikan.

Setelah menyelesaikan game ini, kamu akan menangkap pesan yang ingin diangkat oleh pengembang Dreaming Mary. Benar-benar sedih!

6. Spooky's Jump Scare Mansion

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah MenyeramkanSpooky's Jump Scare Mansion (dok. Lag Studios/Spooky's Jump Scare Mansion)

Jangan tertipu! Hantu pada gambar di atas memang tidak terlihat seram, begitu juga dengan desain monster lainnya. Mereka malah terlihat seperti karakter Adventure Time ketimbang makhluk yang bikin merinding.

Kenyataannya, monster Spooky's Jump Scare Mansion yang terlihat imut ini menjadi 'pemanasan' sebelum kamu menghadapi monster yang sebenarnya. Dalam eksplorasi rumah besar yang memiliki seribu ruangan, kamu akan menyaksikan langsung beragam jump scare yang membuat tidur kamu tidak nyenyak.

7. Can Your Pet

Terlihat Menggemaskan, 7 Game Ini Malah MenyeramkanCan Your Pet (gamerant.com)

Game terakhir dalam daftar ini adalah Can Your Pet? yang gameplay-nya mengingatkan pada Pet Society. Dengan kata lain, kamu berinteraksi, bermain, dan memberikan pakaian untuk peliharaanmu.

Sayangnya, game ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi pemain yang sebelumnya tidak pernah mencoba simulasi 'perawatan' hewan ini. Ketika menekan tombol sepeda, kamu akan melihat momen yang tidak terduga. Pada akhirnya, kamu memahami arti 'Can Your Pet' yang sebenarnya.

Itulah tujuh game menyeramkan yang dikemas dengan visual yang menggemaskan. Sejumlah game yang telah dibahas mengangkat isu yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Jadi, di balik keseraman, tim developer ingin menyampaikan suatu pesan yang penting.

Nah, kamu sudah mencoba game yang mana? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya