Comscore Tracker

Fakta Wordle, Game Tebak Kata yang sedang Viral

Simpel tetapi seru dan bikin ketagihan, kamu sudah coba?

Akhir-akhir ini, ketika scroll timeline Twitter, Facebook, atau media sosial lainnya, mungkin kamu pernah lihat pengguna yang posting 1 hingga 6 baris emoji kotak hijau, hitam, dan kuning seperti gambar di atas. Itu adalah game tebak kata bernama Wordle yang sedang viral di jagat internet sejak awal tahun 2022.

Apa Wordle itu dan bagaimana cara mainnya? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini untuk tahu lebih lanjut!

1. Apa itu Wordle? 

Fakta Wordle, Game Tebak Kata yang sedang Viralilustrasi game Wordle (twitter.com/uoregon)

Wordle adalah game tebak kata online. Sedikit berbeda dengan jenis game lain, Wordle hanya bisa dimainkan sekali dalam sehari. Setiap harinya, Wordle akan merilis satu kata dalam bahasa Inggris yang harus ditebak oleh para pemain. Kamu diberi 6 kesempatan untuk menebak kata tersebut.

Wordle hanya bisa dimainkan melalui situs resminya, yaitu powerlanguage.co.uk/wordle. Tampilannya yang cukup sederhana, tidak ada iklan, dan mudah digunakan membuat para pengguna betah untuk main.

2. Awalnya Wordle diciptakan oleh Josh Wardle untuk sang istri tercinta 

Fakta Wordle, Game Tebak Kata yang sedang Viralilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Wordle diciptakan oleh Josh Wardle, seorang software engineer yang kini menetap di Brooklyn, New York. Dilansir The New York Times, Josh membuat game ini untuk sang Istri yang gemar memainkan game tebak kata.

Awalnya, Wordle hanya dimainkan oleh pasangan tersebut. Setelah beberapa bulan, mereka memutuskan untuk membagikannya kepada para sanak saudara melalui grup WhatsApp hingga akhirnya Wordle menjadi sebuah obsesi baru di keluarga besar mereka.

3. Wordle viral di internet dan kini telah dimainkan lebih dari 2 juta pengguna

Fakta Wordle, Game Tebak Kata yang sedang Viralilustrasi orang bermain game (pexels.com/Ron Lach)

Dilansir The Guardian, Wordle pertama kali dirilis ke publik pada bulan November 2021 dengan total 90 pemain per harinya, melejit menjadi 300.000 pemain pada awal Januari 2022. Lalu, dilansir NPR, Wardle mengungkapkan bahwa total pemain pada pertengahan Januari sudah mencapai 2,7 juta.

Total pemain yang kian meningkat pesat ini berkat para pemain yang secara aktif membagikan hasil skor Wordle mereka di media sosial. Wordle pun kini menjadi perbincangan hangat di berbagai platform. Hal ini tentunya membuat orang-orang penasaran dan akhirnya ikut bermain Wordle.

Tak hanya itu, berkat kepopuleran Wordle mulai berdatangan sejumlah game dengan konsep yang mirip. Diantaranya yaitu Wordle UnlimitedWordle dengan jumlah kata yang harus ditebak tidak terbatas per harinya, dan KatlaWordle versi bahasa Indonesia.

4. Cara bermain Wordle cukup mudah 

Fakta Wordle, Game Tebak Kata yang sedang Viralilustrasi cara bermain Wordle (powerlanguage.co.uk)

Ada satu kata yang harus ditebak oleh para pemain per harinya. Pemain diberikan 6 kesempatan untuk menebak kata tersebut. Setiap tebakan harus berupa kata yang terdiri dari 5 huruf.

Ketik tebakanmu di baris kotak yang tersedia, lalu klik enter untuk submit. Kotak-kotak tersebut akan berubah warna sesuai dengan seberapa dekat tebakanmu dengan jawaban.

Jika kotak berubah warna menjadi hijau, artinya huruf yang kamu masukan benar dan juga berada di kotak yang benar. Warna kuning artinya huruf tersebut benar tetapi berada di kotak yang salah. Lalu, warna abu-abu artinya huruf tidak ada jawaban yang benar.

Baca Juga: 7 Game Roblox yang Paling Seru, Termasuk Squid Game!

5. Tips dan trik bermain Wordle agar berhasil menebak jawaban dengan benar dan cepat

Fakta Wordle, Game Tebak Kata yang sedang Viralilustrasi Wordle (powerlanguage.co.uk)

Dilansir HITC, ada beberapa tips dan trik bermain Wordle yang bisa kamu lakukan nih. Pilih kata yang bagus untuk tebakan pertama. Misalnya, kata yang memiliki banyak huruf vokal seperti 'Ouija', 'Audio', dan 'Equal'.

Pilih juga kata dengan huruf yang sering digunakan. Misalnya huruf E, T, A, I, N, O, S dan R lebih sering digunakan daripada huruf V, K, Q, J, X dan Z. Gunakan ejaan Inggris-Amerika, sehingga kata warna dalam bahasa Inggris dieja sebagai 'Color' bukan 'Colour'.

Hampir setiap kata dalam bahasa Inggris setidaknya punya satu huruf vokal. Menebak letak huruf vokal dengan benar di awal percobaan akan memudahkanmu untuk menebak jawaban yang tepat. Lalu, jangan lupa bahwa ada kata yang punya huruf ganda seperti 'Color' dan 'Small'. 

6. Bagikan hasilmu dan jangan spoiler, ya! 

Kamu bisa membagikan hasil skor Wordle-mu ke media sosial seperti tweet Josh Wardle di atas dengan klik tombol share. Seluruh pemain di dunia harus menebak satu kata yang sama dengan benar. Jadi, jangan bocorkan jawabannya, ya! Bermainlah dengan bijak!

7. Alasan kenapa game ini digemari banyak orang menurut psikolog

Fakta Wordle, Game Tebak Kata yang sedang Viralilustrasi orang-orang bermain game (pexels.com/Fauxels)

Dilansir Insider, psikolog Britania, Lee Chambers mengungkapkan bahwa yang membuat Wordle menarik adalah game ini dapat menstimulasi area pemrosesan bahasa dan logika di otak kita. Dengan begitu, hal ini membantu mengeluarkan dopamine, yakni hormon bahagia.

Tak hanya itu, dilansir Futurity, profesor Universitas Florida, Baldwin berpendapat bahwa Wordle adalah game yang tidak mudah maupun tidak sulit dan tidak menuntut banyak atensi, akan tetapi membantu melatih dan mengasah otak. Hal ini yang membuat Wordle istimewa.

Walaupun terbilang sederhana, Wordle adalah permainan yang cukup menantang dan menyenangkan untuk mengasah kosakata. Apakah kalian tertarik untuk main Wordle?

Baca Juga: 7 Game Spinoff Paling Aneh, Mega Man jadi Game Sepak Bola

Riska Amalia Photo Verified Writer Riska Amalia

🎬✍️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya