Comscore Tracker

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecil

Sudah coba mainkan semua?

Siapa yang dulu suka menghabiskan waktu pulang sekolahnya dengan bermain video game? Ya, anak generasi 90-an pasti akan senyum-senyum sendiri jika mengingat masa-masa kecilnya ketika bermain game. Dari PS1 hingga NES (Nintendo Entertainment System), ada banyak sekali game menarik yang bisa dimainkan. Tidak hanya sendiri, konsol game ini juga bisa dimainkan multiplayer.  

Untuk mengenang masa kecil, berikut 15 game jadul dari dari PS1 hingga NES yang akan membuatmu bernostalgia.

1. Super Mario Bros

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilminiandroide.com

Diurutan pertama ada Super Mario Bros buatan Nintendo. Serial permainan yang dirilis pada tahun 1985 ini menciptakan karakter Mario sebagai seorang lelaki berkumis yang mengenakan baju merah. Selain Mario, ada karakter lain yang muncul apabila pemain menggunakan mode 2 player, yaitu Luigi. Ya, dia dikenal sebagai adik Mario yang mengenakan baju hijau.

Gameplay ini cukup sederhana, Mario dan Luigi akan menjelajahi kerajaan dengan melewati berbagai rintangan, mengalahkan prajurit hingga menyelamatkan sang Putri pada tingkat akhir. Bisa dibilang, Super Mario Bros menjadi salah satu game yang dianggap legendaris hingga saat ini. By the way, masih ingat lagunya?

2. Harvest Moon

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilgamebrott.com

Selanjutnya ada game simulasi kehidupan yaitu, Harvest Moon. Game yang dikembangkan oleh Natsume ini mengisahkan seorang karakter utama yang mengambil alih kebun milik kakeknya di Mineral Town dan hidup seperti layaknya manusia nyata. Di awal permainan, kamu akan diajak berkeliling kota dan berkenalan dengan para penduduk setempat.

Selain mengurus kebun dan memelihara ternak, pemain juga diharapkan bersosialisasi dengan karakter lain yang terdapat dalam game hingga tercipta hubungan yang baik. Jika telah sukses mengelola kebun dan berhasil meng-upgrade rumah, pemain dapat menikah dengan karakter wanita di dalam game. Karakter wanita yang bisa dipilih antara lain, Popuri, Ann, Karen, Elli dan Mary. Bila kamu telah melamar dan berhasil menikahinya, kamu juga bisa memiliki anak. Wah, kalau dulu kamu menikah dengan siapa nih?

3. CTR - Crash Team Racing

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Keciljilaxzone.com

Berikutnya ada game balapan yang dikembangkan oleh Naughty Dog pada tahun 1999 untuk PlayStation yaitu, CTR atau Crash Team Racing. Gameplay yang disuguhkan sangat seru dan menantang, bisa dibilang game ini sangat populer di masa kejayaannya. Mode permainan yang bisa dipilih antara lain adventure, arcadeversus dan bisa juga battle dengan pemain lainnya.

Selain itu, pemain juga dapat memilih arena balap serta karakter yang akan digunakan untuk bermain. Sebut saja Crash Bandicoot, Dr. Neo Cortex, Coco Bandicoot, Tiny Tiger, Polar dan masih banyak lagi yang lainnya. Ayo, siapa yang rindu memainkan game ini?

4. Circus Charlie

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecileldeforma.com

Diurutan keempat ada game Circus Charlie yang dikembangkan oleh Konami pada tahun 1984. Permainan ini juga terkenal karena gameplay-nya yang sederhana. Pemain akan diminta untuk mengontrol badut bernama Charlie yang harus melewati rintangan dengan menyelesaikan berbagai macam atraksi sirkus.

Pada level awal, pemain diminta untuk melewati rintangan api dengan menunggangi singa yang tentu saja badut Charlie tidak boleh terkena lingkaran api. Bila pemain berhasil melewati rintangan ini, akan ada rintangan selanjutnya yang lebih susah. Sebut saja rintangan menghindari monyet, kemudian berjalan di atas roda hingga lompat tali. Kalau dulu kamu berhasil melewati semua rintangan Circus Charlie, kamu benar-benar hebat!

5. Ice Climber

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilgenmuda.com

Berikutnya adalah Ice Climber. Seperti judulnya, dalam game ini pemain diminta untuk mendaki gunung es hingga mencapai puncak dengan cara memalu jembatan berbentuk potongan balok es yang dibuat oleh anjing laut. Tentu saja anjing laut ini yang akan menghalangi pemain agar kesulitan mendaki.

Bila pemain telah berhasil melewati jembatan es, selanjutnya akan ada area bonus yang terdapat banyak buah dan sayur untuk menambah poin. Ketika berada di puncak tertinggi, pemain akan dijemput dengan burung coklat untuk mengakhiri permainan. Game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo ini juga menjadi salah satu game yang difavoritkan oleh banyak pemain.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Game Mobile Lebih Diminati daripada Game PC & PS4

6. Bomberman

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilromsmania.cc

Bomberman adalah permainan yang menggunakan bom sebagai senjata untuk bertarung mengalahkan musuh. Game yang dikembangkan oleh Hudson ini mengajak bomber untuk membunuh para bomber lain dengan cara meledakkan bom. Sebelum membunuh musuh, seluruh bomber terperangkap di dalam ruangan yang penuh dinding untuk dihancurkan dengan bom.

Pemain juga dapat meledakkan kotak yang di dalamnya terdapat item untuk meningkatkan kemampuan. Bila telah berhasil membunuh semua musuh, selanjutnya pemain diminta untuk mencari sebuah pintu agar bisa pindah ke level berikutnya. Meskipun sudah lawas, Bomberman masih memiliki banyak peminat. Bahkan hingga saat ini masih ada yang memainkan game ini menggunakan pc atau smartphone meski dengan versi yang berbeda.

7. Battle City

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilbrnoblaster.blogspot.com

Selanjutnya ada game tank legendaris yang membuat para pemain kecanduan yaitu, Battle City. Game ini bisa dimainkan oleh 2 pemain dengan menggunakan tank yang berwarna kuning dan hijau. Pemain akan berhadapan dengan tank musuh yang kemudian diminta untuk menghancurkan tank-tank tersebut dengan cara ditembak.

Selain menghancurkan tank musuh, pemain juga diminta untuk mempertahankan markas dengan lambang burung yang ada di balik bata tempat permainan awal dimulai. Pemain juga dapat meningkatkan kemampuan tank agar lebih kuat menghadapi musuh dengan cara mendapatkan bintang.

8. Contra

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilthestorypedia.com

Game yang membangkitkan kenangan selanjutnya adalah Contra. Game action yang dikembangkan oleh Konami ini mengisahkan 2 pasukan bersenjata yang ditugaskan untuk melawan serangan alien yang berusaha menghancurkan bumi. Game ini sangat seru untuk dimainkan karena terdapat aksi tembak-menembak.

Di awal game, para pemain dibekali senjata standar yang digunakan untuk menembak musuh. Untuk mendapatkan senjata yang lebih hebat, pemain bisa mengambil senjata yang terbang secara acak. Jika pemain terkena tembakan, maka nyawanya otomatis akan berkurang. Sampai di sini apa sudah cukup rindu?

9. Excitebike

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecildestructoid.com

Berikutnya ada game balap motor dari Nintendo, Excitebike. Game yang menarik layaknya balap motor sungguhan ini dilengkapi dengan rintangan yang begitu menantang. Sebut saja tanjakan, lompatan hingga turunan yang membuat pembalap kesulitan hingga terjatuh. Tentu saja hal ini membuat para pemain semakin terpacu untuk menjadi pemenang balap motor di Excitebike.

Excitebike ini juga bisa dibilang salah satu game balap terbaik pada masanya. Dari konsepnya yang unik hingga track balap yang bervariasi, para pemain sangat menikmati hingga tertantang untuk bersaing menempati perangkat pertama.

10. Lunar Pool

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilgamefabrique.com

Lunar Pool adalah sebuah game billiar yang dikembangkan oleh Compile dengan perilisan awal pada tahun 1985. Game ini dapat dimainkan secara bergantian oleh para pemain layaknya bermain billiar sungguhan. Pemain dapat mengarahkan bola dengan kursor yang terdapat dalam game sebagai pengganti stick billiard untuk dapat dimasukkan kedalam lubang yang dituju.

Game ini sangat menarik untuk dimainkan. Setiap level-nya akan semakin sulit untuk dimenangkan karena papannya yang dibuat berubah-ubah. Siapa nih yang dulu suka main Lunar Pool?

11. Balloon Fight

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecildefunctgames.com

Diurutan kesebelas ada Balloon Fight. Game yang dikembangkan oleh Nintendo ini memiliki gameplay yang sederhana. Pemain menggunakan balon untuk terbang, kemudian diminta untuk membunuh musuh dengan cara menginjak balon milik mereka dan menyentuhnya kembali setelah balonnya meletus. Sembari membunuh musuh, pemain juga harus memastikan balon yang dibawa sebagai nyawa agar tidak meletus. 

Game ini bisa dimainkan oleh 2 pemain, yang di mana kedua pemain dapat saling bekerja sama untuk membunuh para musuh. Namun setiap pemain juga disarankan agar berhati-hati, karena balon yang dibawa bisa saja meletus oleh musuh atau bisa jadi oleh team sendiri. Seru, bukan?!

12. Tetris

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilemuparadise.me

Gamers mana yang belum pernah memainkan game legendaris ini? Tetris adalah permainan menyusun balok-balok berbagai bentuk hingga membentuk suatu susunan yang rapi. Diawal permainan, balok-balok tersebut akan datang secara perlahan-lahan, namun lama-kelamaan akan turun semakin cepat. Tentu saja game ini membutuhkan strategi agar bisa menang.

Game ini juga bisa dimainkan oleh 2 pemain secara bersamaan. Bila pemain menyusun balok-balok dengan tidak beraturan hingga mencapai batas atas, maka pemain tersebut akan kalah. Selama game berlangsung akan ada banyak lagu-lagu yang dimainkan. Masih ingat lagu-lagunya seperti apa?

13. Adventure Island

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilthestorypedia.com

Selanjutnya ada Adventure Island. Game ini mengisahkan tentang seorang pria yang hanya mengenakan celana dalam berwarna hijau dengan kecepatannya berlari sembari melawan musuh yang berusaha menghalangi. Gameplay-nya masih tergolong sederhana, namun berhasil mencuri banyak perhatian.

Di awal permainan, karakter utama game ini tidak dibekali senjata untuk melawan. Namun selama perjalanan, pemain akan menemukan telur yang dapat dipecahkan dan akan memberikan keuntungan seperti senjata dan kendaraan. Menariknya, pria ini juga bisa mendapatkan helm dan naik di atas skateboard untuk sampai ditujuan.

14. Felix the Cat

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecil336gamereviews.com

Siapa yang masih ingat game Felix the Cat? Game yang dirilis Nintendo pada tahun 1992 ini mengisahkan kucing hitam bernama Felix yang pergi untuk menyelamatkan pacarnya yang telah diculik. Pelaku yang menculik pacar Felix adalah musuhnya, yaitu Profesor.

Satu-satunya modal pertahanan Felix untuk mengalahkan musuh dalam game ini adalah tas ajaibnya. Di awal game, pemain yang berperan sebagai Felix akan dibekali 1 item ajaib, yaitu sarung tangan untuk meninju.

15. Road Fighter

Dari PS1 hingga NES, 15 Game Jadul Ini Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecilapkpure.com

Terakhir ada Road Fighter. Game balap mobil yang dikembangkan oleh Konami ini meminta pemain untuk mengendarai mobil hingga mencapai garis finish sebelum kehabisan bahan bakar atau bensin. Terdengar sepele, namun sangat menegangkan. Tentu saja untuk mencapai garis finish tidaklah gampang, ada beberapa rintangan yang harus dihadapi pemain.

Di lintasan yang sama, ada begitu banyak mobil yang berlalu-lalang. Jika menabrak mobil lain, mobil pemain akan tergelincir. Pemain juga akan dibuat kesal oleh mobil berwarna biru dan merah yang mengubah jalur seenaknya, bisa dibilang mirip ibu-ibu yang belok kiri atau kanan tanpa pasang sein dan tidak melihat spion. Game ini sangat seru dan sayang untuk dilewatkan, mulai dari rintangannya yang bervariasi, bunyi penanda bensin akan habis yang membuat jantung berdebar hingga ada adegan Superman lewat!

Dari 15 games yang disebutkan, kamu paling suka mainkan yang mana?

Baca Juga: Ini 7 Game Konsol Populer yang Dibuat Versi Mobile, Seru untuk Dicoba!

Yanti Mariastuti Photo Verified Writer Yanti Mariastuti

hi ☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya