Comscore Tracker

6 Karya Teknologi Keren dari Mahasiswa Ini Dipamerkan di ITS EXPO 2019

Semuanya merupakan inovasi menuju dunia yang lebih modern

Surabaya, IDN Times - Pernah dengar nama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)? Itu adalah salah satu universitas negeri ternama yang berada di Surabaya. Dalam jejeran kampus terbaik di Indonesia, ITS masuk ke dalam salah satunya.

Alasannya mudah: kampus tersebut melahirkan banyak jebolan mahasiswa berbakat. Semua itu terbukti dari pameran bernama ITS EXPO yang diadakan pada Rabu (10/4) hingga Sabtu lalu (13/4).

Bernama Hall of Fame, pameran tersebut menghadirkan buah karya mahasiswa ITS berupa teknologi terbaru. Ada yang masih berupa konsep, ada yang sudah jadi. Tapi jangan salah. Karya-karya tersebut sudah memenangkan banyak penghargaan. Berikut ini adalah beberapa inovasi menarik yang dapat disaksikan di sana.

1. Anargya: mobil Formula bertenaga listrik

6 Karya Teknologi Keren dari Mahasiswa Ini Dipamerkan di ITS EXPO 2019IDN Times/Enggal Hendi Wardhana

Kalian tidak salah lihat kalau ada mobil balap di pameran tersebut. Namanya Anargya, mobil formula garapan dari teman-teman ITS sendiri.

Sekilas tampak seperti mobil biasa, namun sebenarnya mobil balap ini tidak menggunakan energi dari pembakaran bahan bakar melainkan menggunakan energi listrik. Rencananya mobil ini akan dilombakan di Jepang yang bernama Student Formula.

2. EZZY ITS: mobil listrik yang mampu menempuh jarak jauh

6 Karya Teknologi Keren dari Mahasiswa Ini Dipamerkan di ITS EXPO 2019

Bukan, bukan. Ini benar bukan pameran otomotif. Ini pameran teknologi. Buktinya, mobil merah yang sekilas tampak seperti mobil komersil ini telah dimodifikasi sedemikian rupa hingga tak lagi menggunakan bensin untuk bergerak, melainkan dengan listrik. Digadang-gadang, mobil yang namanya diambil dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ini sangat irit dan mampu berjalan jauh hingga kamu bisa menuju kota lain hanya dengan sekali pengisian daya baterai.

3. Mobil formula hemat bahan bakar

6 Karya Teknologi Keren dari Mahasiswa Ini Dipamerkan di ITS EXPO 2019

Satu lagi inovasi teman-teman mahasiswa ITS terkait transportasi. Mobil formula yang sedang kalian lihat ini merupakan karya dari tim Sapu Angin. Di mobil ini, mereka mencoba mengaplikasikan sebuah mobil yang hemat bahan bakar, namun dapat berjalan sangat jauh. Karya Tim Sapu Angin ini juga rencananya akan dilombakan di Student Formula Jepang.

Baca Juga: Pandji Pragiwaksono di IT Talks: "Kiat Sukses Muda dengan Teknologi"

4. NALA: kapal laut yang otomatis

6 Karya Teknologi Keren dari Mahasiswa Ini Dipamerkan di ITS EXPO 2019

Bisa dibilang dalam pameran Hall of Fame, yang paling mengesankan adalah karya ini. NALA Evo Mark III adalah kapal robot yang dapat bergerak sendiri. Dengan menggunakan sensor yang ada di bagian depan, kapal ini dapat bergerak sendiri tanpa perlu dikontrol. Kapal ini memenangkan lomba di Amerika dalam AUVSI International Roboboat Competition karena mampu melewati halangan berupa bola-bola di air dan mencapai tujuan dengan otomatis dan lancar.

5. Pesawat terbang robot karya Bayucaraka

6 Karya Teknologi Keren dari Mahasiswa Ini Dipamerkan di ITS EXPO 2019

Dari kapal laut menjadi kapal udara, Bayucaraka adalah teman-teman tim pengembang ITS yang membuat pesawat dengan konsep robot. Serupa dengan NALA, pesawat ini adalah konsep pesawat terbang masa depan tanpa awak. Itu berarti pesawat ini dapat terbang sendiri menuju sebuah tempat tanpa perlu digerakkan. 

6. Spektronics: prototipe mobil berbahan dasar senyawa kimiawi

6 Karya Teknologi Keren dari Mahasiswa Ini Dipamerkan di ITS EXPO 2019

Sekilas seperti kereta api zaman dulu, namun ini juga merupakan konsep transportasi di masa mendatang. Benda yang seperti kereta tersebut di sebelah kanan dapat bergerak sendiri menggunakan bahan bakar hidrogen peroksida.

Itu adalah bahan yang umum dapat ditemui di produk pemutih. Menariknya, dalam pengolahan energi gerak hidrogen peroksida tersebut, bukanlah polusi udara yang dikeluarkan melainkan oksigen dan air. 

Menarik bukan karya-karya mahasiswa ITS di Hall of Fame ITS EXPO 2019? Apakah ada dari kalian yang menciptakan inovasi hal macam itu? Coba diikutkan lomba. Siapa tahu bisa menang.

Baca Juga: ITS EXPO 2019: Siapkan Acara Megah dengan Beragam Unsur Terkolaborasi!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You