Comscore Tracker

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam Tubuh

Ada yang diharapkan mampu menghancurkan sel kanker

Pernah dengar istilah mikrobot? Kalau belum, mudahnya itu adalah sebutan untuk robot-robot yang punya ukuran sangat kecil. Secara fungsi, mereka mampu digunakan untuk berbagai hal. Akan tetapi untuk saat ini ilmuwan sedang banyak mengembangkan nanobot di ranah kesehatan.

Mikrobot sebenarnya bukanlah hal yang baru. Jurnal berjudul “Nanodiagnostics in Microbiology and Dentistry” bahkan sudah mencatat teknologi mikrobot sejak 2012.

Hanya saja, memang hingga sekarang belum ada mikrobot yang benar-benar sempurna dan dipakai secara massal. Berikut ini beberapa mikrobot yang sudah tercipta ke dunia ini dan sedang dikembangkan.

1. Kilobot

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam Tubuhkilobots (ssr.seas.harvard.edu)

Diciptakan di Harvard University, kilobot hanya berukuran kurang dari 4 cm. Robot ini bergerak dalam grup dan diprogram untuk bisa melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh satu robot saja. Sejauh ini, aktivitas paling mencengangkan dari kilobot adalah mereka dapat mengatur dan menata dirinya sendiri hingga membentuk suatu pola.

2. Magnetically actuated mini-robots

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam Tubuhmagnetically actuated mini-robots (newscientist.com)

Sesuai namanya, mikrobot ini menggunakan kekuatan magnetik untuk bergerak dan beraktivitas. Mereka mampu membuat sesuatu, bahkan membangun robot lain. Lebih hebat lagi karena mikrobot ini berfungsi dengan baik pula di luar angkasa, mengingat gerakan mereka tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi.

3. Micro-scallops

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam TubuhMicro-scallops (spectrum.ieee.org)

Robot super kecil ini didesain untuk bisa memasuki tubuh manusia. Micro-scallops mampu masuk ke dalam aliran darah hingga bagian tubuh lainnya yang memiliki cairan. Diharapkan suatu hari nanti mikrobot ini dapat membawa obat dan langsung mengantarkan obat itu ke bagian tubuh yang membutuhkan.

4. Micro-bees

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam Tubuhmicro-bees (blog.scienceandindustrymuseum.org.uk)

Ilmuwan juga bereksperimen dengan membuat robot yang berkonsep lebah. Visi dari micro-bees ini adalah membawa dan memberikan serbuk kepada tumbuhan yang membutuhkan. Mikrobot ini masih terus dikembangkan mengingat masih ada banyak masalah yang dibawa micro-bees.

Baca Juga: 8 Fakta Perseverance, Robot NASA yang Mendarat di Mars 

5. Flapping robot

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam Tubuhflapping robot (livescience.com)

Robot yang bisa terbang adalah salah satu cita-cita yang ingin diwujudkan oleh para ilmuwan. Namun demikian, mimpi itu tidak mudah dicapai mengingat mekanisme terbang, khususnya yang datang dari serangga, sangat susah untuk dipahami. Oleh karena itu, ilmuwan mencoba konsep lain dan didapatkan bahwa meniru gerakan ubur-ubur jauh lebih efektif dan mudah dilakukan.

6. Inspektur jembatan

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam Tubuhmikro robot inspektur jembatan (herox.com)

Manusia dapat melakukan banyak hal, namun kita sering terkendala akibat sesuatu yang kecil. Sebagai contoh, saat menginspeksi suatu bangunan, seringnya kita tidak dapat melihat apa yang ada di dalam suatu celah akibat tubuh kita yang terlalu besar. Mikrobot inspektur jembatan mampu menyelesaikan masalah itu.

7. miBots

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam TubuhmiBots (schaefer-tec.com)

Pernah melihat hal-hal kecil dari mikroskop? Mencengangkan, bukan?

Bayangkan kamu harus membenarkan sesuatu yang ukurannya kecil seperti sel dan selalu dalam kondisi bergerak. Sudah pasti susahnya bukan main. miBots mencoba menjadi solusi dari masalah tersebut.

8. DNA Nanobots

8 Robot Berukuran Super Kecil, Bisa Masuk ke Dalam TubuhDNA nanobots (theplaidzebra.com)

Ini adalah robot super kecil yang diharapkan mampu menghancurkan sel kanker di masa depan. Dunia kesehatan berharap banyak akan kehadiran DNA nanobot, sehingga para ilmuwan masih mencoba mengembangkannya. Menjadi tantangan tersendiri bagi mereka, mengingat para ilmuwan harus membuat robot yang hanya berukuran 100 nm.

Itulah robot-robot super kecil yang ada di dunia ini. Bayangkan jika teknologi ini benar-benar berkembang sampai menjadi sempurna. Bisa jadi ketika sakit, kamu tak perlu lagi meminum obat pahit, mengingat robot kecil itu bisa masuk ke tubuhmu dan memberi obat dengan sendirinya.

Baca Juga: 4 Mars Rovers Milik NASA, Robot Lucu Penjelajah Planet Merah

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya