Comscore Tracker

4 Mars Rovers Milik NASA, Robot Lucu Penjelajah Planet Merah

#ANGPOIN mereka yang menjelajahi planet dingin demi kita

"My battery is low and it's getting dark."

Pada bulan Februari 2019 yang lalu, kita disedihkan atas kematian robot penjelajah bernama Opportunity, yang berhenti berfungsi setelah nyaris 15 tahun menjelajahi tanah dingin Mars sejak mendarat di sana pada bulan Januari 2004.

Oppy, yang terjebak badai debu di akhir Mei 2018, mendapati panel suryanya tidak bisa lagi mengisi daya karena langit yang ditutupi oleh lapisan debu yang terlalu tebal. Terlalu lama berada dalam keadaan hibernasi tanpa bisa menyalakan heater, robot seukuran mobil golf itu dinyatakan telah menyelesaikan misinya.

Rovers adalah robot kecil yang memiliki roda yang dibuat oleh NASA untuk tujuan menjelajahi MARS. Sepanjang sejarah, sudah ada empat robot yang berhasil dikirim ke tanah merah nan gersang planet seberang itu: Sojourner, Spirit, Opportunity, dan Curiosity.

Yuk, kita berkenalan dengan robot-robot ini satu persatu.

1. Sojourner: Pengemban misi menemukan jalan

4 Mars Rovers Milik NASA, Robot Lucu Penjelajah Planet Merahmeteoweb.eu

Sojourner adalah robot rover yang menjelajahi tanah Mars dengan tujuan pengambilan gambar sebagai bagian dari pemetaan. Robot enam roda yang memiliki berat 11.5 kilogram ini pertama kali mendarat di Mars pada Juli 1997. Sojourner ini hanya seukuran oven microwave, lho.

Dalam perjalanannya ke Mars, Sojourner tidaklah sendirian. Ia juga ditemani oleh spacecraft berbentuk piramid dan ditutupi airbag yang disebut Lander. Lander bertujuan untuk melindungi Sojourner sehingga bisa mendarat dalam posisi apa saja.

Selama di Mars, Sojourner sudah mengambil lebih dari 550 gambar. Menggunakan peralatan yang ada, Sojourner juga digunakan untuk mempelajari bahan bebatuan dan debu yang ada di Mars. Sementara Sojourner mempelajari bebatuan, Lander mengumpulkan informasi mengenai angin dan cuaca di Mars.

Berkat Sojourner, kita bisa mempelajari bahwa Planet Mars yang kering serta gersang itu dulunya ternyata pernah menjadi tempat yang hangat dan basah.

2. Spirit dan Opportunity: Duet robot penjelajah yang menemukan air di Mars

4 Mars Rovers Milik NASA, Robot Lucu Penjelajah Planet Merahplanetary.org

Spirit dan Opportunity adalah sepasang robot kembar yang dibuat dengan tujuan untuk mempelajari lebih banyak tentang Mars, melanjutkan apa yang sudah berhasil diteliti berkat foto-foto yang diambil oleh Sojourner.

Spirit dan Opportunity adalah robot kembar, karenanya, dua robot yang seukuran mobil golf ini membawa peralatan ilmiah yang sama, dan memiliki berat yang sama pula, yakni sekitar 170 kg.

Kedua robot yang memiliki kecepatan maksimum 0.16 km/jam ini diturunkan di dua lokasi yang berbeda, tepatnya di sisi planet yang saling berlawanan. Di mana ada air, di situ ada kehidupan. Karenanya, Tujuan utama Spirit dan Opportunity adalah satu: mencari sumber air.

Yang pertama kali menemukan jejak keberadaan air adalah Spirit. Spirit menemukan beberapa bekas tanda air dan bahkan aktivitas vulkanik. Spirit juga menjelajahi tanah cekung yang diduga merupakan sumber air panas jutaan tahun yang lalu.

Opportunity juga tak mau kalah. Mempelajari lapisan mineral tanah di sekitar tempat ia mendarat, Oppy berhasil mengumpulkan bukti bahwa derah tempat pendaratannya dahulu merupakan garis pantai dari lautan yang mengandung garam.

Berkat dua robot ini, ilmuwan dapat mengambil kesimpulan bahwa dahulu di Mars juga terdapat badan-badan air yang serupa dengan Bumi, seperti sungai atau danau.

Spirit berhenti berfungsi pada tahun 2010. Terperangkap di pasir, Spirit tidak bisa kembali ke posisi normal dan mengisi daya melalui panel surya, dan akhirnya mati di tengah dinginnya "musim dingin" Mars. Melanjutkan perjalanannya sendirian selama 8 tahun, Opportunity juga berhenti berfungsi karena badai debu yang menutupi matahari.

Baca Juga: Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasa

3. Curiosity: Robot yang bertugas mencari sumber kehidupan

4 Mars Rovers Milik NASA, Robot Lucu Penjelajah Planet Merahmars.nasa.gov

Kalau kamu ingat berita tentang robot penjelajah Mars yang menyanyikan dirinya sendiri happy birthday, maka artinya kamu sudah mengenal robot satu ini.

Curiosity adalah rover penjelajah Mars yang mengemban misi untuk memastikan apakah Mars memiliki kondisi yang cukup bersahabat untuk mikroorganisme. Dibanding pendahulunya, Curiosity memiliki ukuran paling besar, sebanding dengan mobil SUV kecil. Dia juga memiliki ukuran roda yang lebih besar, guna membantunya untuk melewati pasir dan batu tanpa tersangkut.

Robot yang memiliki berat sekitar 900 kg ini memiliki kecepatan hingga 0.14 km/jam.

Tujuan Curiosity ke Mars juga untuk mengukur radiasi di Mars. Pengukuran radiasi ini sangat penting untuk mendesain perlengkapan misi yang lebih aman bagi penjelajah manusia nanti. Berkat Curiosity, ilmuwan di NASA jadi bisa mendesain perlengkapan yang sesuai dengan tingkat bahaya radiasi di Mars nanti.

4. Mars 2020: Robot yang akan berangkat untuk menjawab pertanyaan kita

4 Mars Rovers Milik NASA, Robot Lucu Penjelajah Planet Merahspacenews.com

Pada tahun 2020 nanti, NASA akan mengirimkan rover terbaru mereka: Mars 2020, yang akan mengemban misi untuk menjawab berbagai pertanyaan para ilmuwan, termasuk di antaranya: apakah di Mars pernah ada kehidupan mikroorganisme?

Mars 2020 memiliki ukuran yang sama seperti Curiosity, yakni seukuran SUV kecil, namun membawa lebih sedikit instrumen ilmiah. Proyek peluncuran Rover terbaru ini dikabarkan menelan biaya sebesar 2 milyar Dollar.

Selain mencari jejak kehidupan, di udara Mars yang penuh dengan karbon dioksida, Mars 2020 juga akan menguji metode mengambil oksigen dari lapisan atmosfer.

Mars 2020 dikabarkan akan mendarat pada tahun 2021, di wilayah Mars yang disebut sebagai Jezero Crater, lokasi yang diperkirakan oleh para ilmuwan sebagai delta dari sungai yang dulu pernah ada di sana sekian juta tahun yang lalu.

Nah, itu tadi merupakan empat rover NASA yang telah menjelajahi Mars, ditambah dengan satu lagi rover yang akan meluncur pada tahun 2020. Bagaimana pendapatmu? Apa yang menurutmu akan ditemukan oleh Mars?

Seandainya hidup di Mars memungkinkan, apakah kamu mau pindah ke sana?

Baca Juga: Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasa

Andika Photo Writer Andika

Kunci bahagia: makan yang banyak, tidur yang nyenyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya