Comscore Tracker

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologi

Ternyata teknologi jauh lebih mendalam dari yang kamu kira

Setiap hari kita menggunakan teknologi di sekitar kita. Entah itu air conditioner, smartphone, ataupun komputer yang digunakan untuk bekerja. Namun itu hanya sebatas menggunakan, bukan memahami.

Pada dasarnya teknologi di zaman sekarang jauh lebih penting dari apa yang kamu pikirkan. Mereka dapat mempengaruhi budaya, politik hingga masyarakat. Oleh karena itu penting untuk memahami teknologi secara mendalam. Berikut ini ada beberapa poin yang bisa membuat kalian berpikir kritis mengenai teknologi yang mempengaruhi hidup kita.

1. Teknologi tidak pernah netral

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologinytimes.com

Walaupun dibuat untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik, sebenarnya teknologi tercipta karena keinginan pembuatnya. Ada nilai-nilai dalam teknologi itu yang didasarkan oleh prioritas sang pembuat. Jadi semua kehidupan kita yang berubah akibat teknologi adalah karena keinginan sang pembuat teknologi itu sendiri.

2. Teknologi bukan tidak bisa dihindari

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologisteemit.com

Memang teknologi terus maju seiring berkembangnya zaman, namun tidak seperti waktu, kita bisa menghindarinya jika kita memang tidak menginginkannya. Ada pula teknologi yang dianggap gagal dan tidak menguntungkan manusia, dan teknologi itu tidak pernah dipakai. Jadi jangan berpikiran bahwa kamu terjebak oleh teknologi dan tak punya pilihan lain selain mengikutinya.

3. Kebanyakan pencipta teknologi bermaksud baik

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologibltt.org

90 persen ke atas para pencipta teknologi menginginkan teknologinya memberikan dampak positif. Penting untuk mengetahui agar saat ada seseorang yang menyalahgunakan teknologi itu, kita tidak langsung berpikiran bahwa teknologi itu jahat.

Baca Juga: 7 Teknologi Ini Diprediksi Akan Punah dalam 10 Tahun Mendatang

4. Sejarah teknologi tidak terdokumentasi dan dimengerti dengan baik

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologiraconteur.net

Di depan mata kita sekarang banyak teknologi yang kita gunakan. Akan tetapi uniknya kita tidak mengetahui siapa pencipta teknologi itu dan bagaimana prosesnya.

Banyak pertanyaan lain juga yang tidak terjawab, seperti bagaimana nasib para pembuat aplikasi yang tidak laku di pasaran dan apa permasalahannya? Padahal dengan mengetahui hal macam ini, pembuat teknologi zaman sekarang bisa menghindari masalah yang dilakukan oleh pendahulunya.

5. Tidak pernah ada satu pembuat jenius dalam teknologi

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologinewsweek.com

Kita melihat Steve Jobs sebagai seorang yang mendapatkan kredit sebagai penemu iPhone. Faktanya iPhone tercipta karena usaha banyak orang yang bekerja di Apple dan merupakan hasil dari proses orang lain yang mencoba menciptakan produk serupa. Mitos “Lone creator” adalah sesuatu yang berbahaya karena menyingkirkan proses-proses penciptaan sebuah teknologi.

6. Perusahaan besar bidang teknologi mendapatkan keuntungan hanya dengan menggunakan salah satu dari tiga cara

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologitmrwedition.com

Yang pertama adalah pengiklanan. Google dan Facebook sebagian besar mendapatkan uangnya dengan menjual informasimu kepada pengiklan. Yang kedua bisnis besar. Microsoft dan Oracle bisa muncul karena ada perusahaan besar lainnya yang membutuhkan mereka dan berani membayar mahal. Yang ketiga adalah dari individu. Apple dan Amazon membuatmu membeli produk dan membayarkannya langsung ke mereka. Ini bentuk bisnis terang-terangan.

7. Teknologi adalah tentang fashion sebagai fungsi

7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologifourquadrant.com

Bagi orang luar, para pencipta memilih teknologi berdasarkan apa yang paling modern dan paling pantas untuk melakukan tugasnya. Kenyataannya membuat teknologi seperti mengikuti fashion. Ia mengikuti apa yang sedang populer dan memberikan buah produk dari hal trendi tersebut.

Membaca poin-poin ini jelas menyadarkan bahwa selama ini kita tidak paham apa-apa tentang teknologi. Dari pandanganmu sendiri, apakah itu teknologi? Bagaimanakah kamu dan masyarakat menggunakannya? Apakah sudah berjalan dengan baik atau belum? Teruslah bertanya agar kamu bisa mendapatkan jawabannya.

Baca Juga: Mengenal Deepfake, Teknologi Ngeri yang Digunakan untuk Membuat Hoaks!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You