Comscore Tracker

Serangan Virus Corona Bikin Apple Merugi, Samsung Justru Untung Banyak

Memanfaatkan kondisi pesaing?

Perusahaan raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung berpotensi meraup keuntungan besar dari serangan virus corona. Pasalnya, mereka bisa memanfaatkan kesengsaraan pesaing terdekatnya, yakni Apple yang sedang kewalahan menghadapi virus corona di Tiongkok.

Tidak hanya Apple, perusahaan saingan lainnya seperti Xiaomi dan Huawei juga sedang mengalami hal yang sama seperti Apple. Malahan, Apple sudah mengumumkan kalau mereka tidak akan mencapai target pendapatan di bulan Maret.

Ingin tahu bagaimana bisa Samsung diuntungkan dari serangan virus corona ini? Simak ulasan selengkapnya berikut!

1. Pabrik Samsung tidak terkena virus corona seperti perusahaan lainnya

Serangan Virus Corona Bikin Apple Merugi, Samsung Justru Untung Banyakpewa.co.ke

Seperti diketahui, virus corona di Tiongkok merugikan sejumlah perusahaan hingga membuat ribuan nyawa melayang. Terlebih, Apple yang menaruh 'nyawanya' di Tiongkok juga kena imbasnya. Bagaimana tidak, sebagian besar produksi dan penjualan produk Apple berada di Tiongkok sehingga semua itu sedang lumpuh saat ini karena virus corona.

Dengan lumpuhnya Apple, maka Samsung berada di posisi yang lebih baik karena tidak mengalami hal yang sama, berhubung sebagian besar pabrik mereka berada di Vietnam, demikian dilansir dari Reuters. Lebih-lebih, Samsung semakin diuntungkan mengingat pesaing mereka seperti Xiaomi dan Huawei juga berbasis di Tiongkok. Praktis, ketiga perusahaan tersebut kesulitan untuk mencapai target masing-masing di bulan Maret.

Baca Juga: Samsung Galaxy A51 vs A50s, Perbedaan Mencolok dari Hasil Fotonya

2. Vietnam punya tenaga kerja lebih murah dan minim virus corona

Serangan Virus Corona Bikin Apple Merugi, Samsung Justru Untung Banyakven.vn

Jika ditelaah lebih lanjut, Samsung benar-benar sedang di atas awan saat ini. Sudah pesaingnya lumpuh, Samsung tidak terlalu pusing mengurus virus corona, karena di Vietnam wabah tersebut sangat minim. Bahkan, untuk kamu yang belum tahu, tenaga kerja di Vietnam itu dibayar sangat murah loh, benar-benar definisi "sambil menyelam minum air."

Sejak memulai produksinya di Vietnam pada tahun 2009 silam, Samsung telah secara agresif meningkatkan outputnya. Kini, mereka berpeluang meningkatkan pertumbuhannya dengan memanfaatkan kerugian Apple dan kawan-kawan. Melansir TrendForce, Apple saja sampai memangkas 10 persen produksinya.

3. Samsung bukan berarti tidak merugi

Serangan Virus Corona Bikin Apple Merugi, Samsung Justru Untung Banyaktechspot.com

Meskipun Samsung seolah-olah bisa mendapatkan keuntungan besar, namun bukan berarti Samsung tidak kena dampak buruknya juga. Menurut analis di Hyundai Motor Securities Greg Roh, Samsung tidak sepenuhnya kebal dari virus corona.

Ternyata, Apple dan Huawei adalah 2 dari 5 perusahaan teratas yang jadi fokus Samsung untuk dipasok chip memori dan display. Jika Apple dan Huawei kesulitan dalam memproduksi produknya, maka otomatis pasokan chip dan display Samsung akan berkurang. Jadi, pendapatan mereka juga berkurang deh.

Itulah beberapa hal yang harus kamu tahu dari keuntungan Samsung akibat mewabahnya virus corona, di samping kerugian Apple dan kawan-kawan saat ini. Walaupun tidak sepenuhnya untung, tapi tetap saja Samsung untung banyak.

Baca Juga: Jadi Brand HP Tertua, Ini 11 Keunggulan Samsung dibandingkan yang Lain

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya