Comscore Tracker

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!

Apakah kamu merupakan salah satu pengguna TikTok?

Aplikasi TikTok kini tengah digandrungi anak muda di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, sejumlah selebritis dunia pun ikut meramaikan demam TikTok yang tengah melanda. Aplikasi yang tak hanya berisi hiburan, tapi juga mendorong pengembangan kreativitas ini pun menuai sukses besar di dunia bisnis, lho! Bahkan, perusahaan pendiri TikTok kini menjadi startup dengan nilai valuasi tertinggi di dunia! Yuk, simak 8 fakta menarik TikTok!

1. Bukan Amerika Serikat, TikTok ternyata berasal dari Cina

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!slate.com

TikTok didirikan oleh sebuah perusahaan asal Cina yang bernama Bytedance. Pada tahun 2016, perusahaan tersebut meluncurkan sebuah aplikasi bernama Douyin di negeri bambu tersebut. Selain di Cina, aplikasi tersebut dikenal dengan nama TikTok. Sedangkan, nama Douyin untuk aplikasi tersebut masih digunakan di Cina.

2. Pernahkah kamu berpikir bahwa Tiktok mirip dengan Musical.ly?

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!malavida.com

Sebelum demam TikTok melanda, sebuah aplikasi serupa pun pernah digandrungi kaun milenial, yakni Musical.ly. Jika kamu pernah menggunakan aplikasi itu pun memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama, 'kan?

Salah satu alasannya ialah dibelinya Musical.ly oleh Bytedance, perusahaan pendiri TikTok pada tahun 2017. TikTok pun dengan mudah menguasai target kaum milenial yang sebelumnya dipegang oleh Musical.ly, nih!

3. Jumlah pengguna TikTok di seluruh dunia telah mencapai 800 juta, lho!

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!youtube.com

Dilansir dari Wallaroo, total jumlah pengguna aktif TikTok di seluruh dunia hingga tahun 2020 ini telah mencapai 800 juta pengguna, lho! Hampir sebagian dari seluruh pengguna tersebut berasal dari Cina, tempat aplikasi tersebut didirikan. 

Baca Juga: Ketagihan Main TikTok, Intip 5 Video TikTok Lucu Inul Daratista

4. Bahkan, aplikasi ini sudah pernah diunduh 2 miliar kali, lho!

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!bestcellphonespyapps.com

Hingga bulan April 2020, TikTok telah diunduh sebanyak 2 miliar kali di seluruh dunia. Dilansir dari Mediakix, TikTok diunduh sebanyak 738 juta kali pada tahun 2019. Angka ini pun berhasil mengalahkan Instagram yang diunduh sebanyak 500 juta kali di tahun yang sama. Keren banget, deh!

5. Dikuasai anak muda, mayoritas pengguna TikTok berusia 16-24 tahun

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!hongkongliving.com

Dilansir dari Globalwebindex, 41 persen pengguna TikTok merupakan remaja yang berusia 16-24 tahun. Apakah kamu termasuk salah satunya?

6. Tersedia di lebih dari 150 negara, TikTok berhasil mendunia

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!theverge.com

Walaupun lebih banyak digunakan di negara-negara Asia, TikTok sudah tersedia di 154 negara, lho! Pengguna terbanyak aplikasi ini berasal dari Cina dan India.

7. Aplikasi ini rata-rata digunakan selama lebih dari 50 menit setiap harinya oleh para pengguna. Bagaimana denganmu?

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!youtube.com

Para pengguna aktif aplikasi ini rata-rata menghabiskan lebih dari 50 menit per hari dalam menggunakan TikTok. Angka ini hampir sama dengan Instagram dan Facebook yang penggunanya juga menghabiskan waktu yang hampir sama kala menggunakan dua aplikasi tersebut per harinya. 

8. Saking suksesnya TikTok, perusahaan pendirinya, Bytedance, menjadi “The Most Valuable Startup in the World”, lho!

Favorit Kaum Milenial, Intip 8 Fakta Kesuksesan Aplikasi TikTok!cnn.com

Tak mengherankan bila pemegang gelar The Most Valuable Startup in the World  kini jatuh ke tangan Bytedance, perusahaan pendiri TikTok.  Dilansir dari laman CNBC, nilai valuasi Bytedance kini mencapi 110 miliar dolar Amerika, lho! Tak hanya TikTok, perusahaan ini juga merupakan pendiri Douyin, yakni nama lain untuk TikTok yang berada di Cina, dan Toutiao, sebuah portal media informasi. Keren banget, deh!

Wah, TikTok berhasil menjadi aplikasi unggulan dalam waktu hampir empat tahun saja, lho! Dalam masa pandemi COVID-19 ini, TikTok pun hadir sebagai hiburan di kala bosan. Setuju?

Baca Juga: Aksi Pemblokiran TikTok: Didorong Motif Politik atau Keamanan Data?

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya