Comscore Tracker

WhatsApp Rilis Fitur Transfer Chat dari HP Android ke iPhone

Bagi yang ingin pindah haluan, dipermudah Meta!

Pada Oktober 2021 silam, Google mengumumkan bahwa Android mendukung transfer data aplikasi chatting, WhatsApp, dari iPhone ke HP Android, terutama untuk OS Android 12. Hal ini memudahkan mereka yang berpindah haluan ke HP Android.

Lalu, bagaimana untuk mereka yang ingin pindah dari Android ke iPhone? Kabar baik datang dari Meta. Sekarang, WhatsApp sudah mendukung transfer data dari Android ke iPhone.

1. Sudah direncanakan sejak Januari 2022

WhatsApp Rilis Fitur Transfer Chat dari HP Android ke iPhonetangkapan layar fitur transfer data dari Android ke iOS pada versi beta WhatsApp iOS Januari 2022 lalu (wabetainfo.com)

Dilansir WABetaInfo, sebenarnya fitur transfer riwayat percakapan WhatsApp dari Android ke iPhone sudah direncanakan sejak Januari 2022 silam. Fitur ini terlihat dari versi beta WhatsApp 22.2.74 untuk iOS.

Berdasarkan tangkapan layar WABetaInfo, WhatsApp akan meminta izin pengguna terlebih dahulu sebelum memulai transfer data. Selain itu, agar proses berjalan mulus, aplikasi ini akan meminta pengguna untuk tetap membuka WhatsApp dan tak mengunci HP selama proses transfer berlangsung.

Baca Juga: WhatsApp Akan Rilis Fitur Keluar Grup Diam-diam, Asyik!

2. Diumumkan langsung oleh CEO Meta

Setelah menunggu hampir 5 bulan, CEO sekaligus pendiri Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan peresmian rilisnya fitur transfer data WhatsApp dari Android ke iPhone pada Selasa (14/6/2022). Bukan cuma riwayat percakapan, transfer data ini juga mencakup foto, video, dan pesan suara WhatsApp.

"Ini adalah fitur yang paling diminta. Kami meluncurkan fitur untuk berpindah dari iPhone-->Android tahun lalu, dan sekarang, kami mendukung Android-->iPhone juga," tulis Mark.

Dilansir The Verge, fitur ini menyelesaikan permasalahan lama WhatsApp, yaitu kesulitan memindahkan data dari kedua OS yang berseberangan tersebut.

3. Hanya untuk iPhone baru

WhatsApp Rilis Fitur Transfer Chat dari HP Android ke iPhoneaplikasi Move to iOS untuk memindahkan data dari Android ke iOS (play.google.com)

Tidak secepat itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum transfer data berlangsung. Pertama, proses ini hanya berlaku untuk iPhone baru atau yang telah menjalani factory reset. Untuk melakukan transfer data adalah HP Android minimal menjalankan OS Android 5 (Lollipop), dan iPhone menjalankan iOS 15.5.

Kedua, HP Android perlu aplikasi Move to iOS yang tersedia di Play Store. Sudah ada sejak lama, Move to iOS sudah membantu pengguna Android untuk memindahkan data kontak, kalender, SMS, dan data lainnya jika berpindah ke iPhone. Namun, dengan rilisnya fitur ini, maka perpindahan data WhatsApp jadi lebih mudah.

Saat menyetel iPhone baru (atau sesudah factory reset), ketuk pilihan Move data from Android, dan ikuti langkah selanjutnya dari Move to iOS. Sesudah proses setup iPhone selesai, buka aplikasi WhatsApp dan masuk dengan nomor telepon yang digunakan di HP Android. Data WhatsApp HP Android akan muncul.

Perlu dicatat, riwayat percakapan WhatsApp iOS akan terhapus dan digantikan oleh riwayat data dari HP Android. Jadi, pastikan percakapan yang penting telah dibuat cadangannya terlebih dulu.

Baca Juga: 7 Aplikasi Perpesanan Terbaik Alternatif WhatsApp

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya