TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ramai Akun WhatsApp Terblokir Sementara, Diduga Karena Pakai WA Ilegal

Banyak unggahan WA terblokir sementara di Twitter

Unsplash/Amin Moshref

Sejak sekian lama WhatsApp hadir mengisi hari-hari kita, kasus akun WhatsApp diblokir merupakan kasus yang jarang terjadi. Kecuali memang akun tersebut digunakan untuk melakukan kejahatan seperti penipuan atau spam, kasus pemblokiran WhatsApp memang jarang terdengar.

Namun, beberapa hari belakangan di Twitter banyak beredar unggahan dari netizen yang mengungkapkan bahwa akun WhatsApp mereka terblokir sementara. Kenapa?

Baca Juga: Fitur WhatsApp Communities Rilis, Begini Cara Menggunakannya

Netizen mengunggah akun mereka terblokir sementara

Akun @tanyakanrl di atas bukan satu-satunya akun yang mengunggah tentang akun WhatsApp yang terblokir sementara. Ada banyak akun base lainnya yang juga mengunggah hal serupa.

Dalam unggahan tersebut, pengguna WhatsApp mengeluhkan bahwa akun mereka terblokir sementara. Ada beberapa yang terblokir selama 2 hari, namun, ada juga yang akun WhatsApp-nya terblokir selama 3 hari lebih. 

Selama durasi tersebut, pengguna tidak bisa menikmati beragam fitur yang ada di WhatsApp. Mereka tidak bisa menggunakan fitur chat, grup, voice call, hingga video call.

Diduga menggunakan aplikasi WhatsApp ilegal

Menanggapi hal tersebut, para pengguna Twitter langsung menebak bahwa si pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi WhatsApp ilegal. Yang dimaksud dengan aplikasi WhatsApp ilegal adalah aplikasi modifikasi WhatsApp yang dikembangkan oleh pihak ketiga seperti WA GB, WA Aero, WA Yo, WA Plus, FMWhatsApp, dan lainnya.

Aplikasi WhatsApp modifikasi tersebut memang sekilas terlihat menarik. Ada beberapa fitur yang tak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp reguler seperti bisa melihat pesan terhapus yang memang menarik untuk digunakan. Namun, tetap saja aplikasi tersebut ilegal.

Pihak WhatsApp sendiri tidak pernah memberikan izin kepada developer lain untuk mengembangkan atau memodifikasi WhatsApp. Jika kalian menggunakan WA modifikasi yang sejatinya ilegal tersebut, jangan kaget kalau akun WhatsApp kalian terblokir.

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Polling, Ini Cara Menggunakannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya