TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Belanja Online agar Paket Aman Sampai Tujuan

Menghindari barang rusak di jalan 

ilustrasi menerima paket (unsplash.com/Kira auf der Heide)

Membeli barang secara online membantu konsumen mendapatkan produk yang diinginkan. Cara ini lebih mudah karena bisa dilakukan di rumah menggunakan marketplace tanpa perlu datang ke toko.

Namun kadang produk yang datang dalam kondisi yang rusak atau pecah. Berikut ini tips untuk pembeli online agar paket aman sampai tujuan.

1. Baca keterangan produk 

ilustrasi membaca keterangan produk di marketplace (unplash.com/John Schnobrich)

Biasanya saat menemukan barang incaran, pembeli online langsung check out tanpa membaca keterangan produk tersebut. Apakah harga itu sudah termasuk kardus maupun bubblewrap.

Ini berlaku untuk barang pecah belah, makanan maupun produk yang riskan di perjalanan jauh. Karena penambahan kardus membuat paket aman hingga tujuan.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Online biar Puas, Jangan Asal Pilih Toko

2. Bertanya pada admin 

ilustrasi chat admin olshop (unsplash.com/Luke Southern)

Malu bertanya sesat di jalan. Peribahasa ini bisa berlaku untuk pembeli yang ingin paketnya aman sampai tujuan. Untuk urusan beli online, bertanya pada admin akan menjawab permasalahanmu.

Kadang ada produk incaran yang keterangannya tidak detail. Sudah naksir tapi masih belum sreg. Tanya saja pada admin apa yang membuatmu masih ragu. Misalnya apakah roti kesukaanmu masih aman dan tidak berjamur sampai rumah. 

3. Menambahkan bubblewrap dan kardus 

ilustrasi penjual online sedang mengemas paket (unsplash.com/Bench Accounting)

Tidak ada yang tahu kondisi pengiriman dan tidak ada yang bisa menjamin. Pihak pengiriman bisa menjamin bila paket disertai bubblewrap dan kardus.

Setiap toko online menyediakan boks maupun bubblewrap. Namun kadang itu tidak termasuk dalam harga produk incaran.

4. Jeli produk incaran 

ilustrasi customer sedang membaca detail barang yang akan dibeli (unsplash.com/Daily Nouri)

Salah satu alasan membeli barang di marketplace adalah karena harga yang lebih murah. Belum lagi promo gratis biaya ongkir. Jadinya langsung saja check out tanpa tahu detail produk.

Misalnya produk yang dijual karena masa expired produk yang dekat atau PC idola KPop yang memang sudah rusak sejak awal. Daripada kecewa saat paket datang, bukanlah lebih baik jeli terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Online, Harus Hati-hati!

Verified Writer

Ira Kurniasari

nulis buat healing ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya