TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Platform untuk Link Bio Instagram, Apik dan Profesional

Cocok untuk content creators atau pemilik bisnis

Ilustrasi aplikasi Instagram (pexels.com/Lisa)

Apakah kamu seorang content creator atau pemilik bisnis yang bingung bagaimana cara untuk meletakkan semua tautan dalam satu link sesuai dengan ketentuan Instagram? Pastinya akan pusing jika kamu perlu mengganti link setiap hari, bukan? Solusinya adalah menggunakan link in bio tools. 

Dengan link in bio tools, beragam tautan atau URL yang kamu miliki bisa di-input ke dalam satu URL saja. Jadi, kamu bisa mengarahkan follower media sosial ke berbagai website  atau media sosial lainnya yang kamu miliki.

Beberapa platform untuk link bio Instagram berikut ini ada yang gratis dan dikenakan biaya pada beberapa layanannya. Namun, secara keseluruhan platform untuk link bio Instagram berikut ini memiliki desain apik dan profesional.

1. Linktree

Ilustrasi Linktree (dok. Linktr.ee/Linktree)

Linktree adalah salah satu tools terkenal dan banyak digunakan pengguna media sosial. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Jika menggunakannya secara gratis, kamu akan mendapatkan fitur inti seperti tautan tak terbatas, mengatur ulang tautan, ikon media sosial, 9 tema standar, dan alat analitik dasar.

Jika memilih paket yang berbayar, maka kamu akan mendapat akses ke opsi tema yang lebih banyak, alat analitik yang lebih rinci, kemampuan untuk menjadwalkan tautan, dan masih banyak lagi! Linktree merupakan alat yang cocok untuk para influencer media sosial, pebisnis, dan individu lainnya.

2. Biolinky 

Ilustrasi Biolinky (dok. Biolinky.co/Biolinky)

Platform ini memiliki laman yang sangat baik dan mudah untuk digunakan. Sama seperti Linktree, kamu dapat menggunakan Biolinky untuk menautkan semua media sosial pada satu platform dan dapat memilih beberapa tema dasarnya. 

Tidak kalah dengan Linktree, Biolinky juga memiliki fitur tambahan yaitu pengguna dapat menggunakan beberapa fasilitas untuk personal branding, seperti warna dan logo brand. Jika memilih paket berbayar, kamu akan mendapat akses ke layanan seperti dukungan prioritas, animasi link, integrasi analitik Google, dan lain sebagainya.

3. Milkshake 

Ilustrasi Milkshake (dok. Milkshake App/Milkshake)

Saingan Linktree, Milkshake merupakan tools populer yang memiliki banyak pengguna karena penampilan dan penggunaanya yang unik. Berbeda dengan yang lain, Milkshake memungkinkan kamu untuk membuat situs web sederhana dan mereka menggunakan 'kartu' yang berfungsi sebagai halaman situs. Milkshake sendiri dirancang untuk Instagram, itulah mengapa cara menggunakan aplikasi ini mirip dengan Instagram, yaitu dengan swipe left atau geser ke kiri. 

Kamu juga dapat memilih dari pilihan template yang sudah disediakan, dan menyesuaikan warna dan font-nya. Jika menggunakan versi gratis, Milkshake akan secara otomatis menambahkan kartu dengan merek mereka pada bagian akhir situs. Milkshake sangat bagus untuk para influencer dan pembuat konten yang menginginkan situs web sederhana untuk Instagram mereka.

Baca Juga: 11 Cara Membuat NGL Link di Instagram yang Lagi Viral

4. Desty 

Ilutsrasi Desty (dok. Desty App/Desty)

Tidak kalah dengan negara lain, Indonesia juga memiliki link in bio tools yang dapat kamu gunakan secara gratis! Desty menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda dengan tools lain, dan tentunya lengkap dengan laporan analitik juga. Namun, Desty memiliki 2 tipe platform yang berbeda yaitu Desty Page dan Desty Store.

Desty Store dapat kamu gunakan jika ingin memulai situs jualan. Dilengkapi dengan pilihan pembayaran dan kurir pengiriman, serta desain toko sesuai dengan brand kamu, platform Desty cocok untuk digunakan oleh para pebisnis dan kreator.

5. Campsite 

Ilustrasi Campsite (dok. Campsite.bio/Campsite)

Campsite merupakan pilihan tools lain yang mirip dengan Linktree dari desain halaman utamanya. Tidak jauh berbeda, opsi gratis Campsite akan memberikan kamu fitur-fitur utama seperti tautan tak terbatas dan analitik dasar. Campsite juga memberikan kamu kendali penuh atas branding termasuk warna, logo, dan font. 

Dengan Campsite, kamu dapat secara otomatis membiarkan mereka memasukkan gambar dalam tautan yang telah diunggah. Namun, kamu akan mendapat fitur tambahan seperti menggunakan domain pribadi, menghapus branding Campsite, mengunggah gambar sendiri, dan banyak fitur lainnya dengan memilih paket berbayar.

Baca Juga: 7 Website Terbaik untuk Download Foto dan Video Instagram

Writer

Shafitri Diniyah

Hanya seseorang yang suka menulis dan membagi ilmu | Terima kasih telah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya