Comscore Tracker

11 Cara Membuat NGL Link di Instagram yang Lagi Viral

Lengkap dengan cara balas pesannya juga

Setelah ask.fm dan Secreto, kini muncul tren baru bernama NGL.link. Aplikasi ini memberikan kebebasan orang lain untuk membubuhkan pesan secara anonim, lalu bisa di-share ke Instagram Stories. Kamu pun bisa menjawab komentar maupun pertanyaan tanpa mengetahui siapa pengirimnya.

Tertarik mencobanya? Cara membuat NGL link cukup simpeL, kok. Yuk, coba, biar gak ketinggalan tren dengan user Instagram lain. Siapa tahu, kan, ada secret admirer yang pengin confess.

Apa itu NGL link?

Sebagaimana disinggung sebelumnya, NGL link adalah fitur dari aplikasi yang menyediakan layanan komentar anonim. NGL sendiri merupakan singkatan dari ‘Not Gonna Lie’ yang berarti ‘gak akan bohong’.

Secara eksplisit, fitur ini memfasilitasi orang lain mengeluarkan segala unek-unek (dengan cara yang sopan) kepada pemilik tautan. Kalau kamu pernah mencoba Secreto, mungkin akrab karena cara kerjanya serupa.

Aplikasi NGL: Anonymous Q&A sendiri merupakan aplikasi besutan developer DeepMoji asal California, Amerika Serikat. Sebenarnya, aplikasi NGL ini sudah hadir sejak November 2021 lalu, tetapi baru booming pada bulan Juni 2022, terutama di Indonesia. Mendukung lebih dari 50 bahasa, aplikasi ini tersedia dan bisa diunduh melalui Apps Store maupun Google Play Store. 

Cara membuat NGL link

11 Cara Membuat NGL Link di Instagram yang Lagi Viralilustrasi aplikasi NGL (play.google.com)

Penasaran pesan apa yang ingin dikirimkan orang lain buat kamu? Ikuti cara membuat NGL link berikut ini. Cukup sediakan ponsel yang mendukung aplikasi dan jaringan internet stabil. Nah, seperti ini tahapannya:

  1. Unduh aplikasi NGL: Anonymous Q&A di Google Play Store maupun Apps Store 
  2. Setelah terpasang, buka dan jalankan seperti biasa
  3. Di halaman awal, klik opsi ‘Get Questions’ untuk mendapatkan tautan khusus yang mengarah ke ‘dinding’ NGL milikmu
  4. Masukkan nama pengguna alias username Instagram. Misalnya, @idntimes atau @idn_app 
  5. Klik ‘Done’ dan tunggu aplikasi memproses tautan yang dikustomisasi 
  6. Pilih ‘Copy Link’ untuk menyalin tautan ke clipboard ponsel. Dengan begitu, kamu bisa membagikan tautan tersebut ke berbagai sosial media
  7. Buka aplikasi Instagram, login menggunakan akun yang kamu kehendaki
  8. Lakukan langkah-langkah membuat story Instagram seperti biasa. Kamu bisa menyisipkan gambar atau video sebagai latar belakang juga
  9. Pilih ikon stiker berbentuk kotak yang tersenyum dengan ujung dilipat > pilih fitur ‘Link’ atau ‘Tautan’
  10. Pada jendela baru, masukkan tautan NGL yang sudah kamu salin sebelumnya. Pilih ‘+ Sesuaikan Teks Stiker’ jika ingin kustomisasi keterangan teks pada tautan
  11. Klik ‘Selesai’ dan bagikan story yang sudah dibuat ke seluruh followers.

Selain menyempatkan pada Instagram story, kamu juga bisa menyisipkan tautan NGL di profil akun sosial mediamu. Dengan begitu, orang lain bisa memberi pesan kapan pun selama tautan masih ada di sana.

Baca Juga: 5 Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

Cara mengecek dan membalas pesan NGL link

11 Cara Membuat NGL Link di Instagram yang Lagi Viralilustrasi meme NGL (twitter.com/donotcallmejoe)

Mungkin perlu menunggu beberapa saat sampai pengikut di sosial media melihat unggahan cerita dan memberikan respons pada tautanmu. Sembari menunggu, agaknya kamu perlu tahu cara mengecek pesan yang masuk. 

Cara ini sekaligus menjadi tahapan untuk membalas pesan anonim yang diberikan orang lain. Nah, berikut langkahnya.

  1. Buka aplikasi NGL: Anonymous Q&A di ponselmu
  2. Pilih menu ‘Inbox’ atau ‘Pesan Masuk’ jika pengaturannya dalam bahasa Indonesia
  3. Klik ‘Email’ untuk menemukan semua pesan yang diberikan secara anonim
  4. Pilih ‘Reply’ pada pesan yang ingin kamu balas. 

Bagikan pertanyaan ke story Instagram jika ingin membalasnya melalui postingan cerita. Dengan begitu, orang lain bisa ikut mengetahui pertanyaan apa saja yang masuk ke NGL-mu. Seru, ya?

Developer aplikasi NGL memberimu kesempatan mengintip sekilas identitas dan lokasi pengirim pesan anonim, lho. Namun, fitur ini hanya tersedia jika kamu berlangganan NGL Pro. Hati-hati jika ingin me-logout atau menghapus aplikasi, ya. Sebab, seluruh pesan yang kamu dapat dari anonim akan hilang. 

Informasi pentingnya, melansir laman resmi NGL, privasi pengguna tetap terjaga meski membagikan username Instagram. Artificial Intelligence (AI) yang menggerakkan aplikasi pun diklaim menggunakan algoritma khusus yang mampu menyaring bahasa dan mengidentifikasi komentar intimidasi, bahkan penggunaan emoji kontekstual. 

Cara membuat NGL link di atas wajib kamu coba jika ingin mengikuti tren anonymous yang lagi viral. Bagikan di sosial mediamu, dan selamat menebak-nebak siapa pengirim pesannya.

Baca Juga: 11 Cara Memperbaiki Notifikasi Instagram Delay, Tepat Waktu!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya