Comscore Tracker

VTuber, 5 YouTuber Super Kreatif yang Mengandalkan Kemajuan Teknologi

Berekspresi sebagai YouTuber di balik avatar motion capture

Muncul istilah baru bagi konten kreator YouTuber yang disebut VTuber, singkatan dari Virtual YouTuber yang mulai muncul sebagai konten kreator, bersaing dengan para YouTuber lainnya. Perbedaan yang dimiliki oleh VTuber adalah konten kreatornya adalah avatar animasi 2D atau 3D yang menyajikan konten-konten miliknya. Umumnya avatar-avatar tersebut disuarai oleh pemeran suara asli manusia atau suara sintesis.

Unggahan konten-konten milik VTuber bebas sesuai keinginan mereka, selama tidak menyalahi aturan komunitas YouTuber. Sama seperti para konten kreator YouTuber lainnya, unggahan VTuber bisa seperti konten lets play game, vlogging, cover Lagu, endorse aplikasi atau barang serta iklan.

Istilah VTuber atau Virtual YouTuber pertama kali dipopulerkan oleh salah satu VTuber dari Jepang, yakni Kizuna Ai.

1. Kizuna Ai, VTuber terkenal dari Jepang

https://www.youtube.com/embed/NasyGUeNMTs

Kizuna Ai adalah konten kreator yang memperkenalkan istilah VTuber, sebuah istilah yang menjadi sematan dalam dirinya. Kizuna Ai menjadi VTuber dengan jumlah subscriber sebanyak 2.3 juta pengguna YouTube. Selain konten-konten menarik yang Kizuna Ai berikan, konsep menjadi seorang karakter dalam avatar dua dimensi buatannya tersebut merebut perhatian banyak orang yang membuat mereka betah menonton konten miliknya, baik pengguna YouTube dari Jepang maupun mancanegara.

Seiring kepopuleran Kizuna Ai yang semakin bertambah, fans miliknya secara sukarela mulai membantu memberikan translasi ke dalam bahasa Inggris dan bahasa negara lainnya untuk membantu para penonton YouTube lainnya yang berasal dari luar Jepang. Usaha para fans Kizuna Ai tidak sia-sia karena semakin banyak orang yang tertarik menonton konten-konten yang disajikan oleh Kizuna Ai, utamanya dari mancanegara.

Saking populernya, Kizuna Ai sampai mendapat perhatian dari pemerintah Jepang. Selain mendapat tawaran iklan dan endorse dari banyak pihak serta mendapat kesempatan menjadi pengisi suara salah satu anime seperti Mahou Shoujo Site. Kizuna Ai juga dilantik menjadi duta pariwisata oleh pemerintah untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang.

Dengan berkembangnya popularitas Kizuna Ai, mulai bermunculan pula VTuber-VTuber yang terinspirasi karena eksistensi Kizuna Ai. Berikut beberapa VTuber dari indonesia yang sudah memulai debut YouTube miliknya.

2. Maya Putri

https://www.youtube.com/embed/TE5nBQzufZg

Maya Putri adalah VTuber paling populer di Indonesia dengan jumlah subcriber sebanyak 75 ribu semenjak debut YouTube-nya 19 Agustus 2018 lalu. Maya Putri adalah VTuber yang lahir dengan support Shinta VR, perusahaan yang bergerak di bidang Virtual Reality.

Maya Putri semakin terkenal semenjak dirinya hadir mengadakan mini konser di acara konvensi kebudayaan pop Jejepangan C3AFAID 2018. Dirinya pula sempat mengadakan live streaming di acara ulang tahunnya 11 November 2018 silam. Dimana 1300 penonton lebih menonton siaran langsung tersebut. Mayoritas penontonnya live streaming Maya Putri waktu itu berasal dari Indonesia sendiri meski beberapa dari luar negeri yang bersedia menyumbang donasi melalui Super Chat.

3. Cerita Tessa

https://www.youtube.com/embed/azcqhiK72X8

Tessa dalam Channel Cerita Tessa, juga adalah VTuber dari Indonesia yang paling pertama hadir sebelum Kizuna Ai. Tessa merupakan VTuber buatan salah satu anggota Geng7, Andri Jin yang juga merangkap sebagai produser VTuber Tessa.

Tessa memiliki setting karakter sebagai siswi kelas dua SMA yang ramah, ceria dan senang bercerita. Konten-konten milik Tessa umumnya tentang vlogging kegiatan si Tessa serta mempromosikan kreasi dari geng7 dimana video tersebut diunggah ke YouTube untuk menjadi kontennya.

Baca Juga: 5 YouTuber yang Beri Info Banyak Soal Hair Tutorial, Berguna Banget!

4. Clarra Charlone

https://www.youtube.com/embed/w8F1s7k_rAc

Clarra Charlone adalah Seorang VTuber gaul yang memiliki komunitas Discord miliknya yang ramai. Dirinya merupakan VTuber yang ikut dalam naungan Lingkar Karya Moesia bersama Risa Comic, dan Risa Media.

Selain mengunggah konten-konten miliknya di YouTube seperti konten main Game PUBG Mobile, Mother Simulator, dan Pamali. Clarra Charlone sendiri juga aktif nongkrong di server komunitas Discordnya, menyapa para anggota server sembari bercengkrama bareng saling bercerita dan berdiskusi.

5. Ipo

https://www.youtube.com/embed/sjEyzOZIRD0

Ipo adalah seorang VTuber yang berasal dari adaptasi karya sebuah parodi petugas blokir konten negatif alias Internet positif buatan lingkar karya Spring Roll Circle. Ipo memiiki perilaku yang sopan santun dengan suara medhoknya.

Konten Ipo beberapanya berisi kemampuannya bermain game seperti Mr. President! dan lain-lain. Ia juga menjelaskan konsep tentang apa dan bagaimana caranya menjadi VTuber. Selain tiga VTuber yang telah dipaparkan di atas, masih ada beberapa lagi benih-benih VTuber Indonesia yang juga hendak membuat konten mereka di YouTube, seperti Zizi, Kannaria, Cantika Aulia, Vian, Ina Sabrina dan banyak lainnya.

Seiring Waktu mereka akan ikut meramaikan Jagat YouTube dalam mengekspresikan diri mereka melalui konten-konten yang mereka sajikan.

Baca Juga: Mau Jadi Youtuber Gaming? Ini 7 Software Game Recording Terbaik Buatmu

Kikitondo Photo Writer Kikitondo

Self-proclaimed Writer, Japan pop Culture Enthusiast, Vtuber Observer. Butuh asupan berita tentang pop kultur Jepang dan industri budaya kreatif Indonesia, utamanya mengenai Vtuber? Mari ke Risa Media!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya