Comscore Tracker

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PC

Sebagian besar gunakan metode mirroring

Salah satu kecanggihan teknologi yang saat ini sangat membantu adalah kemampuan untuk berbagi layar dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Salah satu di antaranya adalah berbagi atau mengontrol jarak jauh HP Android dari perangkat seperti PC atau laptop.

Melalui ini, pengguna yang ingin bermain game mobile di layar lebih besar atau sekadar membalas pesan bisa melakukannya dengan mudah melalui layar perangkat yang sama. Namun untuk melakukannya, dibutuhkan bantuan aplikasi tertentu dan berikut beberapa yang direkomendasikan.

1. Pushbullet

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PClifewire.com

Pushbullet memang tidak secara penuh memungkinkan penggunanya untuk mengontrol HP Android lewat PC namun melaluinya, pengguna bisa mendapat notifikasi dari HP secara instan di PC. Selain itu, Pushbullet juga bisa dijadikan alat untuk mengirim dan menerima file atau pesan dengan enkripsi yang opsional.

Pengguna juga bisa mengendalikan lebih dari satu perangkat secara bersamaan melalui aplikasi ini. Pushbullet bisa digunakan secara gratis namun jika ingin bebas batasan, pengguna perlu berlangganan bulanan atau tahunan.

2. AirDroid

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PCairdroid.com

AirDroid jadi salah satu aplikasi untuk mengontrol HP Android dari PC paling direkomendasikan yang mengombinasikan banyak fitur dari beberapa aplikasi lain di daftar ini. Pengguna bisa mendapat notifikasi pesan hingga mirroring atau menampilkan layar HP Android untuk dikendalikan via mouse dan keyboard.

Proses mirroring mungkin agak sedikit lag namun tidak dalam artian mengganggu. Jika dibandingkan dengan Pushbullet, AirDroid juga punya biaya langganan per bulan yang lebih murah di samping versi gratis dengan sejumlah limitasi.

3. Vysor

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PCnextpit.com

Vysor jauh lebih sederhana dari AirDroid di mana aplikasi ini sejatinya adalah aplikasi mirroring layar HP Android ke PC. Ini cocok untuk developer yang ingin menguji aplikasi mereka sembari melakukan pengembangan di satu layar yang sama atau gamer yang ingin menjajal game mobile favorit di layar lebih besar.

Performa mirroring yang ditawarkan aplikasi ini terbilang sangat baik jika dibandingkan yang lain. Maka sama seperti kebanyakan aplikasi di daftar ini, Vysor juga punya versi gratis dan berbayar untuk fitur lebih lengkap seperti konektivitas via wireless dan mirroring layar penuh.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi, 7 Situs untuk Ganti Background Foto Online

4. MirrorGo

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PCtech24inc.com

MirrorGo jadi opsi terbaik untuk gamer yang ingin mirroring HP Android mereka ke PC lalu merekam sesi bermain game mereka untuk kemudian di-upload ke YouTube atau Twitch. Aplikasi ini telah mendukung sinkronisasi game data dan save game di samping hotkey untuk pengalaman gaming yang lebih baik.

Meski ditujukan untuk kebutuhan gaming, MirrorGo juga cocok untuk sekadar digunakan mengendalikan HP Android via PC karena ini telah mendukung layar penuh di resolusi HD dan dukungan keyboard serta mouse. Ini berbayar dengan free trial beberapa hari.

5. APowerMirror

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PCapkpure.com

Selanjutnya adalah APowerMirror yang juga sangat direkomendasikan karena ini memungkinkan pengguna untuk mirroring HP Android di PC dan mengontrolnya via keyboard dan mouse. Ini juga bisa mengambil screenshot layar HP lalu disimpan dan banyak lagi.

Tidak dibutuhkan yang namanya akses root atau jailbreak untuk menggunakannya dan ini bisa digunakan di semua HP Android. Bagian terpenting adalah APowerMirror tidak ribet ketika berbicara soal konfigurasi di awal penggunaan dan bisa dikoneksikan via USB maupun Wi-Fi.

6. Samsung Flow

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PCapkpure.com

Bagi mereka yang ingin mengendalikan HP Android dari PC – terutama jika buatan Samsung, maka Samsung Flow jadi yang paling disarankan. Ini memungkinkan pengguna untuk membawa layar produk Samsung (seperti HP) ke satu layar yang sama dan mendapatkan notifikasi langsung dari situ.

Flow juga bisa dengan mudah memungkinkan pengguna untuk menyalin teks dari HP Android dan menempelkannya di PC dalam hitungan detik. Ini hanya bisa digunakan di HP dari Samsung namun bisa dipakai di semua PC atau laptop asalkan telah menggunakan Windows 10.

7. TeamViewer QuickSupport

7 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol HP Android dari PCapkthing.com

Yang terakhir adalah TeamViewer yang sudah dikenal lama sebagai salah satu aplikasi mirroring terbaik di luar sana. Selain bisa digunakan untuk mengendalikan PC, ini juga bisa mengendalikan HP Android dan melakukan hal seperti kirim file atau pesan.

Yang diperlukan pengguna adalah menginstal aplikasi TeamViewer di PC dan aplikasi QuickSupport di HP Android. Proses koneksi antara dua perangkat sangatlah mudah dan cepat. Bagian terbaiknya adalah ini cocok sebagai alternatif gratis bagi sebagian besar yang berbayar di daftar ini.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi terbaik untuk kontrol HP Android melalui PC. Punya rekomendasi lain? Langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Water Tracker Terbaik untuk HP Android

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya