Comscore Tracker

Bocoran Apple Event 2021 Unleashed dan Cara Menontonnya

Mulai dari MacBook Pro hingga AirPods terbaru

Setelah acara khusus yang mengumumkan produk-produk unggulan terbaru pada September 2021 lalu, Apple akan kembali dengan acara baru bertajuk “Unleashed” untuk mengumumkan produk baru lainnya.

Jika pada acara sebelumnya Apple memperkenalkan iPhone, iPad dan Apple Watch baru, di acara terbarunya kali ini, perusahaan yang dikenal dengan produknya yang premium itu dikabarkan akan meluncurkan MacBook Pro, Mac Mini dan AirPods terbaru. Untuk lebih lengkapnya langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Kapan dan dimana bisa ditonton

https://www.youtube.com/embed/exM1uajp--A

Acara Apple terbaru akan dilaksanakan pada 18 Oktober waktu Amerika Serikat atau jika di Indonesia pada 19 Oktober, lebih tepatnya pukul 00.00 dini hari WIB. Senin (waktu Amerika Serikat) jadi hari yang tidak biasa karena umumnya Apple menyelenggarakan acara semacam ini di hari Selasa (waktu Amerika Serikat).

Apple kemungkinan memajukan acara “Unleashed” karena berbarengan dengan event Google Pixel yang akan diselenggarakan pada 19 Oktober waktu Amerika Serikat. Bagi yang tertarik, acara terbaru Apple bisa disaksikan langsung di situs resmi Apple, Apple TV atau akun resmi YouTube mereka.

2. MacBook Pro dengan chipset M1X

Bocoran Apple Event 2021 Unleashed dan Cara Menontonnyailustrasi MacBook Pro M1X (youtube.com/Justin Tse)

Berdasarkan rumor dari beragam sumber terpercaya, pada acara terbarunya Apple akan mengumumkan MacBook Pro 14 inci yang akan menggantikan MacBook Pro 13 dengan layar yang besar dan bezel lebih tipis. Layarnya dilaporkan bakal menggunakan teknologi mini-LED yang sama seperti yang ada di iPad Pro terbaru dan untuk pertama kalinya sejak tahun 2016, Apple akan membuang Touch Bar pada MacBook Pro.

Lebih lanjut, sasis atau body MacBook Pro terbaru juga dikabarkan akan mengusung desain flat-edge layaknya seri iPhone 13 dan akan ditenagai oleh chipset terbaru yaitu Apple M1X dengan performa GPU lebih baik. Selain versi 14 inci, MacBook Pro versi 16 inci juga disebut-sebut bakal diumumkan.

Baca Juga: Perbedaan Tiap HP di Seri iPhone 13, Ketahui Sebelum Beli

3. Mac Mini “Pro”

Bocoran Apple Event 2021 Unleashed dan Cara Menontonnyailustrasi Mac Mini Pro (applesfera.com)

MacBook Pro bukan hanya satu-satunya perangkat Mac yang bakal Apple umumkan dalam waktu dekat. Laporan dari Bloomberg menyebut bahwa Apple akan menghadirkan Mac Mini dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari MacBook Pro terbaru, seperti chipset M1X dengan 10 core CPU dan 16/32 core GPU dan RAM hingga 64GB.

Salah satu leaker Apple paling kredibel, Jon Prosser, juga mengatakan bahwa Mac Mini “Pro” akan hadir dengan desain baru yang mengkombinasikan kaca akrilik dan aluminium di bagian atas. Tidak hanya itu, Prosser juga mengklaim jika Mac Mini teranyar akan dilengkapi dengan lebih banyak port dibanding pendahulunya seperti empat port Thunderbolt 3, dua port USB-A, satu port Ethernet dan satu port HDMI.

4. AirPods 3

Bocoran Apple Event 2021 Unleashed dan Cara Menontonnyailustrasi AirPods 3 (9to5mac.com)

AirPods 3 jadi produk yang diharapkan untuk diumumkan bulan kemarin bersama iPhone, iPad dan Apple Watch, tapi nampaknya TWS premium itu bakal diluncurkan pada acara Unleashed nanti malam. AirPods 3 dilaporkan akan punya desain yang mirip dengan AirPods Pro, namun dengan bagian “ekor” yang lebih pendek dan tanpa fitur unggulan yang ada pada AirPods Pro seperti Active Noise Cancellation.

Salah satu analis Apple – Ming-Chi Kuo menyebut bahwa Apple akan menjual AirPods 2 disamping AirPods 3 terbaru, sehingga pengguna bisa punya dua opsi berbeda untuk dipilih. Untuk harga, dapat dipastikan tidak jauh berbeda dari AirPods 2, dan lebih murah dari AirPods Pro.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai kapan dan produk baru apa saja yang diperkirakan akan diumumkan di acara Apple terbaru. Selain tiga produk unggulan diatas, Apple juga nampaknya akan mengumumkan tanggal rilis macOS Monterey bersamaan dengan perilisan MacBook Pro dan Mac Mini terbaru.

Baca Juga: Apple Watch Series 6 vs Series 7, Apa Saja yang Bedanya?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya