Comscore Tracker

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PC

Cocok untuk para youtuber gaming

Merekam game di PC menjadi sebuah kebutuhan akhir-akhir dan ada alasan yang bagus untuk itu. Dalam beberapa tahun terakhir, live streamer atau konten kreator dengan fokus game menjadi salah satu hobi atau bahkan pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang. Merekam game ketika memainkannya juga bukan sesuatu yang sulit dilakukan.

Ada cukup banyak software untuk merekam layar ketika bermain game di PC. Beberapa juga dilengkapi dengan fitur unggulan seperti merekam dalam resolusi tinggi dan fps stabil. Berikut rekomendasi 7 software terbaik untuk rekam layar ketika bermain game di PC.

1. OBS Studio

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PCtechradar.com

Open Broadcaster Software Studio atau yang biasa disingkat OBS Studio merupakan software yang umumkan digunakan oleh para streamer di YouTube maupun Twitch untuk merekam sesi gaming mereka. Ini bersifat open-source yang mana bisa diunduh secara gratis dan bakal selamanya gratis.

OBS dipilih oleh banyak gamers karena menawarkan banyak tools canggih di samping opsi kustomisasi yang lengkap. OBS menggunakan CPU untuk render aktivitas merekam layar sebagai default, namun kamu bisa mengubahnya ke GPU. OBS juga jadi satu dari beberapa software merekam layar yang telah mendukung resolusi 4K di 60fps.

2. NVIDIA GeForce Experience

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PCpcworld.com

Jika PC kamu menggunakan GPU dari NVIDIA, maka GeForce Experience jadi software rekam layar wajib kamu gunakan. Ini menggunakan GPU untuk encoding sesi perekaman dan menawarkan beberapa pilihan resolusi dan fps. Kamu bisa mengakses GeForce Experience secara langsung hanya dengan menekan Alt + Z.

Di samping fitur merekam layar pada umumnya, GeForce Experience punya fitur keren bernama Instant Replay. Sederhananya, Instant Replay dapat membantu gamer tidak ingin merekam semua sesi bermain game, melainkan hanya merekam momen-momen terbaik saja.

3. Xbox Game Bar

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PCslashgear.com

Tanpa software tambahan apapun, Windows 10 yang merupakan sistem operasi untuk sebagian besar PC saat ini, sejatinya memiliki fitur perekam layar sendiri. Fitur tersebut bisa ditemukan di Xbox Game Bar yang dapat diakses dengan cara menekan Windows + G.

Cara kerjanya sama seperti GeForce Experience dari NVIDIA dan bahkan memiliki fitur yang mirip-mirip dengan Instant Replay. Secara default, fps maksimal ketika merekam lewat Xbox Game Bar adalah 30fps, namun bisa diubah secara manual ke 60fps. Sayangnya, resolusi maksimal yang didukung Xbox Game Bar hanyalah 1080p.

Baca Juga: Baru Beli Laptop atau Komputer? Install 11 Software Penting Ini

4. AMD Radeon Software

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PCengadget.com

Jika pengguna GPU NVIDIA bisa memanfaatkan fitur perekam layar di GeForce Experience, maka pengguna GPU AMD bisa menggunakan fitur serupa via software bernama Radeon Software. Software ini memiliki semua fitur atau kemampuan yang bisa dilakukan GeForce Experience, termasuk beberapa seperti Instant Replay.

Bukan tanpa fitur menarik yang tidak ada di software lain, Radeon Software juga punya fitur yang dapat membantu kamu. Fitur itu adalah fitur upscaling yang memungkinkan kamu untuk meningkatkan resolusi dari klip yang telah direkam untuk kualitas visual rekaman gameplay yang lebih baik.

5. Gamecaster

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PCmicrosoft.com

Gamecaster merupakan aplikasi dengan fokus pada streaming yang sama seperti OBS Studio, namun dengan UI yang lebih sederhana. Ketika digunakan pertama kali, Gamecaster akan menawarkan opsi streaming atau perekaman. Keduanya sudah dikonfigurasi dengan kualitas video gameplay telah diatur secara otomatis dan GPU diatur sebagai encoder default.

Meskipun begitu, kamu juga bisa mengaturnya secara manual mulai dari resolusi (maksimal 4K) hingga memilih opsi encoder ke CPU. Ini bisa diunduh secara gratis dan cocok untuk mereka yang baru ingin memulai aktivitas live streaming.

6. Streamlabs OBS

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PCfilehorse.com

Sama seperti Gamecaster, Streamlabs OBS ditujukan untuk mereka yang merasa jika user-interface OBS Studio terlalu kompleks dan butuh alternatif yang lebih sederhana. Streamlabs OBS sendiri merupakan software perekaman layar yang mudah untuk digunakan dan diisi oleh banyak fitur menarik yang dapat membantu kamu merekam dan streaming sesi bermain game. Setelah kamu selesai login dengan akun Streamlabs kamu, kamu bisa langsung mengimpor semua tools yang disediakan oleh Streamlabs di situs mereka tanpa harus copy paste URL.

7. Bandicam

7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PClaunchberg.com

Bandicam merupakan salah satu software yang paling dikenal ketika berbicara soal software perekaman layar. Software ini memiliki kemampuan untuk merekam di fps dan bitrate tinggi, sehingga cocok untuk merekam sesi gaming juga. Kamu bisa merekam video bermain game kamu di fps yang kamu inginkan dan resolusi maksimal di 4K.

Yang menarik, meski yang direkam beresolusi tinggi, hasilnya akhirnya akan punya ukuran rendah karena ini dilengkapi dengan fitur kompresi bawaan. Plus, kamu juga bisa mengatur bagian layar mana yang ingin kamu rekam di software ini.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi software terbaik untuk rekam layar ketika bermain game di PC. Selain untuk merekam aktivitas bermain game, kamu juga bisa menggunakan aplikasi di atas untuk merekam yang lain seperti video tutorial atau presentasi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Software Hotspot Terbaik untuk Laptop dan PC

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya