Comscore Tracker

Huawei Akan Rilis Mesin Pencarian Baru Pengganti Google Search

Baru akan tersedia di perangkat Huawei dan Honor saja

Kebijakan “banned” yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat terhadap perusahaan asal Tiongkok, sangat berdampak terhadap nasib Huawei di industri smartphone dan perangkat pintar lainnya secara keseluruhan. Kini, setelah resmi tidak lagi didukung oleh layanan dari Google, Huawei harus berdiri secara independen.

Salah satu yang dilakukan oleh Huawei untuk ini adalah meluncurkan mesin pencarian baru pengganti Google Search bernama Huawei Search. Lantas seperti apa Huawei Search? apakah lebih aman dan lengkap dari Google Search?

1. Kompensasi dari ketidakhadiran layanan dari Google

Huawei Akan Rilis Mesin Pencarian Baru Pengganti Google Searchforbes.com

Huawei Search merupakan bentuk kompensasi dari Huawei pasca ketidakhadiran banyak layanan dan aplikasi Google – yang mana dalam kasus ini adalah Google Search. Meski masih baru, Huawei Search nyatanya sudah cukup layak untuk dijadikan alternatif bagi Google Search.

Dilansir dari Gizchina, pada Huawei Search, pengguna bisa melakukan pencarian cepat, mendapat informasi seputar cuaca dan hasil olahraga, serta menggunakan kalkulator untuk konversi unit. Hasil yang diperoleh juga dapat di-filter berdasarkan kategori seperti video, berita dan gambar, untuk hasil pencarian yang lebih luas.

Baca Juga: 5 Smartphone Terkini Huawei dengan RAM 6GB, Layak Beli!

2. Bisa digunakan di semua browser

Huawei Akan Rilis Mesin Pencarian Baru Pengganti Google Searchxda-developers.com

Apa yang menarik dari Huawei Search adalah fakta bahwa mesin pencarian ini tidak hanya dapat digunakan via aplikasi resmi atau di perangkat Huawei saja, namun juga di hampir semua browser. Ini bertolak belakang dengan apa yang tertulis di “User Agreement for Huawei Search”.

Dilansir dari XDA Developers, Huawei Search diketahui dioperasikan oleh Aspigel Limited – anak perusahaan Huawei yang berbasis di Irlandia. Nah, dalam user agreement yang mereka buat, tertulis bahwa setiap pengguna harus memiliki Huawei ID untuk menggunakan layanan milik Huawei – yang mana ini tidak 100 persen benar (setidaknya hingga saat ini).

3. Belum bisa diunduh namun akan segera tersedia

Huawei Akan Rilis Mesin Pencarian Baru Pengganti Google Searchmobilesyrup.com

Untuk saat ini, Huawei Search baru akan tersedia di toko aplikasi resmi milik Huawei yaitu AppGallery. Itupun belum sepenuhnya dirilis karena saat ini masih dalam tahap pengujian.

Namun, Huawei berjanji bahwa HP mereka dan sub-brand mereka yaitu Honor, ke depannya akan langsung terpasang Huawei Search sebagai aplikasi pre-installed. Di samping Huawei Search, Huawei juga direncanakan akan merilis lebih banyak aplikasi atau layanan alternatif Google seperti Squid (alternatif Google News), Huawei Assistant (alternatif Google Assistant) dan Mobile Cloud (Alternatif Google Drive).

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Huawei Search yang akan segera gantikan Google Search. Selain mengembangkan beragam layanan dan aplikasinya sendiri, kini Huawei juga tengah berusaha agar perangkat mereka bisa kembali mendapatkan dukungan layanan dari Google.

Baca Juga: Gak Perlu Lama, 5 Smartphone Huawei dengan Fitur Fast Battery Charging

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya